Keluarga

6 Manfaat Serum Niacinamide untuk Semua Jenis Kulit, Bikin Kulit Auto Cerah!

6 Manfaat Serum Niacinamide untuk Semua Jenis Kulit, Bikin Kulit Auto Cerah!

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 6 manfaat serum niacinamide untuk semua jenis kulit di sini.

Niacinamide merupakan bentuk vitamin B3 yang dikenal karena khasiatnya yang menenangkan dan kadar antioksidannya yang tinggi. Niacinamide merupakan turunan niacin, vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi.

Saat ini, niacinamide banyak ditemukan dalam produk perawatan kulit, salah satunya serum. Dibandingkan dengan kandungan skincare lainnya, serum niacinamide cenderung bisa dan aman digunakan oleh semua jenis kulit.

Melansir laman L’Oreal Paris, ada setidaknya 6 manfaat serum niacinamide untuk semua jenis kulit. Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Catat! Ini 10 Cara Menahan Lapar saat Diet yang Paling Ampuh

1. Mengurangi bintik-bintik hitam

Manfaat serum niacinamide untuk semua jenis kulit yang pertama yaitu mengurangi bintik-bintik hitam.

Jika digunakan dengan benar dan konsisten, serum niacinamide dapat membantu mengatasi bintik-bintik hitam. Dalam sebuah penelitian oleh Journal of Cosmetic Dermatology, niacinamide telah digunakan sebagai agen pencerah untuk membantu mengurangi munculnya perubahan warna kulit seperti bintik hitam dan bekas jerawat.

Menurut penelitian, setelah delapan minggu penggunaan berkelanjutan, niacinamide topikal efektif dalam memudarkan bintik hitam pada kulit. Untuk masalah kulit yang ditargetkan seperti bintik hitam, sangat direkomendasikan untuk menggunakan formula yang lebih terkonsentrasi seperti serum niacinamide berkualitas tinggi.

2. Menenangkan kemerahan dan iritasi

Manfaat serum niacinamide untuk semua jenis kulit yang kedua yaitu menenangkan kemerahan dan iritasi.

Jika Anda memiliki kulit sensitif yang rentan terhadap kondisi seperti rosacea dan eksim, maka Anda akan mendapatkan manfaat dari penggunaan serum niacinamide. Serum niacinamide dapat membantu menenangkan kulit yang teriritasi sekaligus mengurangi kemerahan pada wajah.

Bahkan, serum niacinamide dapat membantu mengatasi iritasi ringan yang terkait dengan penggunaan bahan perawatan kulit yang agresif seperti retinol. Meskipun retinol memiliki beberapa manfaat untuk kulit, namun bentuk vitamin A ini juga dikenal dapat menyebabkan sensitivitas, kemerahan, serta pengelupasan saat bekerja dengan baik.

3. Mengecilkan pori-pori besar

Manfaat serum niacinamide untuk semua jenis kulit yang ketiga yaitu mengecilkan pori-pori besar.

Orang-orang dengan masalah tekstur termasuk pori-pori besar dapat mencoba serum niacinamide. Menurut Journal of Cosmetic Dermatology, niacinamide terbukti dapat memperkecil ukuran pori-pori dan memperbaiki tekstur kulit yang kasar.

Penggunaan serum niacinamide secara konsisten dapat membuat kulit tampak lebih halus hanya dalam waktu delapan minggu.

Baca Juga: Ternyata Ini 10 Manfaat Telur Asin bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

4. Mencerahkan kulit

Manfaat serum niacinamide untuk semua jenis kulit yang keempat yaitu mencerahkan kulit.

Serum niacinamide dapat membuat kulit tampak lebih cerah dan berseri jika digunakan terus-menerus. Saat kulit Anda sehat, kulit pun cenderung tampak bercahaya dari dalam.

Kemampuan niacinamide untuk mendukung lapisan kulit, membantu mengatur produksi sebum, mengencangkan, serta menghidrasi kulit dapat menghasilkan kulit yang glowing dan bebas dari kekusaman.

5. Mengontrol produksi sebum

Manfaat serum niacinamide untuk semua jenis kulit yang kelima yaitu mengontrol produksi sebum.

Pemilik kulit berminyak pasti tahu betul bagaimana sulitnya menghadapi wajah berminyak yang kerap menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat. Untuk membantu mengatasinya, serum niacinamide patut Anda coba.

Niacinamide dapat menjadi cara yang potensial bagi siapa pun dengan kulit berminyak dan rentan berjerawat yang membutuhkan bantuan untuk meminimalkan minyak berlebih.

6. Meningkatkan hidrasi kulit

Manfaat serum niacinamide untuk semua jenis kulit yang keenam yaitu meningkatkan hidrasi kulit.

Dengan penggunaan sehari-hari, serum niacinamide dapat membantu menjaga kulit tampak montok dan terhidrasi dengan baik.

Niacinamide telah terbukti mampu membantu membatasi kehilangan air di kulit yang dapat menyebabkan dehidrasi, kata National Center for Biotechnology Information (NCBI). Hidrasi tambahan ini, pada gilirannya dapat membantu melembutkan garis-garis halus dan mengurangi munculnya kerutan.

Itulah 6 manfaat serum niacinamide untuk semua jenis kulit. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mencoba serum niacinamide?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News