Keluarga

6 Manfaat Pilates untuk Kesehatan Tubuh, Perkuat Otot hingga Kurangi Stres!

6 Manfaat Pilates untuk Kesehatan Tubuh, Perkuat Otot hingga Kurangi Stres!

MOMSMONEY.ID - Ada setidaknya 6 manfaat pilates untuk kesehatan tubuh. Simak sampai akhir, ya.

Pilates, dikutip dari Siloam Hospitals, adalah jenis olahraga atau latihan fisik yang berfokus untuk menciptakan kekuatan fisik melalui keseimbangan otot-otot tubuh dan pola neuromuskular.

Kebanyakan, gerakan pilates melibatkan otot-otot perut, panggul, pinggang, dan paha.

Kendati tergolong olahraga low-impact atau beban rendah, namun melakukan pilates secara rutin menyimpan banyak manfaat terutama untuk kesehatan tubuh.

Melansir GoodRx Health dan EatingWell, berikut 6 manfaat pilates untuk kesehatan tubuh yang tidak boleh Anda lewatkan:

Baca Juga: 5 Tanaman Hias Pembawa Keberuntungan dan Rezeki di Tahun 2024, Yuk Catat!

1. Memperkuat otot

Manfaat pilates untuk kesehatan tubuh yang pertama yaitu memperkuat otot terutama otot inti.

Dalam pilates, ada gerakan terkontrol dan berulang yang melibatkan otot inti seperti otot perut, fleksor pinggul, dan bokong.

Saat otot-otot inti ini menjadi lebih kuat, itu dapat membantu meningkatkan postur, keseimbangan, dan mobilitas.

Meskipun berfokus pada otot inti, faktanya pilates merupakan metode kebugaran seluruh tubuh. Sebuah penelitian pada wanita lanjut usia yang aktif melaporkan bahwa dua gaya pilates yakni mat dan reformer mampu meningkatkan kekuatan, daya tahan, dan fleksibilitas tubuh bagian atas maupun bawah.

2. Mengurangi nyeri kronis

Manfaat pilates untuk kesehatan tubuh yang kedua yaitu mengurangi nyeri kronis.

Selain pengobatan dan terapi, ternyata pilates bisa menjadi alternatif yang baik untuk membantu mengatasi nyeri kronis lho.

Menurut sebuah ulasan, pilates dapat mengurangi nyeri punggung bawah kronis. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan latihan pilates mana yang paling bermanfaat.

3. Memperbaiki postur tubuh

Manfaat pilates untuk kesehatan tubuh yang ketiga yaitu memperbaiki postur tubuh.

Postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan nyeri punggung, nyeri leher, sakit kepala, dan gangguan pernapasan. Nah, untuk membantu memperbaiki postur tubuh, pilates bisa menjadi latihan yang tepat.

Pilates dilakukan dengan meningkatkan kesadaran tubuh serta melibatkan otot-otot postural utama di punggung bawah, pinggul, dan perut. Pada gilirannya, postur tubuh pun cenderung membaik.

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa latihan pilates mampu membantu menjaga kepala dan panggul tetap sejajar.

Baca Juga: Anak Sedang Bad Mood? Ini 5 Makanan yang Ampuh Meningkatkan Suasana Hati Anak

4. Mendukung mobilitas

Manfaat pilates untuk kesehatan tubuh yang keempat yaitu mendukung mobilitas.

Berlatih pilates dapat menghasilkan mobilitas yang lebih baik, memudahkan kita untuk melakukan tugas sehari-hari, serta menjaga tubuh tetap bugar dan mandiri seiring bertambahnya usia. Adapun hal ini mungkin akan sangat bermanfaat bagi orang dewasa yang lebih tua.

Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita di atas 60 tahun memiliki kelincahan dan mobilitas fungsional yang lebih baik setelah 8 minggu melakukan mat pilates.

Sementara yang lain menyimpulkan bahwa pilates dapat mengurangi kemungkinan jatuh dengan meningkatkan mobilitas, postur, dan keseimbangan.

5. Meningkatkan keseimbangan

Manfaat pilates untuk kesehatan tubuh yang kelima yaitu meningkatkan keseimbangan.

Mempertahankan keseimbangan yang baik dapat mengurangi risiko terjatuh. Kemungkinan besar, hal ini juga berhubungan dengan umur yang lebih panjang.

Satu dari lima peristiwa jatuh yang dialami orang lanjut usia menyebabkan cedera serius. Jadi, penting untuk meningkatkan keseimbangan dan stabilitas guna membantu tubuh tetap sehat dan bebas cedera seiring bertambahnya usia.

Untungnya, pilates bisa membantu mewujudkannya. Penelitian menunjukkan bahwa pilates mampu meningkatkan keseimbangan dan mencegah jatuh khususnya pada orang lanjut usia.

6. Mengurangi stres

Manfaat pilates untuk kesehatan tubuh yang keenam yaitu mengurangi stres.

Olahraga memang telah terbukti meningkatkan endorfin yang bertindak sebagai pereda stres alami. Manfaat ini pun bisa Anda peroleh dengan melakukan pilates.

Pilates memanfaatkan pengontrolan napas yang tidak hanya mengurangi stres pada masa kini, tetapi juga menyeimbangkan sistem saraf otonom tubuh serta meringankan gejala jangka panjang dari gangguan terkait stres seperti kecemasan dan depresi.

Selama pilates berlangsung, akan terjadi peningkatan pertukaran pernapasan. Adapun kondisi ini dapat membantu mengoksigenasi jaringan tubuh sekaligus meningkatkan energi, suasana hati, dan kognisi.

Demikian 6 manfaat pilates untuk kesehatan tubuh. Anda bisa mencoba berlatih pilates 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Apabila Anda memiliki cedera mendasar, sebaiknya bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan terlebih dahulu sebelum memulai pilates.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News