Keluarga

6 Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi Anak Karena Bantu Tumbuh Kembang Otak-Tulang

6 Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi Anak Karena Bantu Tumbuh Kembang Otak-Tulang

MOMSMONEY.ID - Anak-anak membutuhkan makanan sehat untuk tumbuh kembang tulang, otak, dan seluruh tubuhnya.  

Setiap manusia membutuhkan vitamin, mineral, karbohidrat, protein, dan lemak yang disebut dengan Nutrisi. Anak-anak membutuhkan jumlah nutrisi spesifik yang berbeda pada usia yang berbeda.

Pola makan yang terbaik untuk tumbuh kembang anak mempertimbangkan beberapa aspek seperti usia anak, tingkat aktivitas, dan karakteristik lainnya.

Makanan yang kaya nutrisi – tanpa atau dibatasi gula, lemak jenuh, atau garam yang ditambahkan ke dalamnya – dianggap padat nutrisi.

Berfokus pada makanan padat nutrisi membantu anak-anak mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan sekaligus membatasi kalori secara keseluruhan.

Baca Juga: Rawan Dialami Si Kecil, Begini Cara Mencegah Infeksi Cacing Kremi, Moms!

Ikan

Sajian Ikan Sarden

Ikan adalah salah satu makanan sehat yang bantu pertumbuhan anak karena dapat membangun otot dan tulang yang sehat, dikutip dari Health Xchange Singapore.

Sebetulnya, semua jenis ikan baik itu ikan air tawar maupun ikan air laut sama baiknya dan bergizi. Namun terutama ikan laut seperti tuna, salmon, dan sarden, ketiganya mengandung asal lemak omega-3 dalam jumlah tinggi yang baik untuk perkembangan saraf, otak, dan mata anak.

Buah beri

Buah beri seperti blueberi, stroberi, hingga raspberi merupakan sumber vitamin dan antioksidan jenis antosianin yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak.

Buah-buahan ini mengandung gula yang rendah, sehingga agar anak tetap mau mengonsumsinya, Moms bisa mencampurkan buah tersebut dengan taburan gula, atau dicampurkan ke dalam yogurt.

Baca Juga: 5 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Kekerasan, Lebih Efektif dari Memukul

Susu & olahannya

Susu beserta produk olahannya seperti keju hingga yogurt mengandung sumber protein dan kalsium yang tinggi, terutama penting untuk tumbuh kembang seorang anak.

Apabila Moms berpikiran untuk memberikan alternatif produk susu, seperti susu nabati misalnya, disarankan untuk selalu berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter supaya gizi yang seharusnya didapatkan anak tak hilang begitu saja.

Baca Juga: 7 Tips Bikin Anak Mau Makan Sayuran Tanpa Bikin Moms Pusing Kepala

Daging

Tumis Daging Sapi Bawang Bombay

Mengutip dari Raising Children, daging (daging sapi, domba, kambing, ayam, ikan, dst) & alternatif pengganti daging (telur, kacang-kacangan, buncis, lentil, tahu, dst) mengandung protein tinggi, zat besi, hingga asam lemak omega 3

Zat besi & omega-3 misalnya, mengandung gizi yang dapat membantu perkembangan otak anak dan membuatnya jadi lebih cerdas.

Makanan kaya protein dari sumber hewani juga mengandung zinc & vitamin B12 yang sangat berguna untuk pertumbuhan anak.

Sayuran berdaun

Sayuran berdaun merupakan salah satu jenis makanan penambah tinggi badan anak. Sayuran berdaun adalah sumber kalsium serta vitamin K yang ramah untuk penderita intoleransi laktosa.

Beberapa sayuran berdaun tersebut di antaranya kangkung, bayam, bok coy, lobak, sawi, hingga selada air.

Baca Juga: Buah Beku dan Buah Segar, Mana yang Lebih Sehat?

Whole grain

beras merah

Mengutip Times of India, biji-bijian utuh seperti beras merah, oat, hingga quinoa merupakan jenis karbohidrat kompleks yang memiliki serat baik.

Makanan-makanan tersebut membantu mengatur gula darah sambil tetap memaksimalkan rasa kenyang sehingga tak perlu makan terlalu banyak untuk tetap berenergi seharian.

Whole grain juga mengandung vitamin B yang berperan mengatur metabolisme energi dan kesehatan fungsi sistem saraf.

Itu dia aneka makanan sehat untuk pertumbuhan anak yang bisa Moms berikan kepada si buah hati secara maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News