Keluarga

6 Makanan Penurun Kolesterol Setelah Makan Daging Kurban

6 Makanan Penurun Kolesterol Setelah Makan Daging Kurban

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 6 makanan penurun kolesterol setelah makan daging kurban.

Idul Adha identik dengan makanan tinggi kolesterol seperti olahan daging sapi maupun kambing. Tak jarang, orang-orang kalap saat momen ini datang. Akibatnya, kadar kolesterol tubuh menanjak dengan cepat.

Jika dibiarkan, kadar kolesterol yang tinggi akan memicu berbagai kondisi kesehatan yang mengancam jiwa seperti stroke, diabetes, hingga penyakit jantung.

Selain mengontrol porsi daging yang dikonsumsi, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat yang memiliki manfaat menurunkan kolesterol. Ini bertujuan untuk menjaga kadar kolesterol tetap seimbang.

Melansir laman Politeknik Kaltara, ada 6 makanan penurun kolesterol setelah makan daging kurban yang patut Anda konsumsi. Berikut daftarnya.

Baca Juga: Jadi Pilihan Hewan Kurban, Ini 4 Manfaat Daging Domba untuk Kesehatan Tubuh

1. Kacang polong

Makanan penurun kolesterol setelah makan daging kurban yang pertama adalah kacang polong.

Selain rendah lemak, kacang polong juga kaya akan serat larut yang membantu menurunkan kadar kolesterol.

Asupan kacang polong juga bisa membuat perut kenyang lebih lama. Hal ini dapat membantu mencegah keinginan ngemil makanan tinggi lemak yang bisa memperparah kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Alpukat

Makanan penurun kolesterol setelah makan daging kurban yang kedua adalah alpukat.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi satu buah alpukat sehari dengan makanan yang baik untuk jantung lainnya dapat menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dalam darah.

Alpukat sendiri kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan memberikan tambahan vitamin E untuk tubuh.

3. Kedelai

Makanan penurun kolesterol setelah makan daging kurban yang ketiga adalah kedelai.

Olahan kedelai seperti tahu, tempe, dan susu kedelai memainkan peran pendukung dalam menurunkan kadar kolesterol. Mengonsumsi makanan berbahan dasar kedelai sebagai pengganti daging dan susu berlemak juga membantu mengurangi jumlah lemak jenuh dalam makanan

Kedelai juga merupakan sumber serat yang baik, beberapa protein, dan nutrisi lain yang baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Awas Ini 4 Risiko Makan Daging Kambing Berlebihan, Cek di Sini

4. Gandum

Makanan penurun kolesterol setelah makan daging kurban yang keempat adalah gandum.

Gandum kaya akan serat larut yang terbukti mampu membantu menurunkan kolesterol. Serat larut akan menempel pada molekul kolesterol dan membuangnya dari tubuh.

Produk gandum yakni oatmeal dan sereal berbahan gandum merupakan sumber serat larut yang baik. Targetkan 5 hingga 10 gram serat larut setiap hari dari berbagai sumber.

5. Minyak nabati

Makanan penurun kolesterol setelah makan daging kurban yang kelima adalah minyak nabati.

Selain alpukat, minyak nabati juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Minyak nabati seperti minyak zaitun, canola, wijen, kacang tanah, safflower, dan bunga matahari juga merupakan sumber asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA) yang baik.

Minyak nabati dapat membantu menurunkan kolesterol saat menggantikan lemak yang tidak sehat, seperti lemak daging merah dan mentega.

6. Kacang-kacangan

Makanan penurun kolesterol setelah makan daging kurban yang keenam adalah kacang-kacangan.

Sebagian besar kacang memiliki kombinasi antara asam lemak tak jenuh ganda dan tunggal untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Oleh sebab itu, kacang tanah, kenari, almond, dan jenis kacang lainnya bisa menjadi makanan penurun kolesterol yang tepat.

Namun, perhatikan porsinya karena kacang juga mengandung banyak kalori. Batasi asupan kacang setidaknya segenggam atau sekitar 1-1,5 ons per hari. Pilih kacang utuh tanpa tambahan gula atau garam untuk mendapatkan manfaat penurunan kolesterol.

Demikian 6 makanan penurun kolesterol setelah makan daging kurban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News