Keluarga

6 Jenis Vitamin C dalam Produk Skincare, Mana yang Aman untuk Kulit Sensitif?

6 Jenis Vitamin C dalam Produk Skincare, Mana yang Aman untuk Kulit Sensitif?

MOMSMONEY.ID - Ada 6 jenis vitamin C dalam produk skincare. Cari tahu selengkapnya di sini.

Vitamin C merupakan salah satu bahan perawatan kulit yang paling populer. Ada penelitian ilmiah selama puluhan tahun di balik manfaat penggunaan vitamin C dalam perawatan kulit.

Pada intinya, vitamin C adalah antioksidan kuat yang mampu melindungi kulit dari efek berbahaya radikal bebas. Vitamin C juga berperan penting dalam mencerahkan dan meratakan warna kulit. Plus, ini dapat merangsang produksi kolagen yang penting untuk kekencangan dan elastisitas kulit.

Dalam dunia skincare, ada berbagai jenis vitamin C dan semuanya memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Agar tak salah pilih, berikut MomsMoney uraikan 6 jenis vitamin C dalam produk skincare yang dilansir dari Joanna Czech.

Baca Juga: Efektif! Ini 5 Cara Menurunkan Berat Badan 5 Kg dalam 1 Minggu

1. L-Ascorbic Acid

Jenis vitamin C dalam produk skincare yang pertama adalah L-Ascorbic Acid.

L-Ascorbic Acid merupakan bentuk vitamin C yang paling terkenal dan banyak dipelajari dalam hal perawatan kulit. Biasanya, produk yang mengandung L-Ascorbic Acid memiliki pH lebih rendah yakni sekitar 3,5 untuk mengoptimalkan penyerapan dan manfaat anti-aging. Namun, pemilik kulit sensitif patut waspada karena produk di bawah tingkat pH alami kulit (5-7) dapat menyebabkan iritasi.

Konsentrasi L-Ascorbic Acid pun bervariasi berdasarkan formula. Dan, 10-20% merupakan titik terbaik untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Kendati mudah didapat dan terjangkau, namun jenis vitamin C ini dapat menyebabkan sensitivitas terhadap sinar matahari dan cepat teroksidasi jika terkena cahaya maupun udara. Untuk membantu menjaga formulasinya tetap stabil, pastikan Anda memilih skincare L-Ascorbic Acid yang dikemas dengan botol kaca gelap dan dilengkapi pompa yang membatasi udara.

2. Sodium Ascorbyl Phosphate (SAP)

Jenis vitamin C dalam produk skincare yang kedua adalah Sodium Ascorbyl Phosphate.

Sodium Ascorbyl Phosphate adalah versi ascorbic acid yang kurang ampuh, namun tetap memberikan banyak manfaat untuk memperbaiki kulit. Jenis vitamin C ini akan berubah menjadi ascorbic acid setelah dioleskan pada kulit, sehingga membuatnya tidak terlalu intens. Sisi positifnya, intensitas yang kurang ini cenderung aman untuk kulit sensitif karena tidak terlalu menyebabkan iritasi

Sodium Ascorbyl Phosphate mampu mengurangi produksi sebum yang merupakan penyebab umum jerawat. Meskipun demikian, salah satu kelemahan Sodium Ascorbyl Phosphate yakni penyerapannya tidak terlalu baik dan cenderung menempel di atas kulit.

Sodium Ascorbyl Phosphate lebih stabil dibandingkan L-Ascorbic Acid. Jadi, Anda tidak perlu terlalu khawatir jika produk terkena cahaya dan udara selama penyimpanan.

3. Magnesium Ascorbyl Phosphate (MAP)

Jenis vitamin C dalam produk skincare yang ketiga adalah Magnesium Ascorbyl Phosphate.

Seperti Sodium Ascorbyl Phosphate, Magnesium Ascorbyl Phosphate adalah jenis vitamin C yang lembut dan stabil yang diubah menjadi ascorbic acid setelah bersentuhan dengan kulit.

Anda akan sering menemukan Magnesium Ascorbyl Phosphate dipadukan dengan bahan-bahan skincare lain guna meningkatkan kemanjurannya seperti vitamin E, ferulic acid, vitamin B, dan hyaluronic acid. 

Jika jerawat adalah masalah yang ingin Anda atasi, efek anti-inflamasi dalam Magnesium Ascorbyl Phosphate mampu membantu mencegah oksidasi yang menyebabkan komedo. Sementara itu, sifat antioksidannya dapat mengatasi jaringan parut akibat jerawat.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Sunscreen untuk Remaja dengan Tepat, Jangan Salah Pilih!

4. Ascorbyl Glucoside

Jenis vitamin C dalam produk skincare yang keempat adalah Ascorbyl Glucoside.

Ascorbyl Glucoside merupakan bentuk vitamin C yang larut dalam air, stabil, dan mudah menyerap. Hal ini menjadikan sifat pencerah Ascorbyl Glucoside mampu menembus kulit dengan sangat baik.

Sekali lagi, jenis vitamin C ini kurang kuat dibandingkan L-Ascorbic Acid. Tetapi, Ascorbyl Glucoside lebih lembut dan cocok untuk semua jenis kulit. 

Karena bersifat larut dalam air, maka formula Ascorbyl Glucoside paling efektif saat digunakan dalam bentuk serum. Jenis vitamin C ini sangat ideal bagi mereka yang ingin mencerahkan kulit kusam dan mencerahkan kulit dengan iritasi ringan.

5. Tetrahexyldecyl Ascorbate (THDA)

Jenis vitamin C dalam produk skincare yang kelima adalah Tetrahexyldecyl Ascorbate.

Tetrahexyldecyl Ascorbate merupakan jenis vitamin C yang efisien dan memiliki sifat larut dalam minyak.

Berkat sifatnya yang larut dalam minyak, maka Tetrahexyldecyl Ascorbate mampu menembus jauh ke dalam lapisan kulit tanpa menyebabkan iritasi.

Tetrahexyldecyl Ascorbate memiliki tingkat penyerapan yang tinggi. Alhasil, Anda akan mendapatkan perlindungan antioksidan, peningkatan kolagen, dan efek mencerahkan yang sama seperti L-Ascorbic Acid tapi dengan tingkat penyerapan dan stabilitas yang lebih baik.

6. Ascorbyl Tetraisopalmitate

Jenis vitamin C dalam produk skincare yang keenam adalah Ascorbyl Tetraisopalmitate.

Ascorbyl Tetraisopalmitate adalah bentuk vitamin C lain yang larut dalam minyak dengan tingkat penyerapan yang sangat baik.

Jenis vitamin C yang satu ini mampu mendukung sintesis kolagen dan perlindungan antioksidan pada tingkat yang dalam.

Secara kimiawi mirip dengan Tetrahexyldecyl Ascorbate, Ascorbyl Tetraisopalmitate juga bisa memperbaiki tekstur kulit dan menekan pigmentasi kulit akibat sinar UVB. Sehingga, membantu kulit tampak lebih lebih muda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News