Keluarga

5 Warna Cat Rumah yang Bagus untuk Kesehatan Mental, Salah Satunya Hijau!

5 Warna Cat Rumah yang Bagus untuk Kesehatan Mental, Salah Satunya Hijau!

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 5 warna cat rumah yang bagus untuk kesehatan mental di sini.

Ternyata, skema warna di rumah dapat mempengaruhi suasana hati dan kesehatan mental Anda lho. Menurut psikologi warna, warna tertentu terbukti bisa mempengaruhi emosi dan perilaku seseorang.

Ketika Anda mengecat dinding rumah Anda dengan warna yang tepat, itu tak hanya dapat mempengaruhi suasana hati Anda secara positif, tetapi juga mampu membantu mengurangi stres.

Lalu, apa sajakah warna cat rumah yang dinilai bermanfaat untuk menjaga atau meningkatkan kesehatan mental?

Sila pilih salah satunya, berikut 5 warna cat rumah yang bagus untuk kesehatan mental sebagaimana dilansir dari situs web Nippon Paint.

Baca Juga: 8 Manfaat Cuddling setelah Berhubungan Seks, Bisa Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

1. Merah

Warna cat rumah yang bagus untuk kesehatan mental pertama adalah merah. Merah kerap dikaitkan dengan cinta, energi, dan kegembiraan. Warna merah tua sering dikaitkan dengan gairah, sedangkan warna merah yang lebih terang dikaitkan dengan perasaan hangat.

Paparan warna merah dapat meningkatkan energi dan membantu melawan perasaan lelah. Karena merah juga melambangkan kekuatan, warna ini bisa meningkatkan motivasi dan tingkat kepercayaan diri.

Jika Anda sering merasa sedih dan tidak termotivasi, pertimbangkan untuk menyegarkan dinding ruangan Anda dengan sentuhan warna merah guna memberikan kesan positif.

2. Kuning

Warna cat rumah yang bagus untuk kesehatan mental kedua adalah kuning. Kurning termasuk warna lainnya yang dikaitkan dengan perasaan positif.

Warna kuning cerah seperti Spongebob Squarepants sering diasosiasikan dengan kegembiraan dan kehangatan. Sedangkan warna kuning yang lebih gelap dikaitkan dengan kepercayaan diri dan optimisme.

Oleh karena itu, menambahkan lebih banyak warna kuning ke sekeliling Anda dapat sangat membantu tatkala kesedihan melanda.

3. Hijau

Warna cat rumah yang bagus untuk kesehatan mental ketiga adalah hijau. Sebagai warna alam, hijau sering dikaitkan dengan pemandangan yang damai dari hutan lebat dan lanskap berumput. Itulah mengapa warna ini sangat ideal untuk menciptakan suasana menenangkan di ruang meditasi, kamar tidur, dan kamar mandi.

Melambangkan rasa pembaruan dan awal yang baru, warna hijau yang lebih terang mampu memicu harapan dan harmoni. Sementara itu, warna hijau yang lebih gelap dapat memunculkan rasa keseimbangan dan kepastian.

Dengan memasukkan warna-warna menenangkan seperti hijau ke dalam ruangan Anda, itu bisa membantu menciptakan lingkungan meremajakan yang mengalihkan pikiran Anda dari penyebab stres sehari-hari. Plus, mengurangi tingkat kecemasan serta meningkatkan kesejahteraan mental secara keseluruhan.

Baca Juga: Hindari 3 Warna Cat Kamar Tidur Ini jika Punya Gangguan Tidur

4. Ungu

Warna cat rumah yang bagus untuk kesehatan mental keempat adalah ungu. Ungu adalah warna yang kerap dikaitkan dengan kreativitas, royalti, dan fantasi. Ungu juga dinilai dapat meningkatkan rasa harmoni dan kesehatan mental.

Warna ungu yang lebih terang seperti lavender dan lilac sering kali dianggap menenangkan dan membuat rileks. Sebaliknya, warna ungu yang lebih gelap melambangkan misteri dan keajaiban.

Apabila Anda ingin menciptakan lingkungan yang menenangkan sekaligus bisa meningkatkan kemampuan kreatif Anda, maka ungu adalah pilihan yang cocok untuk mewarnai ruangan Anda.

5. Oranye

Warna cat rumah yang bagus untuk kesehatan mental kelima adalah oranye. Oranye memiliki rona cerah dan ceria yang memicu perasaan bahagia. Tercipta dari perpaduan warna kuning dan merah, oranye melambangkan kreativitas, optimisme, dan semangat.

Menambahkan aksen oranye ke ruangan Anda adalah cara yang bagus untuk meningkatkan semangat dan menambah vitalitas. Warna ini juga dapat membantu mempertahankan sikap positif sekaligus mencerahkan suasana hati Anda.

Jika akhir-akhir ini Anda sedang kurang termotivasi dan tak kunjung menemukan ide-ide baru, percikan warna khas buah jeruk bisa membuat Anda merasa segar dan mendatangkan inspirasi yang Anda butuhkan.

Itulah 5 warna cat rumah yang bagus untuk kesehatan mental. Mana pilihan Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News