10 Tanaman Hias Pembersih Udara Terbaik yang Bisa Dirawat di Rumah

10 Tanaman Hias Pembersih Udara Terbaik yang Bisa Dirawat di Rumah

MOMSMONEY.ID - Jika Anda mencari cara terbaik untuk menghadirkan suasana luar ruangan sepanjang tahun, tanaman hias adalah solusi sederhana. Terdapat 10 tanaman hias pembersih udara terbaik. 

Tanaman hias pembersih udara terbaik ini bisa Anda rawat di rumah dengan mudah. Tanaman hias adalah pembersih udara alami yang membantu membersihkan rumah Anda dari polutan dalam ruangan seperti karbon dioksida yang menumpuk ke tingkat tidak sehat di rumah Anda seiring berjalannya waktu. 

Adanya tanaman hias pembersih udara ini tentunya akan membuat suasana rumah menjadi lebih nyaman. 

Baca Juga: Tips Dekorasi Tanaman Hias saat Liburan, Bikin Suasana Rumah Jadi Nyaman

Tanaman hias pembersih udara dapat menghilangkan sumber polusi udara dalam ruangan secara alami seperti formaldehida, trikloroetilen, benzena, dan xilena, dan menggantinya dengan Co2 untuk gaya hidup yang lebih bahagia dan sehat.

Nah, berikut ini 10 tanaman hias pembersih udara terbaik. 

1. Tanaman Karet ( Ficus elastica )

Tanaman karet tahan terhadap cahaya redup (akan terbakar jika terkena cahaya langsung) dan suhu yang lebih dingin. Tanaman ini mudah tumbuh dan paling baik dalam menghilangkan racun kimia formaldehida. 

Untuk hasil terbaik, sirami tanaman pembersih udara ini setiap 1-2 minggu dan usahakan memberikan sinar matahari pagi yang terfilter jika Anda bisa.

2. Dracaena 

Juga dikenal sebagai tanaman jagung, daun dracaena yang kuat dan berwarna hijau tua menjadikannya tanaman rumah yang menarik dan dapat tumbuh cukup tinggi. 

Ini adalah salah satu tanaman terbaik untuk menghilangkan trikloretilen sekaligus mentoleransi pengabaian dan pencahayaan redup. Sempurna untuk induk tanaman baru atau hadiah pindah rumah!

3. English Ivy

English Ivy

Baca Juga: 8 Tanaman Hias yang Jadi Tren di Tahun 2024, Catat dan Simak

Juga disebut sebagai common ivy, English ivy mudah tumbuh dan beradaptasi dengan berbagai lingkungan rumah. Tanaman ini dihargai sebagai tanaman hias karena kemampuannya dalam menempuh jarak yang menarik. 

Tanaman ini tidak menyukai suhu tinggi dan sayangnya lebih rentan terhadap hama umum seperti tungau laba-laba dibandingkan tanaman lainnya

Tanaman ivy Inggris juga bisa menjadi racun bagi kucing dan anjing sehingga paling cocok untuk lingkungan bebas hewan peliharaan. 

4. Pothos

Bisa dibilang tanaman hias yang paling mudah dirawat, bahkan penggemar tanaman berpengalaman pun menghargainya karena banyaknya varietas dan daun indah berbentuk hati. 

Pothos akan mentolerir tingkat cahaya, kelembapan, dan suhu yang lebih rendah sekaligus menjadi salah satu tanaman terbaik untuk menghilangkan semua jenis racun dalam ruangan.

Meskipun ada banyak varietas sirih gading yang berbeda, warna daunnya akan menunjukkan seberapa banyak cahaya yang disukainya. Semakin gelap daunnya, semakin sedikit cahaya yang dibutuhkan untuk tumbuh subur. 

5. Pohon Bambu

Meskipun ada banyak varietas sirih gading yang berbeda, warna daunnya akan menunjukkan seberapa banyak cahaya yang disukainya. Semakin gelap daunnya, semakin sedikit cahaya yang dibutuhkan untuk tumbuh subur. 

Jika Anda biasanya mengabaikan tanaman hias, berhati-hatilah karena varietas ini tidak tahan terhadap kekurangan air. 

Baca Juga: 8 Tanaman Hias Terbaik Tahun 2024, Cocok Jadi Dekorasi Rumah

Anda lebih baik menyiram sedikit lebih banyak daripada menyiram pohon bambu di bawah air. Berinvestasi pada tongkat kelembapan untuk memeriksa ketinggian air tanah akan membantu!

6. Pakis Boston

Pakis adalah salah satu kelompok tumbuhan tertua yang terkenal karena kemampuannya menyaring polutan xylene, toluene, dan benzene. 

Sebagai tanaman hias, tanaman ini memerlukan lebih banyak perhatian dibandingkan tanaman lain karena tanaman ini lebih suka sering disiram dan dikaburkan untuk meniru lingkungan lembab di rumahnya di Amerika Selatan

7. Bunga Peace Lily

Tanaman dedaunan hias yang luar biasa untuk pemula dan ahli tanaman. Bunga lili perdamaian unggul dalam menghilangkan alkohol, aseton, trikloroetilen, benzena, dan formaldehida. Ia tumbuh paling baik di bawah sinar matahari tidak langsung, sedang hingga rendah.

8. Tumbuhan Laba-laba

Salah satu tanaman hias yang paling mudah ditanam dan juga mudah diperbanyak dengan jumlah anakannya yang melimpah, tanaman laba-laba adalah tanaman alami yang menyerap karbon monoksida dan formaldehida sekaligus menguraikan benzena dan nikotin. Satu tanaman di ruangan seluas 200 kaki persegi sudah cukup untuk menjadi penyaring udara yang efektif.

9. Lidah Mertua

Tanaman yang selalu hijau dengan daun kaku dan vertikal yang mendapat julukan 'lidah ibu mertua'. 

Baca Juga: Rangkaian Bunga Terbaik untuk Tahun Baru 2024, Cocok untuk Orang Terdekat

Salah satu tanaman paling toleran kekeringan yang sangat toleran terhadap cahaya redup dan penyiraman tidak teratur/jarang. 

Ini menghilangkan benzena dan secara pasif menyerap formaldehida. Mereka merupakan tanaman lantai yang bagus dan pertumbuhannya lebih lambat dibandingkan kebanyakan tanaman hias yang mudah dirawat, jadi bersabarlah. 

10. Weeping Fig

Pohon berbunga ini, yang berasal dari Bangkok, sangat bagus dalam menghilangkan benzena dan formaldehida tetapi membutuhkan lebih banyak perhatian. 

Ia lebih menyukai cahaya yang terang dan tersaring, sering berkabut dan perlu ditempatkan jauh dari area berangin di rumah Anda. Penyiraman yang berlebihan dapat menyebabkan daun menguning dan rontok, sirami hanya ketika dua inci bagian atas tanah kering. 

Nah itulah beberapa tanaman hias pembersih udara terbaik di rumah yang dapat Anda rawat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News