Keluarga

5 Pelukis Paling Terkenal di Dunia, dari Van Gogh, Da Vinci, hingga Michelangelo

5 Pelukis Paling Terkenal di Dunia, dari Van Gogh, Da Vinci, hingga Michelangelo

MOMSMONEY.ID - Inilah para pelukis paling terkenal di dunia yang menciptakan berbagai lukisan melegenda yang hingga saat ini masih dibicarakan.

Lukisan adalah sebuah media kuno sebagai cara berekspresi. Selama puluhan ribu tahun, lukisan banyak dibatasi, sehingga hanya ada sebagian kecil lukisan yang akhirnya bisa ditafsirkan sebagai “lukisan klasik yang abadi”.

Namun, tentu saja lukisan klasik tersebut diciptakan bukan oleh sembarangan orang, melainkan oleh para seniman jenius yang akhirnya mengubah mereka menjadi seorang pelukis paling terkenal di dunia.

Siapa sajakah mereka? Intip artikelnya yang berikut ini.

Baca Juga: Ada The Great Blue Hole, Inilah 7 Tempat Terindah di Dunia yang Bisa Dikunjungi

Vincent Van Gogh - The Starry Night

Lukisan The Starry Night karya pelukis Van Gogh

Vincent Van Gogh adalah pelukis paling terkenal di dunia sekaligus merupakan salah satu pelukis terhebat sepanjang masa.

Melansir Luxury Columnist, Van Gogh telah menciptakan sekitar 2.100 karya seni meskipun tak pernah secara resmi mengikuti sekolah seni.

Semasa hidupnya, Van Gogh adalah seorang seniman produktif yang menghasilkan 860 lukisan.

Lukisan “Starry Night” yang ikonik dari sang seniman dibuat di rumah sakit jiwa Saint-Paul-de-Mausole. Adapun lukisan terkenal lainnya karya Van Gogh seperti Bedroom in Arles, Irises, Self-Potrait with Bandaged Ear, dan The Night Café.

Baca Juga: 6 Spot Diving Terbaik di Dunia, Ada Raja Ampat dan Kepulauan Gili dari Indonesia

Leonardo da Vinci – Mona Lisa

Lukisan Mona Lisa karya pelukis Leonardo da Vinci

Siapa yang tak kenal Leonardo da Vinci? Seniman ini sangat terkenal di dunia karena lukisan Mona Lisa yang melegenda.

Kejeniusannya membuat ia dapat menciptakan banyak karya seperti The Vitruvian Man yang merupakan sketsa tinta proporsi tubuh manusia secara sempurna.

Pelukis paling terkenal di dunia, Da Vinci, juga menciptakan teknik melukis bernama “sfumato” yang menyatukan perpaduan halus tanpa kontur yang kasar. Teknik ini ia bawa ke dalam lukisan legendanya, Mona Lisa.

Beberapa lukisan Leonardo da Vinci yang terkenal selain Mona Lisa ialah Perjamuan Terakhir (The Last Supper), Lady with an Ermine, dan Virgin of the Rocks.

Baca Juga: 6 Tips Pernikahan Langgeng yang Wajib Pasutri Tahu biar Terhindar dari Perceraian

Pablo Picasso - Les Demoiselles d’Avignon

Pablo Ruiz Picasso atau lebih dikenal sebagai Pablo Picasso ialah seorang pelukis, pematung, dan pembuat keramik yang telah menggambar sejak usia dini.

Picasso dikenal karena dianggap sebagai salah satu seniman paling berpengaruh di abad ke-20, sekaligus sebagai pelukis paling terkenal di dunia.

Melansir We Love Art, Picasso sangat produktif semasa hidupnya. Diperkirakan ada sekitar 50.000 karya seni yang terdiri dari 1.885 lukisan, 1.228 patung, 2.880 keramik, 12.000 gambar, dan ribuan rugs.

Beberapa lukisan Picasso yang terkenal di antaranya Guernica, Child with a Dove, Les Demoiselles d’Avignon.

Baca Juga: Bergaya Klasik dan Mewah, Intip 6 Tas Chanel Paling Ikonik Sepanjang Masa

Johannes VermeerGirl with a Pearl Earring

Lukisan Girl with a Pearl Earring karya pelukis Johannes Vermeer

Johannes Vermeer menggambar sebuah lukisan yang hingga kini sangat terkenal karena dianggap istimewa. Dialah yang melukis gambar seorang wanita menggunakan anting, yang lukisan tersebut terlihat sangat nyata.

Bertahun-tahun, lukisan tersebut menuai perdebatan tentang apakah Vermeer menggunakan bantuan perangkat fotografi bernama “Obscura” untuk membuat gambar atau tidak.

Sebab banyak orang yang merasa bahwa pandangan wanita dalam lukisan tersebut seperti nyata.

Namun terjawab sudah, melansir Timeout, lukisan tersebut benar-benar dilukis dari genre Belanda bernama “Tronie”.

Baca Juga: Bukan Stonehenge, Ternyata Ini 5 Kuil Tertua di Dunia yang Punya Peradaban Panjang

Michelangelo – Sistine Chapel

Yang membuat lukisan fenomenal “Sistine Chapel” ialah Michelangelo, seorang pelukis paling terkenal di dunia. Seniman asal Italia ini juga mengukir “Pieta” untuk Katedral Santo Petrus di Roma.

Diungkapkan bahwa lukisan Sistine Chapel bergaya Mannerist, yang menggabungkan idealisasi bentuk manusia dnegan penggunaan warna yang tidak naturalistic.

Lukisan Micheangelo yang terkenal ialah Sistine Chapel ceiling, The Creation of Adam, The Last Judgement: a fresco painting in the Sistine Chapel.

Itulah deretan para pelukis paling terkenal di dunia. Anda pasti pernah melihat karya-karya lukisan di atas lewat internet dan buku, kan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News