Keluarga

5 Manfaat Microneedling untuk Kecantikan Kulit, Atasi Bekas Jerawat hingga Kerutan!

5 Manfaat Microneedling untuk Kecantikan Kulit, Atasi Bekas Jerawat hingga Kerutan!

MOMSMONEY.ID - Menarik untuk dicoba, ini 5 manfaat microneedling untuk kecantikan kulit.

Apa itu microneedling? Microneedling adalah prosedur kosmetik invasif minimal yang sedang populer di dunia perawatan kulit.

Microneedling bisa dilakukan di bagian tubuh mana saja, namun lebih sering dilakukan di wajah. Ini melibatkan aktivitas menusuk kulit dengan ratusan jarum kecil yang ditempelkan pada pena atau tongkat. 

Meskipun melukai kulit mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, namun proses microneedling sangat efektif karena memicu proses penyembuhan kulit, meningkatkan pembaharuan kulit, serta memastikan kulit glowing dan sehat.

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba microneedling, berikut MomsMoney uraikan 5 manfaat microneedling untuk kecantikan kulit yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda sebagaimana dilansir dari Solray Beauty.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Moisturizer Mengandung Symwhite 377 untuk Mengatasi Noda Hitam

1. Meningkatkan produksi kolagen

Manfaat microneedling untuk kecantikan kulit yang pertama yaitu meningkatkan produksi kolagen.

Kolagen adalah protein paling melimpah yang ditemukan di tubuh dan merupakan bagian integral dari jaringan ikat. Ini membantu menjaga persendian tetap kuat serta kulit tetap sehat dan kencang. 

Meskipun produk kolagen berlimpah di pasaran, proteinnya terdapat secara alami di tubuh kita dan tidak memerlukan suplemen. Namun, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen semakin berkurang. 

Microneedling bisa membantu meningkatkan produksi kolagen dengan menyebabkan micro-tears pada kulit untuk memicu penyembuhan dan merangsang produksi kolagen. Pada dasarnya, prosedur microneedling membantu membalikkan efek penuaan. Inilah mengapa microneedling kadang-kadang disebut juga sebagai terapi induksi kolagen. 

2. Memperbaiki tekstur kulit

Manfaat microneedling untuk kecantikan kulit yang kedua yaitu memperbaiki tekstur kulit.

Sulit untuk mengatasi kulit bertekstur, namun microneedling telah terbukti efektif dalam melawan bekas luka dan tekstur kulit tidak merata.

Dengan memicu produksi kolagen, microneedling dapat membantu meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit. 

Tekstur kulit yang kasar sendiri bisa disebabkan oleh faktor genetik, paparan sinar matahari berlebih atau kerusakan akibat sinar matahari, penumpukan sel kulit mati, dan penuaan. Nah, microneedling secara signifikan membantu menghaluskan tekstur kulit melalui proses penyembuhan kulit.

3. Mengobati bekas jerawat

Manfaat microneedling untuk kecantikan kulit yang ketiga yaitu mengobati bekas jerawat

Beberapa bentuk jerawat yang parah cenderung meninggalkan bekas. Ini adalah bekas luka atrofi yang terjadi ketika jaringan kulit gagal beregenerasi dengan baik pada luka jerawat. Sehingga, menimbulkan tekstur kulit yang tidak rata dalam bentuk bekas luka bergulung, bekas luka kotak, atau bekas luka pemecah es. 

Bekas luka atrofi atau lekukan wajah akibat jerawat, terbentuk karena kurangnya produksi kolagen yang tepat.

Karena microneedling dilakukan dengan menciptakan luka kecil dan menstimulasi produksi kolagen, prosedur ini pun dapat membantu mengisi bekas luka tersebut dengan jaringan kulit yang sehat dan membuat kulit lebih montok sekaligus rata. 

Baca Juga: Cara Menggunakan Retinol untuk Mengatasi Jerawat biar Tidak Semakin Parah

4. Membantu menghilangkan stretch mark

Manfaat microneedling untuk kecantikan kulit yang keempat yaitu membantu menghilangkan stretch mark.

Stretch mark bisa dianggap sebagai bentuk jaringan parut atau guratan yang biasa terlihat di area perut, pinggul, dan bokong. Stretch mark muncul ketika kulit meregang atau menyusut secara drastis dalam waktu singkat, seperti saat berat badan bertambah, turun berat badan, atau hamil. 

Banyak orang merasa tidak nyaman saat melihat tampilan stretch mark seperti garis-garis merah, merah muda, atau ungu di tubuhnya. Untungnya, microneedling dapat membantu mengatasi hal tersebut.

Peningkatan produksi kolagen dan regenerasi kulit yang dipicu oleh microneedling dapat membantu mengurangi stretch mark yang tidak diinginkan. Namun, proses ini terjadi secara bertahap, karena stretch mark (terutama yang sudah lama) membutuhkan waktu lebih panjang untuk memudar. 

5. Menghilangkan kerutan

Manfaat microneedling untuk kecantikan kulit yang kelima yaitu menghilangkan kerutan.

Kerutan dan garis-garis halus merupakan tanda penuaan yang jelas. Seiring bertambahnya usia, kulit kita secara alami menjadi kurang tangguh.

Produksi kolagen juga lebih sedikit di usia 40-an dibandingkan dengan usia 20-an. Adapun kurangnya kolagen bisa menyebabkan kulit menjadi kering, kurang elastis, dan lebih rapuh sehingga memicu kerutan. 

Dengan melakukan microneedling, itu dapat membantu regenerasi kulit untuk menghilangkan dan mencegah kerutan. Plus, membantu memulihkan kulit lebih cepat dan membuatnya tampak lebih kencang, glowing, dan awet muda. 

Itulah 5 manfaat microneedling untuk kecantikan kulit. Apakah Anda tertarik, Moms?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News