Bugar

Simak 5 Manfaat Oatmeal untuk Kulit, Hilang Masalah Jerawat!

Simak 5 Manfaat Oatmeal untuk Kulit, Hilang Masalah Jerawat!

MOMSMONEY.ID - Tidak hanya menyehatkan tubuh, kenali manfaat oatmeal untuk kesehatan kulit. Seperti yang Anda tahu bahwa oatmeal adalah sereal alami yang tinggi serat dan protein di dalamnya.

Oatmeal memang sering dijadikan sebagai bahan utama untuk merawat kulit. Biasanya digunakan untuk masker, lulur, eksfoliasi dan lain-lain.

Jika Anda tertarik dengan bahan ini, simak lima manfaat oatmeal untuk kulit dilansir dari blog.avoskinbeauty.com, yaitu: 

1. Mengatasi Jerawat

Manfaat oatmeal untuk kulit adalah bisa mengatasi jerawat. Oatmeal memiliki sifat yang mampu menyembuhkan luka dan mengaktivasi sel dalam kulit.

Oatmeal dikenal dengan kemampuannya yang dapat menyerap minyak berlebih. Minyak berlebih adalah sumber timbulnya jerawat pada kulit.

Anda bisa mengaplikasikan oatmeal sebagai masker alami. Selain itu, sel-sel kulit matipun jadi mudah terangkat, sehingga kotoran tidak mudah menumpuk dan bercampur dengan minyak.

Cara membuatnya cukup mudah, rebuslah oatmeal dengan air hingga menjadi lembut seperti bubur. Diamkan sampai dingin, dan oleskan pada kulit yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit, lalu bilaslah hingga bersih.

Baca Juga: Good Doctor Dukung Pencegahan Demam Berdarah Lewat Kerjasama dengan Takeda

2. Membersihkan dan Melembapkan Kulit

Berikutnya, oatmeal dapat membersihkan dan melembapkan kulit wajah. Hal ini karena di dalam setiap butir oatmeal mengandung bahan pembersih alami yang disebut dengan sapoin.

Sapoin ini dapat menyerap minyak berlebih dan membersihkan pori-pori tanpa meninggalkan bekas luka yang menyebabkan iritasi pada kulit.

Sedangkan dengan pori-pori yang mengecil tentunya kotoran pun tidak akan mudah masuk dan menumpuk kembali.

Oat juga dikenal mampu melembapkan wajah secara alami karena mengandung beta-glucan yang bisa menghidrasi kulit dari dalam dan memberikan kelembapan pada kulit.

Anda bisa mengolah oat menjadi masker. Siapkan segenggam oat organik, kemudian campurkan dengan air hangat secukupnya. Aduk rata hingga nantinya adonan terlihat seperti bubur.

Oleskanlah masker oatmeal tadi pada permukaan wajah sambil melakukan sedikit pijatan, kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bersihkan wajah Anda dengan air hangat.

3. Menghaluskan Kulit

Kemudian, oatmeal juga bisa menghaluskan kulit. Oatmeal mengandung banyak vitamin A, C, dan vitamin B kompleks yang bisa membantu mencerahkan dan menutrisi kulit.

Kandungan polisakarida di dalam oatmeal juga mampu memerangi masalah kulit kusam dan kering Anda sehingga oatmeal dapat bekerja sebagai pelindung pada kulit. Jadi, jangan malas untuk rutin mengaplikasikan masker oatmeal. 

Baca Juga: Manfaatkan Promo Tiket.com Tiket Travel Diskon Setiap Hari

4. Melindungi Radiasi Sinar UV

Manfaat oatmeal selanjutnya adalah melindungi radiasi sinar UV. Oatmeal mengandung protein yang tinggi dan antioksidan berguna untuk melindungi kulit.

Apalagi ditambah adanya minyak dan lemak yang akan memberikan perlindungan alami terhadap kulit dari racun kimia akibat polusi, kosmetik, ataupun radiasi sinar ultraviolet.

Anda bisa membuat masker oatmeal yang dicampur dengan putih telur dan madu. Caranya, tuangkan 1 sendok makan oat lalu campurkan dengan putih telur dan madu.

Tambahkan air hangat agar mudah menyerap. Tunggu hingga 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan setiap 1 minggu sekali agar hasilnya optimal.

5. Eksfoliasi Alami

Terakhir, oatmeal sering dijadikan sebagai eksfoliasi alami. oatmeal bisa menjadi alternatif bahan alami yang nyaman untuk scrubbing.

Bulir lembut pada oatmeal ampuh mengangkat sel kulit mati. Kandungan nutrisi dan polisakarida di dalamnya dapat memberikan kelembapan pada kulit Anda sehingga kulit bersih dan segar bisa Anda dapatkan.

Jadi, itulah beberapa manfaat oatmeal untuk kulit. Anda bisa gunakan oatmeal sebagai bahan utama merawat kulit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News