Keluarga

Atasi Jerawat hingga Kulit Kusam, 6 Manfaat Kombucha untuk Kecantikan Kulit

Atasi Jerawat hingga Kulit Kusam, 6 Manfaat Kombucha untuk Kecantikan Kulit

MOMSMONEY.ID - Sempat viral, berikut 6 manfaat kombucha untuk kecantikan kulit yang harus Anda tahu.

Kombucha adalah minuman fermentasi dari teh hitam atau teh hijau yang dikombinasikan dengan SCOBY (kultur simbiosis bakteri dan ragi) serta gula untuk menghasilkan minuman bersoda yang kaya akan antioksidan dan probiotik.

Menurut dokter kulit bersertifikat, Tiffany Jow Libby, MD, kombucha kaya akan vitamin B khususnya vitamin B1, B6, dan B12 serta vitamin C yang membantu mendukung fungsi sel dan mengurangi stres oksidatif.

Terkenal bermanfaat bagi usus, siapa sangka jika kombucha juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kulit.

Bisa mengatasi jerawat hingga kulit kusam, inilah 6 manfaat kombucha untuk kecantikan kulit sebagaimana dilansir dari Truly Beauty dan Women’s Health:

Baca Juga: Pahami 6 Manfaat Pepaya untuk Kecantikan Kulit

1. Menyeimbangkan mikrobioma kulit

Manfaat kombucha untuk kecantikan kulit yang pertama yaitu menyeimbangkan mikrobioma kulit.

Sebagai probiotik, kombucha sangat baik untuk menyeimbangkan mikrobioma kulit dengan meningkatkan rasio bakteri baik yang sehat.

Artinya, kombucha mampu membantu mikrobioma kulit tetap sehat, lebih jernih, dan lebih mampu bertahan melawan faktor lingkungan seperti polusi.

2. Menghilangkan jerawat

Manfaat kombucha untuk kecantikan kulit yang kedua yaitu menghilangkan jerawat.

Kombucha merupakan eksfoliator alami yang sangat baik untuk kulit. Mengandung bakteri lactic acid, kombucha dapat membantu menghilangkan penumpukan sel kulit mati, sebum, dan kotoran sekaligus menjaga kulit tetap bersih dan terbebas dari masalah pori-pori tersumbat.

Dalam kombucha, ada juga bakteri pelawan jerawat yang bisa mencegah timbulnya jerawat. Plus, sifat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk meredakan jerawat meradang dan menyakitkan.

3. Mengurangi tanda-tanda penuaan

Manfaat kombucha untuk kecantikan kulit yang ketiga yaitu mengurangi tanda-tanda penuaan.

Dikemas dengan polifenol dan vitamin C, kombucha termasuk bahan anti-aging yang efektif untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas sekaligus mendukung produksi kolagen.

Dengan mengonsumsi kombucha atau menggunakan produk skincare yang mengandung kombucha secara rutin, itu bisa membantu mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus dan kerutan yang sering kali disebabkan oleh radikal bebas serta produksi kolagen yang berkurang.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Kacang Polong Untuk Kesehatan yang Teruji Khasiatnya

4. Memperbaiki tekstur kulit

Manfaat kombucha untuk kecantikan kulit yang keempat yaitu memperbaiki tekstur kulit.

Ternyata, kombucha juga bagus untuk membantu memperbaiki tekstur kulit lho. Ini berkat kandungan probiotik, acetic acid, dan lactic acid dalam kombucha yang dapat bekerja dengan lembut untuk melapisi kembali tekstur kulit yang tidak rata agar lebih halus.

Dengan memasukkan kombucha ke dalam rutinitas skincare harian Anda, itu akan memperbaiki tekstur kulit secara nyata hanya dalam beberapa minggu.

5. Mengurangi peradangan

Manfaat kombucha untuk kecantikan kulit yang kelima yaitu mengurangi peradangan atau inflamasi.

Sifat probiotik dalam kombucha dapat membantu mengurangi kondisi peradangan kulit seperti eksim, rosacea, dan bahkan jerawat.

Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba kombucha jika Anda sedang bermasalah dengan jerawat yang meradang, merah, dan nyeri saat disentuh.

6. Mencerahkan kulit

Manfaat kombucha untuk kecantikan kulit yang terakhir yaitu mencerahkan kulit.

Kombucha merupakan eksfoliator yang mengandung antioksidan. Hal ini menjadikan kombucha sangat bagus untuk membantu mencerahkan kulit.

Apabila Anda sedang berjuang melawan kulit kusam, kombucha dapat membantu membuat kulit Anda kembali cerah dan bersinar.

Itulah 6 manfaat kombucha untuk kecantikan kulit. Meskipun kombucha sangat bermanfaat untuk kulit, namun selalu ingat untuk tidak mengaplikasikan kombucha secara langsung ke kulit. Pasalnya, hal ini dapat menyebabkan iritasi dan mengganggu skin barrier.

Selain meminumnya, sebaiknya Anda menggunakan kombucha dalam bentuk skincare seperti essence, toner, atau face mist untuk mendapatkan manfaatnya bagi kulit. Semoga bermanfaat, ya, Moms.

Selanjutnya: Pemerintah Gelar Lelang Tujuh Seri Sukuk Negara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News