Keluarga

5 Manfaat Mengonsumsi Oatmeal Setiap Hari, Efektif Turunkan Berat Badan Lho

5 Manfaat Mengonsumsi Oatmeal Setiap Hari, Efektif Turunkan Berat Badan Lho

MOMSMONEY.ID - Inilah 5 manfaat mengonsumsi oatmeal setiap hari untuk kesehatan tubuh yang harus Anda tahu.

Banyak ahli medis merekomendasikan oatmeal sebagai sarapan sehat dan hal ini tentu saja ada alasannya.

Selain karena kelezatannya, alasan para ahli kesehatan merekomendasikan oatmeal sebagai menu sarapan sehat adalah, konsumsi oatmeal dapat memengaruhi kesehatan jangka panjang, apalagi jika dikonsumsi setiap hari.

Kira-kira, apa saja manfaatnya? Melansir EatingWell, berikut 5 manfaat mengonsumsi oatmeal setiap hari untuk kesehatan tubuh:

Baca Juga: 6 Cara Membakar Lemak Saat Tidur, Mudah dan Efektif!

1. Membuat perut kenyang lebih lama

Manfaat mengonsumsi oatmeal setiap hari yang pertama yaitu membuat perut kenyang lebih lama.

Oatmeal merupakan sumber serat yang baik, karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Karena serat memperlambat pencernaan, maka Anda tidak akan merasa lapar dalam waktu yang lama setelah mengonsumsi oatmeal.

Mengonsumsi makanan kaya serat seperti oatmeal juga membantu menghindari naik turunnya kadar gula darah sekaligus mengurangi rasa lapar.

Mengonsumsi oatmeal setiap hari untuk sarapan merupakan cara yang bagus untuk membuat perut kenyang lebih lama. Dalam 1 cangkir oatmeal yang dimasak, ada 4 gram serat yang merupakan 16% dari nilai harian yang direkomendasikan.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung

Manfaat mengonsumsi oatmeal setiap hari yang kedua yaitu menurunkan risiko penyakit jantung.

Memulai pagi Anda dengan semangkuk oatmeal ternyata bermanfaat bagi kesehatan jantung lho, Moms.

Karena kandungan seratnya, oatmeal dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL), menstabilkan kadar gula darah, dan bahkan menurunkan tekanan darah tinggi. Adapun semuanya berperan penting dalam meminimalkan risiko terkena penyakit kardiovaskular.

3. Melancarkan pencernaan

Manfaat mengonsumsi oatmeal setiap hari yang ketiga yaitu melancarkan pencernaan.

Oatmeal mengandung jenis serat larut khusus yang disebut beta-glukan. Beta-glukan membentuk konsistensi seperti gel di dalam usus untuk membantu menjaga pergerakan di saluran pencernaan tetap teratur. Ini membantu menambah jumlah tinja, sehingga memudahkan buang air besar.

Memadukan oatmeal dengan sumber serat tak larut seperti irisan apel yang belum dikupas, kacang-kacangan, atau buah beri hitam dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Baca Juga: Segarkan Dahaga! Ini Pilihan Jus Buah untuk Penderita Asam Lambung yang Aman

4. Mendukung penurunan berat badan

Manfaat mengonsumsi oatmeal setiap hari yang keempat yaitu mendukung penurunan berat badan.

Penelitian menunjukkan bahwa sarapan oatmeal dapat mendukung upaya penurunan berat badan dan pengelolaan berat badan.

Menurut tinjauan tahun 2021 yang diterbitkan dalam Foods, beta-glukan dalam oatmeal memiliki efek positif pada hiperglikemia, menurunkan kadar lipid darah, dan mengurangi berat badan.

Kandungan serat dalam oatmeal yang mengenyangkan pada gilirannya dapat membantu Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori sepanjang hari dan mengelola berat badan.

Beta-glukan yang ditemukan dalam oatmeal juga dapat meningkatkan pelepasan peptida YY, hormon yang diproduksi di usus yang membantu rasa kenyang.

5. Meningkatkan bakteri baik di usus

Manfaat mengonsumsi oatmeal setiap hari yang kelima yaitu meningkatkan bakteri baik di usus.

Oatmeal merupakan makanan prebiotik yang memberi makan bakteri baik di usus. Dengan menjaga bakteri usus yang sehat, itu akan bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh, meningkatkan suasana hati dan pencernaan, serta membantu menangkal penyakit.

Tinjauan sistematis tahun 2021 yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan hubungan antara konsumsi oatmeal dan peningkatan kelompok bakteri menguntungkan dalam usus seseorang. Ini menjadikannya sarapan yang ramah usus sekaligus menyehatkan jantung.

Demikian 5 manfaat mengonsumsi oatmeal setiap hari untuk kesehatan tubuh.

Selanjutnya: Antisipasi Agar NPF Modal Ventura Tak Membengkak, Ini Kata Amvesindo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News