Bugar

5 Manfaat Makan Terong untuk Tubuh Anda, Bisa Turunkan Berat Badan lho!

5 Manfaat Makan Terong untuk Tubuh Anda, Bisa Turunkan Berat Badan lho!

MOMSMONEY.ID - Ada sejumlah manfaat makan terong untuk tubuh, lho. Digadang-gadang bisa turunkan berat badan!

Terong adalah sayuran yang sering kita temui dalam berbagai masakan, mulai dari sambal terong hingga terong balado. Tidak hanya lezat, terong juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Selain itu, terong rendah kalori dan kaya serat, menjadikannya pilihan yang baik bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Bersumber dari laman Eat This, inilah beberapa manfaat makan terong untuk tubuh Anda:

1. Mengurangi Peradangan

Meski ada anggapan bahwa sayuran nightshade seperti terong, tomat, dan paprika bisa menyebabkan peradangan karena kandungan alkaloidnya, sains tidak mendukung klaim ini.

Tidak ada penelitian besar yang membuktikan bahwa mengonsumsi terong atau sayuran sejenisnya memperburuk kondisi seperti radang sendi atau sindrom iritasi usus.

 Sebaliknya, terong mengandung antosianin, pigmen antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi peradangan di tubuh.

Diet yang kaya akan antioksidan diketahui dapat membantu melawan peradangan, bukan meningkatkannya.

Baca Juga: Bikin Langsing! Ini 6 Teh Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan dan Bakar Lemak

2. Menstabilkan Gula Darah

Terong juga bisa membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Indeks glikemik (IG) terong tergolong rendah, berkisar antara 15 hingga 30, yang berarti terong tidak menyebabkan lonjakan gula darah secara signifikan.

Selain itu, serat yang terkandung dalam terong juga membantu memperlambat penyerapan gula dalam darah, sehingga dapat membantu mengontrol kadar glukosa.

Sebuah terong mengandung sekitar 2,4 gram serat, yang baik untuk menjaga gula darah tetap terkendali.

3. Menurunkan Berat Badan

Selain baik untuk gula darah, serat dalam terong juga bisa membantu menurunkan berat badan. Serat membantu memperpanjang rasa kenyang, sehingga Anda cenderung makan lebih sedikit dan mengurangi keinginan untuk ngemil.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi serat berhubungan dengan penurunan berat badan yang lebih efektif.

Terlebih lagi, terong sangat rendah kalori— sebuah terong hanya mengandung sekitar 20 kalori. Ini menjadikan terong pilihan ideal untuk ditambahkan ke dalam diet rendah kalori.

Baca Juga: Ungkap Manfaat Kayu Manis untuk Diabetes, Bantu Turunkan Gula Darah

4. Menyehatkan Tulang

Terong kaya akan mangan, mineral penting yang berperan dalam pembentukan tulang yang kuat. Sebuah terong mengandung 0,19 miligram mangan, yang mencukupi sekitar 8% dari kebutuhan harian untuk pria dan 11% untuk wanita.

Mangan bekerja sama dengan kalsium dan vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang. Meskipun kekurangan mangan jarang terjadi, mengonsumsi cukup nutrisi ini tetap penting untuk kesehatan tulang yang optimal.

5. Mengurangi Risiko Sindrom Metabolik

Sindrom metabolik adalah sekelompok kondisi yang mencakup obesitas, risiko penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

Salah satu cara untuk mencegah sindrom metabolik adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang, termasuk mengonsumsi sayuran seperti terong.

Sebuah studi tahun 2021 menunjukkan bahwa terong dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mendukung penurunan berat badan, sehingga bermanfaat dalam pengobatan sindrom metabolik.

Baca Juga: 6 Makanan yang Meningkatkan Risiko Kanker, Sebaiknya Batasi Konsumsinya

Itulah beberapa manfaat makan terong untuk tubuh Anda. Mengonsumsi terong yang dipanggang bersama sayuran lain atau dimasak dengan rempah-rempah dan minyak zaitun bisa menjadi cara lezat untuk mendapatkan manfaat kesehatan ini. Semoga informasi ini bermanfaat!

Tonton: Tinggalkan 5 Kebiasaan Sehari hari Ini Jika Tak Ingin Asam Lambung Kambuh

Selanjutnya: Cybertruck: Mimpi yang Tak Terwujud di Balik Janji Manis Tesla

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News