Bugar

5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Hati, Apa Saja?

5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Hati, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Konsumsi makanan sehat adalah keharusan. Tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk hati. Nah, apa sajakah makanan yang baik untuk kesehatan hati?

Hati adalah organ vital dalam tubuh manusia yang bertanggung jawab atas proses detoksifikasi dan metabolisme. Menjaga kesehatan hati berarti memastikan bahwa tubuh dapat menghilangkan racun secara efektif dan mengelola nutrisi dengan baik.

Bersumber dari Medical News Today, berikut adalah lima makanan yang baik untuk kesehatan hati Anda:

1. Buah berry

Berry, seperti blueberry, raspberry, dan strawberry, kaya akan antioksidan yang dikenal sebagai antosianin. Antosianin tidak hanya memberi berry warna mereka yang khas, tetapi juga telah terbukti memiliki efek perlindungan terhadap penyakit hati.

Penelitian telah menunjukkan bahwa blueberry, khususnya, dapat membantu meningkatkan respons imun dan menghambat pertumbuhan sel kanker hati. Mengonsumsi berry secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan hati dan mencegah kerusakan hati.

Baca Juga: 6 Minuman Penurun Darah Tinggi yang Sayang untuk Dilewatkan

2. Ikan berlemak

Ikan seperti salmon, sarden, dan makarel adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Omega-3 diketahui mengurangi peradangan dalam tubuh, termasuk di hati.

Studi telah menunjukkan bahwa mengonsumsi ikan berlemak dapat membantu mengurangi akumulasi lemak di hati dan menjaga kadar enzim hati yang sehat.

3. Kopi

Kopi bukan hanya minuman pagi yang populer, tetapi juga memiliki beberapa manfaat kesehatan, khususnya untuk hati. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi dapat melindungi terhadap penyakit hati, termasuk kanker hati.

Ini karena kopi dapat mengurangi risiko penyakit hati, hepatitis, dan bahkan sirosis. Senyawa dalam kopi juga dapat membantu menurunkan peradangan dan meningkatkan kadar antioksidan di hati.

Baca Juga: Inilah Buah Penurun Darah Tinggi Alami Paling Cepat, Jeruk Termasuk!

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, khususnya walnut, sangat baik untuk kesehatan hati. Walnut kaya akan asam lemak omega-3 dan antioksidan yang dapat membantu melindungi hati dari kerusakan. Mereka juga membantu dalam detoksifikasi hati dan mengurangi peradangan. Mengonsumsi segenggam walnut secara teratur dapat membantu menjaga fungsi hati yang sehat dan mengurangi risiko penyakit hati.

5. Bawang putih

Sebuah penelitian di tahun 2020 menunjukkan bahwa mengonsumsi 800 mg bubuk bawang putih selama 15 minggu dapat secara efektif mengurangi penumpukan lemak dan risiko komorbiditas pada pasien dengan penyakit perlemakan hati.

Sementara itu, suatu penelitian di China pada tahun 2019 mengungkapkan bahwa bawang putih mentah dapat menurunkan risiko terkena kanker hati. Tidak sampai di situ saja, sebuah tinjauan sistematis pada tahun yang sama menemukan bahwa suplemen bawang putih dapat menurunkan kadar AST, meski tidak mempengaruhi kadar ALT.

Namun, tinjauan ini juga menekankan perlunya penelitian lebih lanjut untuk memverifikasi efek tersebut.

Baca Juga: Ciri-Ciri Sakit Kepala Akibat Hipertensi dan Cara Mengatasinya

Itulah beberapa makanan yang baik untuk kesehatan hati Anda. Selain mengonsumsi makanan ini, menjaga gaya hidup sehat secara umum juga penting untuk kesehatan hati. Ini termasuk menghindari alkohol berlebih, tidak merokok, menjaga berat badan yang sehat, dan berolahraga secara teratur.

Dengan memperhatikan diet dan gaya hidup, Anda dapat membantu memastikan bahwa hati Anda berfungsi dengan baik dan mampu menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News