Keluarga

5 Kebiasaan Penyebab Ketiak Hitam, Nomor 1 Paling Sering Dilakukan!

5 Kebiasaan Penyebab Ketiak Hitam, Nomor 1 Paling Sering Dilakukan!

MOMSMONEY.ID - Inilah 5 kebiasaan penyebab ketiak hitam yang harus Moms tahu!

Ketiak hitam menjadi salah satu permasalahan kulit yang sering dialami oleh banyak orang. Meskipun tidak ada yang salah dengan ini, namun warna ketiak yang menghitam bisa membuat seseorang malu dan enggan untuk memakai pakaian terbuka.

Selain bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan tertentu, permasalahan ketiak hitam juga bisa disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan yang tanpa disadari bisa membuat warna ketiak menjadi lebih gelap dari sebelumnya.

Melansir situs web Klinik Estetika, inilah 5 kebiasaan penyebab ketiak hitam yang sering dilakukan oleh banyak orang dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Berikut Tips Pilih Saham Dari Dana THR

1. Bercukur

Kebiasaan penyebab ketiak hitam yang pertama adalah bercukur.

Moms, apakah Anda termasuk orang yang suka mencukur bulu ketiak? Bisa jadi, warna ketiak Anda yang menghitam disebabkan oleh kebiasaan mencukur bulu ketiak yang kerap Anda lakukan.

Kebiasaan mencukur bulu ketiak dapat menimbulkan iritasi kulit. Pada gilirannya, kulit yang iritasi tersebut akan mengalami hiperpigmentasi dan berubah warna menjadi gelap.

2. Menggunakan alat cukur yang tumpul

Kebiasaan penyebab ketiak hitam yang kedua adalah menggunakan alat cukur yang tumpul.

Saat Anda terbiasa membersihkan bulu ketiak dengan cara dicukur, pastikan alat cukur yang Anda gunakan memiliki pisau yang tajam dan bersih ya Moms.

Sebaliknya, alat cukur yang tumpul dan jarang dibersihkan hanya akan memicu iritasi. Jika terus digunakan, alat cukur yang tumpul akan membuat kulit ketiak Anda menghitam dari waktu ke waktu.

3. Memakai deodoran yang mengandung alkohol dan aluminium

Kebiasaan penyebab ketiak hitam yang ketiga adalah memakai deodoran yang mengandung alkohol dan aluminium.

Keringat berlebihan dan bau ketiak yang tidak sedap menjadi permasalahan ketiak yang sering dikeluhkan oleh banyak orang. Pasalnya, kedua permasalahan ketiak ini sangatlah mengganggu dan bisa dengan mudah menurunkan kepercayaan diri. Untuk mengatasinya secara instan, penggunaan deodoran agaknya tidak boleh Anda lewatkan.

Kendati begitu, Anda tidak boleh memilih deodoran secara asal. Hal ini dikarenakan ada beberapa kandungan di dalam deodoran yang justru dapat menghitamkan warna ketiak. Adapun kandungan tersebut meliputi alkohol dan aluminium.

Kandungan alkohol dalam deodoran bisa memicu kulit ketiak menjadi kering dan iritasi. Sementara itu, kandungan aluminium bisa menyumbat produksi keringat. Jadi, selalu ingat untuk menghindari deodoran yang memiliki dua kandungan tersebut jika tidak mau warna ketiak Anda menjadi hitam.

Baca Juga: Apakah Kangkung Menyebabkan Asam Urat? Cek Jawabannya di Sini

4. Mengenakan pakaian ketat

Kebiasaan penyebab ketiak hitam yang keempat adalah mengenakan pakaian ketat.

Bagi beberapa orang, pakaian ketat terlihat jauh lebih menarik untuk dipakai. Namun, siapa sangka jika kebiasaan mengenakan pakaian ketat bisa membuat warna ketiak menjadi lebih gelap dari sebelumnya.

Saat Anda memakai pakaian yang ketat, itu akan menimbulkan gesekan dan luka pada ketiak. Lama-kelamaan, gesekan dan luka tersebut akan meninggalkan bekas berwarna kehitaman dan membuat ketiak Anda terlihat gelap secara keseluruhan.

5. Jarang melakukan eksfoliasi

Kebiasaan penyebab ketiak hitam yang kelima yaitu jarang melakukan eksfoliasi.

Eksfoliasi tidak hanya dianjurkan untuk dilakukan pada wajah melainkan juga ketiak. Dengan rajin melakukan eksfoliasi, sel kulit mati pada ketiak akan terangkat dan ketiak pun akan terlihat lebih bersih sekaligus cerah.

Sebaliknya, jika Anda jarang mengeksfoliasi kulit ketiak Anda, itu akan menyebabkan penumpukan sel kulit mati di area ketiak dan membuatnya terlihat gelap.

Itulah 5 kebiasaan penyebab ketiak hitam yang harus Anda hindari atau perbaiki jika menginginkan tampilan ketiak yang cerah dan bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News