Keluarga

5 Fakta dan Mitos Makanan Pedas yang Jarang Diketahui Kebenarannya

5 Fakta dan Mitos Makanan Pedas yang Jarang Diketahui Kebenarannya

MOMSMONEY.ID - Ada banyak fakta dan mitos tentang makanan pedas yang jarang diketahui kebenarannya.

Banyak orang yang percaya bahwa makanan pedas, terutama zat capcaisin, dapat memberikan banyak efek kesehatan pada tubuh. Tapi benarkah hal tersebut?

Untuk mengetahuinyanya, simak artikel berikut ini yang dilansir dari Longevity Technology, Thrillist, dan Henry Ford Health, selengkapnya.

Baca Juga: 5 Makanan Teraneh dan Paling Menjijikkan di Dunia, Semuanya Bikin Bergidik

1. Makanan pedas bikin metabolisme tubuh meningkat

Mitos. Makanan pedas tak punya pengaruh apapun pada metabolisme tubuh. Capcaisin pada makanan pedas hanya akan meningkatkan suhu tubuh menjadi panas & tak ada pengaruh apapun selebihnya.

2. Makanan pedas bantu menurunkan berat badan

Fakta. Makanan pedas memang bisa membakar kalori, namun jumlahnya sedikit.

“Capcaisin dalam makanan pedas dapat merangsang lemak untuk mengeluarkan energi pembakaran. Jadi saat makan makanan pedas, kalori akan terbakar namun dalam jumlah yang kecil,” ucap Radhika Anggarwal, M.D., seorang ahli gastoenterologi di Henry Ford Health.

Baca Juga: Rekor 5 Besar Saus Cabai Terpedas di Dunia, Ada yang Mencapai 16 Juta SHU!

3. Makanan pedas bikin ketagihan

Mitos. Pernahkah Anda merasa tak bisa menghentikan kebiasaan makan makanan pedas? Eits, itu bukan ketagihan. Karena faktanya, tubuh tak bisa ketagihan terhadap capcaisin, loh.

Menurut Science of Society pada publikasi Universitas Northwestern yang dilansir dari Thrillist menyebutkan bahwa kecanduan makanan pedas adalah sesuatu yang tidak nyata.

Satu-satunya yang bikin kita sulit berhenti makan makanan pedas adalah karena makanan pedas mengandung endorfin yang membuat tubuh merasa lebih euforia.

Makanan Vietnam: Nem

4. Makanan pedas bisa membunuh selera makan

Mitos. Makanan pedas memang membuat lidah terasa mati rasa untuk sejenak. Namun ini bukan berarti selera makanmu hilang begitu saja akibat mati rasa sejenak.

Perasaan “mati rasa sejenak” setelah mengonsumsi makanan pedas merupakan mekanisme pertahanan tubuh terhadap zat kimiawi bernama caicaisin yang biasa ada di dalam cabai.

Baca Juga: Mengenal 7 Sambal Unik di Dunia, Ada yang Menyengat sampai ke Hidung

5. Hanya mamalia yang sensitif terhadap makanan pedas

Fakta. Kandungan capcaisin dapat memakar & mengiritasi mamalia, termasuk diri kita sendiri sebagai manusia.

Yang mengejutkan, burung termasuk sebagai makhluk hidup yang kebal terhadap efek capcaisin pada makanan pedas, loh! Tak mengherankan jika salah satu cara alami penyebaran benih paprika & cabai bisa dilakukan melalui burung yang memakannya.

Itulah deretan mitos dan fakta seputar makanan pedas yang wajib diketahui oleh para penggemar makanan pedas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News