Keluarga

Mengenal 7 Sambal Unik di Dunia, Ada yang Menyengat sampai ke Hidung

Mengenal 7 Sambal Unik di Dunia, Ada yang Menyengat sampai ke Hidung

MOMSMONEY.ID - Tak cuma pedas semata, ternyata ada deretan sambal di dunia yang dikategorikan sebagai “sambal unik”.

Disebut sebagai “unik” karena sambal-sambal ini ada yang hadirkan sensasi rasa buah, hingga sensasi menyengat yang kuat ke hidung.

Momsmoney telah merangkum deretan sambal unik di dunia yang bisa Anda coba. Melansir dari Tasting Table dan Island Sun Indonesia, berikut selengkapnya!

Baca Juga: Daftar 25 Dessert Terbaik di Dunia versi Taste Atlas, Pisang Goreng Kalahkan Brownies

Sambal Habanero

Jenis sambal unik yang berasal dari Amerika Selatan, bernama Habanero, merupakan jenis sambal pedas yang ditambahkan dengan banyak panas & rasa jeruk yang unik.

Cabai habanero

Sambal habanero memiliki rasa pedas dengan aroma buah, namun dengan tingkat kepedasan yang cukup tinggi.

Sambal unik habanero yang paling terkenal adalah dari jenis Belize.

Chili oil

Chili oil, sambal yang akhir-akhir ini begitu populer di Indonesia termasuk salah satu sambal unik yang wajib dicoba.

Chili Oil

Sambal asal Cina ini cukup sering dihidangkan di aneka masakan Tionghoa, seperti mie hingga hot pot.

Chili oil terbuat dari berbagai jenis cabai kering yang disatukan seperti merica sichuan dan chinese red pepper, minyak sayur, dan rempah.

Baca Juga: Rekor 5 Besar Saus Cabai Terpedas di Dunia, Ada yang Mencapai 16 Juta SHU!

Sambal Aji Amarillo

Sambal unik bernama aji amarillo berasal dari Peru. Menurut Pepper Scale, Aji Amarillo diterjemahkan sebagai cabai kuning. Cabai ini tidak benar-benar kuning, tetapi warnanya cenderung berkisar kuning hingga kehijauan.

Sambal Sriracha

Sambal sriracha punya cita rasa yang sangat unik karena rasanya yang cukup menyengat tenggorokan ketika pertama kali mencicipinya. Saus ini terbuat dari cabai, gula, garam, cuka, dan bawang putih.

Disebut “sriracha” karena sambal unik ini berasal dari wilayah Sri Racha yang terletak di Kota Chonburi, wilayah Thailand bagian Timur.

Sriracha ini tergolong ke dalam jenis sambal unik karena memiliki rasa pedas asam yang berasal dari proses fermentasi & bahan cuka yang ditambahkan. Sambal sriracha sangat cocok disajikan bersama makanan berkuah sehingga menghasilkan rasa asam & pedas yang menyegarkan.

Baca Juga: Resep Kwetiau Chili Oil ala Singapura, Praktis Dimasak dalam Waktu 15 Menit

Gochujang

Gochujang

Pecinta makanan Korea pasti sudah tak asing lagi dengan gochujang. Gochujang merupakan salah satu jenis sambal unik berbentuk pasta dengan warna merah pekat dan rasa yang pedas.

Sambal unik yang berasal dari Korea Selatan ini beras ketan & bubuk cabai yang difermentasi dengan kedelai sehingga menimbulkan aroma dan rasa yang khas yang tidak bisa Anda dapatkan dari jenis-jenis sambal lainnya yang ada di berbagai negara.

Gochujang sering dipakai sebagai salah satu bumbu pada aneka makanan Korea seperti tteokbokki, kimchi, hingga bibimbap.

Baca Juga: Daftar 5 Makanan Terpedas di Dunia, Ada Sambal Ulek dari Indonesia!

Sambal Salsa

Salsa merupakan salah satu sambal unik yang berasal dari Amerika Latin & Spanyol. Sambal unik ini memadukan aneka bahan seperti tomat, bawang putih, bawang merah, dan aneka rempah lainnya.

Salsa sangat cocok disajikan dengan berbagai jenis makanan, terutama nachos, karena menghadirkan sensasi pedas, manis, dan asam yang menyegarkan lidah.

Baca Juga: 6 Jenis Cabai dan Tingkat Kepedasan di Dunia Berdasarkan Skala Scoville

Wasabi

Maki Sushi

Jenis sambal unik selanjutnya adalah wasabi. Wasabi tergolong ke dalam jenis sambal unik bertekstur pasta yang memiliki warna hijau serta bau menyengat.

Bagi Anda yang tak sengaja mengonsumsi wasabi, maka akan merasakan efek menyengat kuat pada hidung & tenggorokan. Efek inilah yang membuat banyak orang tak menyukai wasabi.

Adakah di antara sambal-sambal unik di atas yang paling ingin Anda coba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News