Keluarga

Ingin Kuat Makan Pedas? Tiru 5 Cara Persiapkan Diri Sebelum Menyantap Makanan Pedas

Ingin Kuat Makan Pedas? Tiru 5 Cara Persiapkan Diri Sebelum Menyantap Makanan Pedas

MOMSMONEY.ID - Ingin sering menyantap makanan pedas tapi terkendala perut yang super sensitif? Tenang, Anda dapat meniru beberapa tips yang berikut ini.

Menyantap makanan pedas bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan, terutama bagi Anda yang memiliki perut super sensitif. Terlalu pedas sedikit saja sudah bisa membuat berbagai macam masalah pada perut.

Namun, Anda dapat melakukan beberapa cara persiapan sebelum menyantap makanan pedas. Cara-cara ini membantu Anda mengurangi sensasi panas membakar pada perut.

Intip artikelnya, yang dirangkum dari Serious Eats, Happy Spicy Hour, dan First We Feast, berikut ini.

Baca Juga: 5 Makanan Vietnam yang Super Pedas, Wajib Anda Coba saat Berkunjung ke Sana

Makan dalam porsi kecil

Makanan pedas

Cara terbaik mempersiapkan perutmu agar kuat makan pedas adalah dengan mencoba belajar menyantap makanan pedas dalam porsi kecil.

Makanan pedas dengan porsi kecil tapi sering akan membuat perutmu lama kelamaan terbiasa dan beradaptasi dengan keadaan. Jadi, ketika waktunya nanti Anda ingin menyantap makanan pedas dalam porsi banyak, maka perutmu tak akan sakit.

Pastikan perut tidak kosong

Perut tak akan kuat menyantap makanan pedas jika dibiarkan dalam keadaan kosong. Maka dari itu, sebisa mungin untuk selalu makan karbohidrat terlebih dahulu.

“Sebaiknya makan sesuatu yang dicerna dengan lambat seperti daging atau semangkuk oatmeal. Makan sesuatu yang sangat pedas saat perut kosong akan membuat perut terkejut,” ucap Chef James Beck, dikutip dari First We Feast.

Baca Juga: 8 Sambal Nusantara yang Cocok Jadi Teman Makan Ayam-Ikan Goreng

Makan sesuatu yang pedas setiap minggu

Makanan pedas asal Thailand

Makan sesuatu yang pedas setiap minggunya dapat membantu tubuh agar lebih toleran terhadap capcaisin.

Jika Anda masih takut menyantap makanan pedas, Anda dapat memulainya dengan makanan berempah yang menghangatkan tenggorokan, seperti jahe, cengkeh, kunyit, pala.

Jika sudah kebal terhadap panasnya rempah, mulai tingkatakan makanan dengan menambahkan cabai sedikit demi sedikit.

Baca Juga: 4 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Rutin Menyantap Makanan Pedas Setiap Hari

Rutin minum susu segar

Seperti yang diketahui, susu mengandung protein & lemak yang bisa memecah rasa pedas akibat zat kimia capcaisin. Maka sebelum menyantap makanan pedas, sebisa mungkin minumlah segelas besar susu terlebih dahulu.

Minum susu sebelum menyantap makanan pedas dapat membantu mengurangi ras padas dalam lidah, perut, dan tenggorokan. Disarankan juga untuk mengonsumsi susu full cream ataupun susu skim.

Sediakan bahan menyejuk perut

Di setiap makanan pedas, disarankan untuk selalu menyediakan bahan pereda pedas dalam setiap makanan.

“Tip yang bagus adalah menyantap makanan pedas dengan bahan pendingin alami bagi tubuh. Misalnya, makanan Thailand yang pedas selalu menggunakan santan yang punya sifat mendinginkan,” ujar Seema Vora, praktisi kesehatan integratif di NYC, dilansir dari Serious Eats.

"Makanan India dan Meksiko juga cenderung mengandung daun ketumbar atau jeruk nipis yang bersifat mendinginkan & membantu mengurangi efek kuat dari makanan pedas,” lanjutnya.

Itulah berbagai cara persiapkan diri agar perut kuat saat menyantap makanan pedas. Anda yang memiliki perut sensitif dapat meniru trik di atas, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News