Keluarga

5 Essential Oil Ini Bisa Menurunkan Berat Badan

5 Essential Oil Ini Bisa Menurunkan Berat Badan

MOMSMONEY.ID - Inilah 5 essential oil untuk menurunkan berat badan yang layak Anda coba.

Essential oil atau minyak atsiri terkenal dengan aromanya yang harum. Itulah mengapa essential oil sering dijadikan sebagai pengharum ruangan.

Tak sebatas itu, essential oil juga menyimpan banyak manfaat kesehatan termasuk mengobati sakit kepala hingga alergi. Bahkan, essential oil juga bisa membantu menurunkan berat badan dengan mengurangi nafsu makan, membakar lemak, dan meningkatkan energi.

Kira-kira, essential oil apa saja yang memiliki manfaat penurunan berat badan?

Melansir Reader’s Digest, berikut daftar essential oil untuk menurunkan berat badan yang dapat Anda sertakan ke dalam program diet.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Stres Saat Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus

1. Essential oil lemon

Essential oil untuk menurunkan berat badan yang pertama adalah essential oil lemon.

Sama seperti air lemon, essential oil lemon juga dapat membantu penurunan berat badan dengan cara mendukung detoksifikasi.

Proses detoksifikasi akan meremajakan tubuh Anda serta meningkatkan energi dan pencernaan lemak. Ditambah lagi, ini bisa membersihkan tubuh dari limbah yang dapat menyebabkan peradangan dan masalah kesehatan lainnya yang menghambat kemampuan Anda untuk menurunkan berat badan.

Untuk mendapatkan manfaat ini, masukkanlah 5 tetes essential oil lemon ke dalam humidifier Anda.

2. Essential oil lavender

Essential oil untuk menurunkan berat badan yang kedua adalah essential oil lavender.

Essential oil lavender terbukti dapat meningkatkan relaksasi, meredakan ketegangan, dan mendukung tidur yang nyenyak. Menariknya, essential oil lavender juga bisa mengurangi keinginan untuk ngemil yang tidak sehat lho.

Saat mengendus aroma makanan yang lezat, mulut akan langsung mengeluarkan air liur dan muncul keinginan untuk memuaskan hasrat tersebut. Jika ini sering terjadi saat Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, coba hirup essential oil lavender untuk membuat Anda rileks sekaligus meredakan hasrat akan ngemil.

Atau, oleskan 2-3 tetes essential oil lavender ke pelipis, pergelangan tangan, dan bagian belakang leher sebelum tidur.

3. Essential oil holy basil

Essential oil untuk menurunkan berat badan yang ketiga adalah essential oil holy basil.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa essential oil holy basil dapat membantu mengatur stres dan kecemasan. Tatkala tubuh memproduksi terlalu banyak hormon stres kortisol, itu dapat menyebabkan penambahan berat badan dan sejumlah efek kesehatan lainnya.

Nah, dengan menggunakan essential oil holy basil, itu akan membantu meredakan stres emosional dan kecemasan. Adapun stres emosional dan kecemasan merupakan faktor yang dapat berkontribusi pada penambahan berat badan dan kesulitan menurunkan berat badan.

Coba tambahkan 1-2 tetes essential oil holy basil ke dalam secangkir air hangat dan minum hingga habis.

Baca Juga: Anak Tiba-Tiba Malas? Ini 7 Penyebab Anak Menjadi Malas

4. Essential oil jahe

Essential oil untuk menurunkan berat badan yang keempat adalah essential oil jahe.

Essential oil jahe dapat mendukung pencernaan, mengurangi peradangan, dan meredakan keinginan untuk makan gula.

Essential oil jahe juga berfungsi sebagai agen termogenik, yang berarti dapat membantu membakar lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Untuk menurunkan berat badan, tambahkan 2 tetes essential oil jahe ke dalam secangkir air hangat dan minum seperti Anda minum teh. Atau, tambahkan 2-3 tetes essential oil jahe ke dalam bak berisi air hangat lalu berendamlah.

5. Essential oil peppermint

Essential oil untuk menurunkan berat badan yang kelima adalah essential oil peppermint.

Mencium essential oil peppermint dapat membantu mengekang nafsu makan dengan memengaruhi area otak yang membuat Anda merasa kenyang.

Dalam sebuah penelitian, orang yang mencium peppermint oil setiap 2 jam merasa kurang lapar dan mengonsumsi rata-rata 2.800 kalori lebih sedikit selama seminggu (sekitar 300 kalori sehari) dibandingkan rekan mereka yang tidak mencium aroma essential oil peppermint.

Mengutip laman Eat This, Not That!, essential oil peppermint dapat membersihkan sistem limfatik dan bersifat anti-inflamasi. Pada gilirannya, hal ini dapat membantu Anda melepaskan penambahan berat badan dan pencernaan yang lamban. Sementara itu, ketika dioleskan, essential oil peppermint dapat membantu mendukung kantong empedu sekaligus mengurangi peradangan.

Itulah 5 essential oil untuk menurunkan berat badan. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Selanjutnya: OJK Bakal Bangun Anti Scam Center untuk Percepat Proses Blokir Rekening

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News