Keluarga

5 Efek Samping yang Berpotensi Muncul Saat Cuci Muka dengan Air Beras

5 Efek Samping yang Berpotensi Muncul Saat Cuci Muka dengan Air Beras

MOMSMONEY.ID - Ketahui efek samping cuci muka dengan air beras, supaya tak terjadi pada wajah Anda!

Air beras kerap kali digembar-gemborkan sebagai salah satu jenis skincare tradisional yang punya beragam manfaat. Selain untuk rambut, air beras juga terkenal karena mampu membuat kulit jadi halus.

Sayangnya, ternyata ada efek samping yang tak banyak orang ketahui jika kita rutin mencuci muka menggunakan air beras, lo.

Apa sajakah efek samping cuci muka pakai air beras menurut para ahli? Mari kita simak ulasan di bawah ini!

Baca Juga: 8 Jenis Makanan yang Tak Boleh Dibuang di Saluran Wastafel Dapurmu

Iritasi dan kulit kering

Air beras jadi salah satu pembersih muka yang lembut. Namun bagi sebagian orang, air beras bisa saja terlalu lembut, sehingga dapat menghilangkan sebagian minyak alami di kulit wajah, dikutip dari Fakaza News.

Minyak alami wajah yang hilang bisa membuat kulit jadi super kering dan akhirnya bersisik. Maka tak heran jika akhirnya kulit wajah jadi iritasi dan gatal kemerahan.

Kulit kering

Baca Juga: 5 Mitos Seputar Skincare yang Tak Perlu Anda Percaya, Apa Saja?

Reaksi alergi

Beberapa orang akan mengalami reaksi alergi jika mencuci muka menggunakan air beras. Sebab ada orang yang alergi terhadap enzim, protein, dan komponen tertentu yang ada dalam air beras.

Jika Anda mengalami gatal, bengkak, kemerahan, atau reaksi alergi lainnya, hentikan penggunaan air beras untuk mencuci muka, dikutip dari Marham.

Agar tak terjadi alergi langsung pada kulit wajah, sebaiknya lakukan uji tempel terlebih dahulu.

Baca Juga: Bikin Cerah dan Segar, Intip Manfaat Masker Beras untuk Wajah dan Cara Membuatnya

Sensitif terhadap matahari

Air beras mengandung asam ferulic yang dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap paparan sinar matahari.

Efek samping ini membuat kulit jadi rentan dengan kerusakan kulit yang disebabkan panasnya sinar matahari. Kulit akan lebih mudah kemerahan.

Untuk mengurangi efek samping cuci muka pakai air beras tersebut, Anda bisa memakai sunblock setelah mencuci muka menggunakan air beras.

Baca Juga: 4 Cara Mendapatkan Kulit Glowing dari Bahan Alami, Coba yuk

Munculnya rambut wajah

Menurut beberapa penelitian, salah satu efek samping yang terbilang aneh dan dilaporkan oleh beberapa orang setelah mencuci muka pakai air beras ialah adanya pertumbuhan rambut yang tak diinginkan pada wajah.

Sebetulnya, hal ini mungkin saja terjadi karena air beras mengandung inositol yang menurut penelitian dapat merangsang pertumbuhan rambut, dikutip melalui Pulse Nigeria.

Jerawat

Jerawat di dagu

Bagi pemilik wajah sensitif, efek cuci muka pakai air beras bisa saja menimbulkan breakout yang parah pada beberapa bagian atau seluruh wajah sekaligus!

Agar hal mengerikan ini tak terjadi pada Anda, coba istirahatkan kulit selama beberapa hari tanpa menggunakan skincare manapun dan lihat perkembangan jerawat yang menghilang.

Baca Juga: Simak 8 Tips Puasa Ramadan Sehat bagi Penderita Diabetes Ini, Anjuran & Larangan

Apakah benar air beras berguna untuk kecantikan wajah?

Banyak orang yang percaya bahwa air beras berguna untuk kecantikan wajah, namun seorang ahli berkata ahli berkata bahwa hal ini belum teruji secara ilmiah.

“Kurangnya penelitian ilmiah tentang manfaat sebenarnya dari penggunaan kulit beras pada kulit atau rambut,” ucap dokter kulit bersertifikat, Ana Karp MD, dikutip dari Women’s Health Magazine.

Namun ini bukan berarti air beras tak ada nilainya sama sekali.

“Bahkan jika air beras belum teruji studi klinis atau data yang akurat, namun dengan banyaknya orang yang yang sudah merasakan manfaat dari air beras, maka ini tetaplah berpengaruh,” ujar dokter kulit bersertifikat, Blair Murphy-Rose, MD.

Itulah efek samping  cuci muka pakai air beras yang bisa saja terjadi pada Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News