Santai

Perhatikan, Ini 4 Efek Samping Kurang Minum Air Putih buat Kesehatan

Perhatikan, Ini 4 Efek Samping Kurang Minum Air Putih buat Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Siapa yang sangka kalau kurang minum air putih bisa berakibat buruk bagi kesehatan tubuh?

Air putih adalah minuman sehat yang banyak disarankan oleh ahli untuk diminum setiap hari dalam jumlah yang tepat.

Sebab jika tidak, akan muncul beberapa jenis penyakit komplikasi yang disebabkan karena kurangnya asupan air ke dalam tubuh.

Bukan cuma beberapa penyakit, berikut adalah beberapa masalah yang muncul jika Anda kurang minum air putih:

Baca Juga: Lakukan Rutin, Ini 4 Manfaat Olahraga Angkat Beban atau Weightlifting

Merasa lapar

Kurang minum air putih yang menyebabkan dehidrasi ternyata juga mengakibatkan tubuh menjadi mudah merasa lapar. Hal tersebut terjadi karena sinyal lapar dan haus berasal dari sel yang sama di otak, yaitu hypothalamus.

Hal inilah yang kemudian memicu seseorang untuk makan makanan ringan, snack, atau camilan secara tidak terkontrol. Maka dari itu penting untuk mengonsumsi cukup air sebelum makan untuk menghindari rasa lapar yang tidak terkontrol.

Sembelit

Kurangnya konsumsi air putih akan membuat masalah pencernaan menjadi terganggu. Sembelit merupakan salah satu akibat yang terjadi jika kurang minum air putih.

Laman Well and Good menjelaskan, diperlukan banyak air untuk mencerna dan memproses makanan pada usus hingga bisa keluar menjadi kotoran. Jika tubuh kekurangan air maka kecenderungan kotoran menjadi kering dan risiko sembelit pun dapat dengan mudah terjadi.

Baca Juga: 4 Manfaat Olahraga di Sore Hari, Bisa Bikin Tidur Makin Nyenyak

Moody

Seseorang yang kekurangan minum air putih juga bisa menjadi lebih moody. Kurangnya konsumsi air membuat seseorang menjadi mudah tersinggung, sensitif, dan mudah marah atau cranky.

Jika merasakan mood yang naik turun, menjadi lebih sensitif, dan cranky tanpa sebab, cobalah untuk mengonsumsi banyak air putih. Biasanya selain menjadi moody, hal lain seperti sakit kepala juga muncul sebagai akibat kurangnya konsumsi air putih bagi tubuh.

Menurunkan metabolisme

Laman Eating Well juga menyebutkan, kurang minum air putih bisa berisiko menurunkan metabolisme seseorang. Air merupakan salah satu kandungan yang selalu dibutuhkan di semua bagian tubuh untuk bisa bekerja dengan baik.

Sehingga ketika tubuh kekurangan air putih, tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik begitu juga metabolismenya. Metabolisme juga akan turun dengan mudah ketika tubuh kehilangan energi dan kekurangan air.

Sebaiknya mulai minum air putih delapan gelas per hari, ya agar terhindar dari permasalahan kurang minum air tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News