Bugar

5 Cara Merawat Kulit Kering dan Kulit Sensitif pada Bayi, Gimana?

5 Cara Merawat Kulit Kering dan Kulit Sensitif pada Bayi, Gimana?

MOMSMONEY.ID - Rawat kulit dengan tepat, inilah cara merawat kulit kering dan kulit senstif pada bayi. Penyebab munculnya kulit kering dan kulit sensitif pada bayi, yaitu kondisi udara yang kering, kebiasaan mandi yang tidak tepat, dan penggunaan produk beralkohol.

Kulit bayi cukup rentan mengalami iritasi, kemerahan, bersisik dan mengelupas. Sehingga, Anda perlu berfokus merawat kulit bayi dengan benar.

Maka dari itu, simak lima cara merawat kulit kering dan kulit sensitif pada bayi dilansir dari aveeno.co.id, yaitu: 

1. Kurangi Durasi Mandi Bayi

Cara pertama merawat kulit kering dan kulit sensitif pada bayi adalah kurangi durasi mandi bayi. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, waktu mandi yang terlalu lama dapat menghilangkan minyak alami kulit bayi.

Oleh karenanya, Anda dianjurkan untuk memandikan bayi dalam 5-10 menit saja. Tak hanya itu, Healthline juga merekomendasikan Anda untuk menggunakan air suam-suam kuku, yakni air yang tidak dingin atau panas, namun hangat dan sesuai dengan suhu tubuhnya.

Baca Juga: Simak 4 Cara Memilih Produk Perawatan Kulit Bayi Baru Lahir

2.Beri Bayi dengan Pakaian Berbahan Lembut

Cara merawat kulit kering dan kulit sensitif pada bayi selanjutnya adalah berikan bayi dengan pakaian berbahan lembut. Pakaian bayi juga dapat memengaruhi kondisi kulitnya.

Pasalnya, pakaian yang terlalu ketat dapat membuat kulit kering dan kulit sensitif pada bayi, termasuk iritasi sampai ruam kemerahan.

Sebaiknya, Anda memakaikan pakaian yang longgar dengan bahan katun lembut agar kulit bayi dapat bernapas.

3. Lindungi Bayi dari Udara Dingin

Kemudian, Anda bisa melindungi bayi dari udara dingin. Pastikan kulit bayi terlindungi dari cuaca atau udara dingin. Anda dapat memakaikan kaos kaki atau sarung tangan pada bayi saat bepergian.

Selain itu, Anda juga bisa menyelimuti bayi di kursi mobil atau gendongan untuk melindungi tubuhnya dari dari udara dingin yang dapat membuat membuat kulitnya kering.

Baca Juga: Inilah 5 Realita Hidup dalam Serial Bad Boys VS Crazy Girl

4. Pasang Humidifier

Berikutnya, Anda bisa memasang humidifier. Jika tingkat kelembapan di rumah terlalu rendah, American Academy of Pediatrics merekomendasikan Anda untuk memasang cool mist humidifier di kamar bayi.

Pemasangan humidifier ini terbukti dapat meningkatkan kelembapan ruangan dan membantu mengatasi kulit kering serta melegakan permasalahan saluran pernapasan, seperti pilek dan sesak napas.

5. Gunakan Produk Bayi dengan Kandungan Lembut

Cara merawat kulit kering dan kulit sensitif pada bayi lainnya adalah gunakan produk bayi dengan kandungan lembut. Idealnya, produk yang digunakan untuk bayi tidak boleh mengganggu pH kulit serta skin barrier-nya.

Oleh karenanya, Anda perlu memilih produk perawatan bayi yang diformulasikan khusus dengan bahan-bahan lembut, seperti gandum.

Dilansir dari Healthline, gandum dinilai sangat baik untuk melembapkan dan menenangkan kulit kering dan kulit sensitif bayi, serta menghindarkannya dari eksim dan ruam popok. 

Jadi, itulah beberapa cara merawat kulit kering dan kulit sensitif pada bayi yang bisa Anda lakukan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News