Santai

7 Cara Mengatasi Facebook Lite Tidak Bisa Dibuka, Pengguna Wajib Coba

7 Cara Mengatasi Facebook Lite Tidak Bisa Dibuka, Pengguna Wajib Coba

MOMSMONEY.ID. Pengguna wajib mencoba cara mengatasi Facebook lite tidak bisa dibuka di HP. Aplikasi Facebook di HP bisa saja mendapatkan masalah sehingga sulit untuk diakses penggunanya.

Facebook Lite menjadi inovasi pengembang menghadirkan aplikasi versi ringan atau teroptimasi dari aplikasi Facebook utama yang disederhanakan.

Aplikasi ini dikembangkan khusus untuk perangkat dengan spesifikasi rendah atau koneksi internet yang lemah.

Tentu, aplikasi Facebook Lite cocok bagi varian Android lawas yang bisa menghemat penggunaan memori.

Baca Juga: Cara Lihat DM Instagram yang Sudah Dihapus, Begini Mengembalikannya

Cara mengatasi Facebook lite tidak bisa dibuka

Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara Facebook Lite dan aplikasi Facebook reguler:

  • Ukuran Aplikasi: Facebook Lite memiliki ukuran file yang jauh lebih kecil daripada aplikasi Facebook utama. Ini memungkinkan pengguna dengan penyimpanan terbatas atau koneksi internet yang lambat untuk mengunduh dan menginstalnya dengan lebih mudah.
  • Penggunaan Data yang Rendah: Facebook Lite dirancang untuk mengoptimalkan penggunaan data. Aplikasi ini menggunakan jumlah data yang lebih sedikit dibandingkan dengan aplikasi Facebook utama saat memuat konten, mengunggah foto/video, atau menjelajahi umpan berita. Hal ini membantu pengguna dengan paket data yang terbatas menghemat kuota mereka.
  • Kecepatan dan Kinerja: Karena ukuran file yang lebih kecil dan penyesuaian untuk perangkat dengan spesifikasi rendah, Facebook Lite cenderung berjalan lebih cepat dan responsif dibandingkan dengan aplikasi Facebook utama, terutama pada perangkat dengan RAM yang terbatas atau prosesor yang lambat.
  • Fitur Terbatas: Meskipun Facebook Lite memungkinkan pengguna untuk mengakses umpan berita, profil pengguna, obrolan, dan pemberitahuan, beberapa fitur canggih mungkin tidak tersedia atau terbatas pada aplikasi Lite. Misalnya, integrasi penuh dengan aplikasi lain atau fitur yang membutuhkan sumber daya yang lebih tinggi mungkin tidak ada di Facebook Lite.

Jika aplikasi Facebook Lite tidak dapat dibuka di perangkat Anda, berikut beberapa solusi yang dapat dicoba.

Intip tahapan dari cara mengatasi Facebook lite yang tidak bisa dibuka di HP dirangkum dari Technadvise.

Baca Juga: Cek 5 Cara Beli Paket Telkomsel untuk Internet hingga Telepon

Cara mengatasi Facebook lite tidak bisa dibuka

1. Cek pembaruan aplikasi

Pastikan memiliki versi terbaru dari aplikasi Facebook Lite di toko aplikasi hingga periksa apakah ada pembaruan yang tersedia.

Pembaruan aplikasi turut berpengaruh pada performa aplikasi yang akan dibuka pada sebuah perangkat.

2. Hapus cache dan data

Pengguna bisa mencoba untuk menghapus penyimpanan cache di aplikasi. Buka bagian pengaturan lalu pilih Aplikasi dan pilih Facebook Lite.

Mulai dengan membuka opsi "Hapus Cache" dan "Hapus Data". Setelah itu, buka kembali aplikasi Facebook Lite dan coba masuk.

3. Cek perangkat terhubung ke internet

Pengguna perlue mengecek kembali koneksi internet yang stabil. Buka browser web di perangkat Anda dan coba buka beberapa situs web untuk memastikan koneksi internet berfungsi dengan baik.

4. Periksa ruang penyimpanan

Pastikan perangkat memiliki cukup ruang penyimpanan yang tersedia untuk menjalankan aplikasi. Jika penyimpanan hampir penuh, hapus beberapa file atau aplikasi yang tidak diperlukan untuk memberikan ruang yang cukup.

5. Restart perangkat

Pengguna juga bisa melakukan restart perangkat dengan mematikan dan menghidupkannya kembali. Ini dapat membantu memperbaiki masalah umum pada perangkat lunak.

6. Uninstall dan install ulang

Apabila masalah masih berlanjut, cara mengatasinya adalah dengan menghapus aplikasi Facebook Lite dari perangkat lalu menginstalnya kembali.

Pastikan pengguna menyimpan login dan kata sandi Anda sebelum menghapus aplikasi untuk memastikan Anda dapat masuk kembali setelah menginstal ulang.

7. Periksa kompatibilitas

Cek apakah perangkat kompatibel dengan aplikasi Facebook Lite. Beberapa perangkat lama mungkin tidak mendukung versi terbaru aplikasi.

Apabila setelah mencoba langkah-langkah di atas masalah masih berlanjut, Anda dapat mencoba menghubungi dukungan teknis Facebook atau mencari bantuan dari komunitas pengguna Facebook untuk mendapatkan solusi lebih lanjut.

Melalui tahapan dan cara mengatasi Facebook Lite tidak bisa dibuka oleh pengguna pada aplikasi perangkat Android.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News