Bugar

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami, Mudah Dilakukan

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami, Mudah Dilakukan

MOMSMONEY.ID - Setelah jerawat sembuh, biasanya akan memunculkan bekas jerawat. Anda bisa coba cara menghilangkan bekas jerawat secara alami berikut ini. 

Mengutip dari cnfstore.com, bekas jerawat adalah tumpukan sel kulit mati bisa menjadi sarang kuman dan bakteri. Sehingga, jerawat baru akan tumbuh dan meninggalkan bekas jerawat lainnya.

Oleh karena itu, Anda harus segera mengobatinya jika bekas jerawat dirasa tidak nyaman dan mengganggu penampilan. 

Masih bersumber dari cnfstore.com, simak lima cara menghilangkan bekas jerawat secara alami berikut:

Baca Juga: Pahami 5 Manfaat Vitamin B untuk Kulit, Perbaiki Lapisan Kulit

1. Madu

Cara pertama menghilangkan bekas jerawat dengan madu. Madu juga dapat menjadi pilihan alternatif  untuk menghilangkan bekas jerawat membandel.

Madu memiliki khasiat sebagai zat antibiotik yang membantu penyembuhan luka secara alami. Bahan alami ini cocok digunakan untuk bekas jerawat memerah maupun menghitam.

Selain menghilangkan bekas jerawat, madu juga cocok digunakan saat Anda sedang berjerawat.

2. Lidah buaya

Selanjutnya, bekas jerawat dipercaya bisa hilang dengan bahan lidah buaya. Hal ini dikarenakan lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri.

Sifat tersebut sangat berguna untuk memperbaiki masalah kulit dan menjaga kesehatan kulit. Lidah buaya juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh terhadap peradangan sehingga dapat mengurangi kemunculan bekas jerawat.

Manfaat lain dari lidah buaya adalah meningkatkan produksi serat kolagen dan elastin. Serat ini berfungsi untuk memperbaiki bekas luka dan menyamarkan noda hitam di wajah.

Kolagen dan elastin juga dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan. Selain bekerja optimal untuk menghilangkan bekas jerawat Anda, lidah buaya juga bisa membuatmu tampak awet muda. 

Baca Juga: Inilah 3 Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih Agar Manfaatnya Maksimal, Sudah Tahu?

3. Minyak kelapa

Ternyata minyak kelapa bisa menghilangkan bekas jerawat di wajah. Minyak kelapa mengandung zat antioksidan, vitamin K, dan vitamin E yang baik untuk merawat kesehatan kulit. Kandungan-kandungan tersebut juga bermanfaat untuk membantu perbaikan kulit serta menstimulasi regenerasi kulit.

Penggunaan minyak kelapa juga bisa memicu adanya produksi kolagen pada kulit sehingga membuat kulit Anda menjadi lebih halus, lembut, dan yang pasti terhindar dari jerawat maupun bekas jerawat.

4. Kentang

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami berikutnya adalah kentang. Hal ini dikarenakan kentang memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin A, B, C, zat besi, potasium, dan fosfor.

Kandungan-kandungan tersebut dapat membantu regenerasi kulit, mengangkat sel kulit mati, mencerahkan wajah, dan mencegah penuaan dini. Bahan alami satu ini bisa membuat kulit wajahmu cerah dan terhindar dari noda hitam membandel.

Baca Juga: Inilah 5 Minuman untuk Memperlambat Penuaan Dini, Konsumsi yuk

5. Kunyit

Cara lain menghilangkan bekas jerawat dengan kunyit. Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka.

Bahan alami satu bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat menghitam, memerah, dan bopeng. Banyak orang menggunakan kunyit dengan campuran perasan lemon, karena dinilai lebih ideal untuk regenerasi kulit dan mencerahkan kulit wajah.

Namun, campuran tersebut kurang cocok bagi Anda yang berkulit sensitif karena kadar keasaman yang tinggi dari lemon bisa memicu iritasi.

Tidak perlu khawatir, penggunaan kunyit tanpa campuran bahan lainnya pun sudah cukup optimal untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami.

Jadi, itulah beberapa cara menghilangkan bekas jerawat secara alami. Pastikan bahan alami yang Anda pakai tidak menimbulkan alergi atau iritasi pada wajah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News