Keluarga

6 Cara Memilih Bedak untuk Kulit Sensitif biar Tidak Iritasi, Tidak Sulit!

6 Cara Memilih Bedak untuk Kulit Sensitif biar Tidak Iritasi, Tidak Sulit!

MOMSMONEY.ID - Ini 6 cara memilih bedak untuk kulit sensitif biar tidak iritasi. Bisa tetap cantik walau kulit mudah meradang.

Kulit sensitif terjadi saat muncul reaksi buruk pada kulit karena ujung-ujung syaraf di permukaan kulit mengalami iritasi.

Reaksi yang muncul bisa berupa ruam kemerahan, bengkak, kulit kasar, petak-petak kering, beruntusan berisi cairan, kulit berkerak, dan kulit mengelupas. Kulit juga bisa terasa gatal, perih, terbakar, dan bahkan sakit. 

Ada banyak faktor penyebab kulit sensitif, di antaranya paparan bahan-bahan tertentu yang terkandung di dalam produk skincaremakeup, body care, serta produk pembersih rumah tangga seperti detergen dan pembersih lantai.

Kondisi kulit tertentu seperti kulit kering, dehidrasi, eksim, rosacea, dan psoriasis juga dapat membuat kulit menjadi sensitif.

Kulit sensitif mengharuskan para pemiliknya untuk cermat dalam memilih produk, tidak terkecuali bedak. Melansir laman Maybelline, ada 6 cara memilih bedak untuk kulit sensitif biar tidak iritasi. Simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Ini 4 Tanda Micellar Water Tidak Cocok untuk Kulit Anda, Catat Ya!

1. Pilih bedak dengan label hypoallergenic

Cara memilih bedak untuk kulit sensitif yang pertama, pilih bedak dengan label hypoallergenic.

Ingat, salah satu pemicu kulit sensitif adalah alergi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari paparan alergen di kulit.

Saat memilih produk makeup apapun termasuk bedak untuk kulit sensitif, pastikan produk tersebut memiliki label hypoallergenic. Hypoallergenic sendiri artinya tidak mengandung bahan-bahan pencetus reaksi alergi serta iritasi di kulit wajah.

Adapun beberapa bahan yang termasuk alergen adalah pengawet, pewangi atau parfum, pewarna, dan logam berat.

2. Pastikan bedak bersifat non-comedogenic

Cara memilih bedak untuk kulit sensitif yang kedua, memastikan bedak bersifat non-comedogenic.

Bedak yang memiliki label non-comedogenic berarti bebas dari bahan-bahan yang dapat menyumbat pori-pori serta memicu jerawat dan peradangan. Bahan-bahan ini termasuk minyak kelapa, minyak sawit, mineral oil, beberapa jenis wax dan butter, serta petroleum jelly.

Jadi, jangan lupa cek label non-comedogenic sebelum membeli atau menggunakan produk bedak tertentu jika Anda memiliki kulit sensitif, ya, Moms.

Baca Juga: Keringat Berlebih Mengganggu? Ini 4 Cara Menghentikan Keringat Berlebih dengan Mudah

3. Pilih bedak khusus kulit sensitif

Cara memilih bedak untuk kulit sensitif yang ketiga, memilih bedak khusus kulit sensitif.

Produk makeup dari brand yang kredibel biasanya memberikan informasi tentang jenis dan kondisi kulit apa saja yang diperbolehkan untuk memakai produknya.

Melalui informasi tersebut, Anda dapat memastikan apakah produk makeup pilihan Anda aman atau tidak untuk digunakan oleh kulit yang sensitif.

Biasanya, produk-produk khusus kulit sensitif misalnya bedak, memiliki formula yang ringan dan lembut sehingga tidak memicu iritasi pada kulit yang sensitif.

4. Berkonsultasi dengan dokter kulit

Cara memilih bedak untuk kulit sensitif yang keempat, berkonsultasi dengan dokter kulit.

Mungkin, orang-orang yang memiliki kondisi kulit normal tidak pernah berpikir untuk berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum membeli produk makeup.

Namun, Anda yang memiliki kulit sensitif sangat disarankan untuk melakukannya guna menghindari reaksi buruk yang tidak diinginkan.

Jadi, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dokter kulit dulu sebelum membeli bedak untuk memastikan bedak tersebut aman digunakan pada kulit sensitif Anda.

Baca Juga: Kenali 4 Manfaat Baby Oil untuk Wajah, Melembabkan Kulit!

5. Lakukan patch test

Cara memilih bedak untuk kulit sensitif yang kelima, melakukan patch test. Para dokter kulit menyarankan pemilik kulit sensitif untuk selalu melakukan patch test atau uji tempel saat mencoba produk baru termasuk bedak.

Caranya, cukup oleskan sedikit bedak pada kulit leher di belakang telinga atau di tangan bagian dalam. Kemudian, biarkan semalaman atau seharian.

Jika tidak ada reaksi buruk apapun yang muncul di kulit, berarti bedak tersebut terbukti aman untuk dipakai.

6. Pakai bedak secara perlahan

Cara memilih bedak untuk kulit sensitif yang keenam, memakai bedak secara perlahan.

Jika Anda sudah mendapatkan bedak yang dinilai aman untuk kulit sensitif Anda, maka jangan langsung memakainya setiap hari. Sebaiknya, coba gunakan bedak sebanyak 2-3 kali seminggu untuk mengenalkan kandungan bedak ke kulit wajah dan mengetahui reaksinya.

Apabila tidak ada reaksi buruk, Anda bisa meningkatkan frekuensi pemakaian bedak sampai bedak benar-benar terbukti aman untuk digunakan setiap hari.

Demikian 6 cara memilih bedak untuk kulit sensitif biar tidak iritasi. Semoga bermanfaat, ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News