Bugar

Simak 8 Cara Mengatasi Badan Lemas dan Kurang Fit, Catat Tips Ini

Simak 8 Cara Mengatasi Badan Lemas dan Kurang Fit, Catat Tips Ini

MOMSMONEY.ID. Periksa informasi cara mengatasi badan lemas dan kurang fit. Kondisi tubuh dapat berubah-ubah sesuai dengan kegiatan dan pola makan sehari-hari.

Kondisi badan lemas akan timbul ketika seseorang merasa kehilangan energi dan stamina, sehingga tubuh terasa lemah dan kurang bertenaga.

Tentu, kondisi ini dapat mengganggu aktivitas saat seseorang membutuhkan tenaga dalam pekerjaan tertentu.

Hal ini tidak terlepas dengan faktor seperti pola tidur, makan, hingga riwayat penyakit yang menyertai.

Baca Juga: 8 Langkah Persiapan Sebelum Tes Kesehatan, Intip Tipsnya

Cara mengatasi badan lemas

Meskipun sudah makan secara teratur, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kondisi badan lemas.

Penyebab badan lemas dan kurang fit

Simak beberapa penyebab badan lemas dan kurang fit secara umum:

  • Kurang Tidur: Kurang tidur atau tidur yang tidak berkualitas dapat menyebabkan tubuh kekurangan energi dan membuat Anda merasa lemas.
  • Kurang Aktivitas Fisik: Kurangnya aktivitas fisik atau gaya hidup yang kurang aktif dapat menyebabkan kelemahan otot dan menyebabkan tubuh terasa lemas.
  • Gangguan Nutrisi: Meskipun makan secara teratur, mungkin ada kekurangan nutrisi tertentu dalam diet yang dapat menyebabkan kelelahan dan kelemahan. Misalnya, kekurangan zat besi, vitamin B12, atau asam folat dapat menyebabkan anemia dan membuat tubuh terasa lemah.
  • Dehidrasi: Kurang minum air atau dehidrasi dapat menyebabkan penurunan energi dan kelelahan.
  • Stres dan Kecemasan: Tingkat stres yang tinggi atau kecemasan yang berkepanjangan dapat menguras energi dan membuat tubuh terasa lemas.
  • Penyakit atau Infeksi: Beberapa kondisi medis atau infeksi, seperti flu, pilek, atau penyakit kronis, dapat menyebabkan tubuh terasa lemas dan kehilangan energi.

Untuk itu, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi badan lemas dan kurang fit.

Anda bisa menerapkannya mulai dari hitungan mingguan hingga bulanan, apabila tidak ada perubahan Anda bisa cek kesehatan ke dokter.

Berikut solusi praktis yang bisa dicoba untuk membangkitkan kembali tenaga dari dalam tubuh, dirangkum dari NHS UK.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Cacingan pada Anak dan Langkah Pencegahan Penularan

Cara mengatasi badan lemas dan kurang fit

1. Nutrisi yang Seimbang

Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang seimbang, termasuk karbohidrat, protein, lemak sehat, serat, serta vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, ikan, dan daging tanpa lemak untuk mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

Anda bisa menghindari makanan olahan yang tinggi garam, dan lemak jenuh, karena dapat menyebabkan penurunan energi. Sehingga salah satunya adalah mengurangi makanan gorengan dan bertepung secara bertahap.

2. Cukupi Kebutuhan Cairan

Pastikan Anda minum cukup air setiap hari untuk mencegah dehidrasi yang dapat menyebabkan kelelahan. Hindari minuman berkafein yang dapat menyebabkan dehidrasi lebih lanjut.

Anda bisa mencoba untuk minuman yang rendah gula dan sehat seperti smoothies dari buah-buahan.

3. Tidur yang Cukup

Cara mengatasi badan lemas adalah usahakan untuk tidur dengan cukup setiap malam. Setiap orang dewasa direkomendasikan untuk tidur malam sekitar 7-8 jam.

Hal ini berguna agar tubuh dapat pulih dan memperoleh energi yang cukup. Buat rutinitas tidur yang teratur dan ciptakan lingkungan tidur yang nyaman dan tenang.

4. Olahraga dan Aktivitas Fisik

Lakukan olahraga ringan secara teratur untuk meningkatkan sirkulasi darah, menguatkan otot, dan meningkatkan energi tubuh. Pilih aktivitas yang bisa dinikmati, seperti berjalan kaki, bersepeda, atau yoga, dan lakukan dengan konsisten.

5. Kelola Stres dan Kecemasan

Cari cara untuk mengelola stres, seperti dengan meditasi, relaksasi, atau kegiatan yang menyenangkan. Sediakan waktu untuk melakukan aktivitas yang disukai dan yang dapat membantu meredakan stres.

6. Istirahat secara teratur

Jangan ragu untuk memberikan waktu istirahat yang cukup dalam rutinitas harian. Beristirahat secara teratur dapat membantu memulihkan energi tubuh.

Saat badan lemas dan lelah, istirahatlah sejenak atau tidur pada siang hari untuk mengembalikan energi.

7. Hindari Makanan Rendah Serat dan Cairan

Anda bisa memulai batasi konsumsi makanan olahan, makanan tinggi lemak, dan makanan tinggi gula yang dapat membuat tubuh mudah mengantuk. Selain itu hindari juga minuman berkafein dan alkohol yang dapat menyebabkan dehidrasi.

Apabila tubuh mengalami dehidrasi, nantinya cairan tubuh akan terus berkurang dan menyebabkan ketidakseimbangan ion.

8. Periksa Kesehatan

Apabila badan lemas berkepanjangan atau disertai gejala lain yang mengganggu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Mungkin ada kondisi medis yang perlu diidentifikasi dan ditangani.

Gejala lain saat badan lemas bisa ditunjukkan dengan rasa kantuk setelah makan berat.

Kenapa badan lemas setelah makan?

Berikut alasan kenapa badan terasa lemas dan letih setelah makan.

  • Peningkatan produksi insulin: Setelah makan makanan yang mengandung karbohidrat, tubuh akan merespons dengan meningkatkan produksi insulin untuk membantu mengatur kadar gula darah. Insulin dapat mempengaruhi keseimbangan zat kimia di otak, termasuk meningkatkan produksi serotonin yang dapat membuat Anda merasa mengantuk.
  • Konsumsi makanan berat: Jika Anda makan makanan yang berat atau mengandung banyak lemak, protein, atau karbohidrat kompleks, tubuh akan membutuhkan lebih banyak energi untuk mencernanya. Proses pencernaan yang membutuhkan energi yang banyak ini dapat menyebabkan penurunan energi dan rasa mengantuk.

Apabila badan lemas lemas berkepanjangan meski makan secara teratur, penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat melakukan pemeriksaan dan menganalisis faktor-faktor yang mungkin menyebabkan kondisi lemas Anda.

Nantinya, dokter juga dapat memberikan saran atau melakukan tes lebih lanjut untuk menentukan penyebab yang mendasarinya dan memberikan penanganan yang tepat.

Demikian rekomendasi dari cara mengatasi badan lemas dan kurang fit dengan mudah secara bertahap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News