Keluarga

5 Cara Eksfoliasi yang Benar Sesuai Jenis Kulit, Glowing Tanpa Iritasi!

5 Cara Eksfoliasi yang Benar Sesuai Jenis Kulit, Glowing Tanpa Iritasi!

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 5 cara eksfoliasi yang benar sesuai jenis kulit di sini.

Eksfoliasi merupakan salah satu perawatan kulit dasar yang perlu dilakukan untuk mendapatkan kulit yang sehat.

Jika Anda malas melakukan eksfoliasi, kulit Anda akan tampak kusam, bersisik, berjerawat, dan bahkan terasa kasar akibat sel kulit yang menumpuk.

Beda jenis kulit, maka beda pula cara eksfoliasinya. Sebagai panduan, berikut MomsMoney bagikan informasi tentang 5 cara eksfoliasi yang benar sesuai jenis kulit, dilansir dari Healthy Skin:

Baca Juga: Ini Cara Memilih Furnitur yang Tepat untuk Area Outdoor

1. Cara eksfoliasi yang benar untuk kulit normal

Kulit normal dapat melakukan eksfoliasi 2-3 kali seminggu. Meskipun kulit normal memiliki lebih banyak pilihan, namun jika Anda melakukan eksfoliasi terlalu sering, kulit Anda akan mendapatkan lebih banyak kerugian daripada manfaat.

Anda dapat melakukan eksfoliasi secara manual dengan produk berbentuk scrub yang terbuat dari gula pasir atau biji aprikot yang dihancurkan. Mulailah secara perlahan dan lihat apa yang dapat ditoleransi oleh kulit Anda.

Orang dengan jenis kulit normal yang tidak memiliki masalah kulit kronis apapun dapat memilih chemical maupun physical exfoliation.

2. Cara eksfoliasi yang benar untuk kulit berminyak

Jika Anda memiliki kulit berminyak, sangat penting untuk melakukan eksfoliasi secara teratur agar masalah jerawat, komedo, dan pori-pori tersumbat tidak muncul. Anda bisa melakukan eksfoliasi menggunakan salicylic acid, namun pastikan untuk tidak melakukannya secara berlebihan.

Jenis kulit berminyak akan lebih baik jika memilih physical exfoliation dengan menggunakan brush atau scrub. Pasalnya, chemical exfoliator cenderung kurang efektif dalam menghilangkan minyak yang menumpuk.

Jika menggunakan scrub, pastikan untuk mengaplikasikannya menggunakan ujung jari dengan gerakan memutar kecil yang ringan. Sementara itu, pengguna brush sebaiknya menggunakan sapuan yang lebih pendek atau tipis. Setelah itu, lakukan eksfoliasi selama sekitar 30 detik sebelum membilas kulit dengan air hangat (bukan air panas).

3. Cara eksfoliasi yang benar untuk kulit kering

Jika Anda tidak melakukan eksfoliasi secara teratur, lapisan sel kulit mati akan berada di bagian paling atas kulit. Sehingga, menyulitkan produk perawatan kulit lainnya untuk menembus dan melakukan tugasnya seperti melembabkan.

Selain itu, apabila Anda melewatkan eksfoliasi, kulit kering Anda akan menjadi bersisik dan tampak kusam.

Seperti halnya kulit sensitif, kulit kering tidak memerlukan scrub kasar atau produk yang bersifat agresif. Jadi, hindari physical exfoliation pada kulit kering, karena prosesnya akan meningkatkan kekeringan kulit dan menyebabkan robekan mikro.

Untuk mengeksfoliasi kulit kering, Anda bisa memilih chemical exfoliator yang mengandung AHA seperti glycolic acid. Glycolic acid akan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang ada di permukaan kulit sekaligus mendorong pergantian kulit yang sehat.

Baca Juga: Ini Penyebab Bau Plastik Terbakar di Rumah, Bisa Sebabkan Kebakaran

4. Cara eksfoliasi yang benar untuk kulit kombinasi

Jika Anda memiliki kulit kombinasi (T-zone berminyak sementara area pipi kering), maka Anda harus memperbanyak eksfoliasi di area T-zone.

Setelah eksfoliasi, lanjutkan dengan mengoleskan pelembab secara perlahan ke area kulit yang kering dan hindari mengoleskannya terlalu banyak di area wajah yang berminyak.

Orang dengan kulit kombinasi sering kali mendapatkan manfaat maksimal dari physical maupun chemical exfoliation. Namun, jenis kulit kombinasi tidak boleh melakukan keduanya pada hari yang sama.

5. Cara eksfoliasi yang benar untuk kulit sensitif

Orang dengan kulit sensitif pun perlu melakukan eksfoliasi secara teratur. Jadi, pastikan Anda melakukannya dengan lembut dan hanya 1-2 kali seminggu.

Karena kulit sensitif cenderung mudah kemerahan, teriritasi, dan kering, maka carilah produk eksfoliasi yang mengandung lactic acid di dalamnya.

Lactic acid tidak hanya mampu mengeksfoliasi kulit dengan lembut, tetapi juga dapat memberikan hidrasi yang sangat dibutuhkan kulit pada saat yang bersamaan.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, hindarilah physical exfoliation. Pasalnya, metode ini bisa menjadi terlalu keras untuk kulit Anda. Jenis kulit sensitif sangat disarankan untuk menggunakan chemical exfoliator, karena minim menyebabkan iritasi atau kemerahan.

Demikian 5 cara eksfoliasi yang benar sesuai jenis kulit. Jangan keliru lagi, ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News