Keluarga

5 Cara Agar Anak Gemar Membaca, Hindari Risiko Kecanduan Gadget!

5 Cara Agar Anak Gemar Membaca, Hindari Risiko Kecanduan Gadget!

MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda, meningkatkan minat dan kegemaran membaca pada anak dapat menjadi terapi menurunkan risiko kecanduan gadget yang berlebih sedari dini?

Tentu tak mudah agar anak gemar membaca, apabila memang tak dibiasakan sedari dini.

Ada banyak cara yang bisa Moms lakukan untuk menumbuhkan kegemaran membaca pada anak-anak. Yuk intip apa saja cara agar anak gemar membaca, seperti dilansir dari Lemonilo, berikut ini!

Jadi tokoh teladan baginya

Agar anak jadi gemar membaca, jadilah orang tua yang teladan bagi mereka. Anda bisa rutin membaca buku, koran, dan sebagainya. Usahakan untuk membaca di depan anak.

Lama kelamaan, rasa penasaran pasti akan tumbuh di benak si kecil. Dari sinilah orang tua dapat menunjang rasa ingin tahu anak dan mengubahnya menjadi kegemaran membaca.

Baca Juga: Wajib Diterapkan Orang Tua, Ikuti Cara Kurangi Kecanduan Gadget Pada Anak

Beri buku sejak kecil

Sejumlah Anak Membaca Buku di Perpustakaan Keliling

Memberi buku bacaan pada anak adalah salah satu cara untuk memperkenalkan mereka pada buku.

Moms dapat membelikan buku dongeng bergambar & membacakannya pada anak-anak. Semakin dini seorang anak diperkenalkan dengan buku, maka semakin tinggi minat membacanya.

Baca Juga: 4 Hal yang Sebaiknya Orang Tua Lakukan saat Anak Sedang Sedih

Berikan buku yang diinginkan

Tumbuhkan kegemaran membaca anak dengan memberikan buku yang ia inginkan.

Bukubuku tersebut bisa jadi merupakan buku komik, dongeng bergambar, majalan anak, buku pengetahuan, hingga buku tentang karakter favoritnya.

Sebagai orang tua, Anda wajib mendukung kesukaannya sebagai salah satu cara untuk memberikan pengalaman positif pada anak saat sedang membaca.

Anda juga dapat memperkenalkan anak pada buku dengan beragam tema bahasan yang bisa memperluas pengetahuan anak tentang suatu hal.

Baca Juga: 5 Manfaat Bermain di Luar Rumah untuk Anak-Anak, Jangan Dilarang ya Moms!

Berikan tempat yang nyaman untuk membaca

Dengan memberikan tempat atau ruangan khusus yang super nyaman, maka minat dan kegemaran anak pada buku akan semakin meningkat seiring berjalannya waktu.

Pastikan Anda menyediakan tempat dengan pencahayaan yang baik agar mata anak tak mudah lelah saat membaca. Sediakan juga bangku dan meja yang dapat mudah dijangkau anak.

Jika perlu, belilah rak buku khusus untuk menyimpan berbagai buku koleksi si kecil.

Baca Juga: 4 Cara Menenangkan Anak Tanpa Gadget yang Harus Moms Tahu, Pasti Efektif!

Ajak pergi ke toko buku & perpustakaan

Sesekali, Moms wajib mengajak si kecil untuk pergi ke toko buku/perpustakaan & membiarkannya membeli buku apapun yang ia inginkan.

Dengan banyaknya koleksi buku yang tertata rapih di dalam perpustakaan-toko buku, maka anak dapat merasakan suasana tenang yang bisa mendukung daya minat dan kegemaran membaca mereka.

Mereka juga dapat merasakan sendiri bagaimana atmosfer ruangan yang dipenuhi dengan orang-orang yang sibuk membaca.

Jangan lupa untuk memberitahu anak agar tidak berisik saat berada di ruangan seperti perpustakaan, supaya tak mengganggu orang lain.

Itulah beberapa cara membangun kegemaran membaca anak yang bisa dilakukan para orang tua sejak dini. Dengan cara-cara di atas, MomsMoney jamin anak-anak akan terhindari dari kecanduan terhadap gadget.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News