Keluarga

5 Manfaat Bermain di Luar Rumah untuk Anak-Anak, Jangan Dilarang ya Moms!

5 Manfaat Bermain di Luar Rumah untuk Anak-Anak, Jangan Dilarang ya Moms!

MOMSMONEY.ID - Inilah 5 manfaat bermain di luar rumah untuk anak-anak, apa saja?

Di era serba digital seperti saat ini, mungkin cenderung sulit untuk menemukan anak-anak yang bermain di luar rumah atau ruangan.

Sebaliknya, lebih banyak anak-anak yang disibukkan dengan aktivitas bermain gadget atau video game di dalam rumah.

Dibandingkan anak yang gemar menarik diri di dalam rumah, anak-anak yang lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah sekali pun hanya untuk bermain cenderung mampu berinteraksi dengan lebih efektif lho Moms.

Selengkapnya, berikut 5 manfaat bermain di luar rumah untuk anak-anak yang dilansir dari Miracle Recreation, MomJunction, dan Firstcry Parenting.

Baca Juga: 3 Varian Sunscreen Skintific untuk Melindungi Kulit dari Bahaya Sinar UV

1. Meningkatkan keterampilan motorik

Manfaat bermain di luar rumah untuk anak-anak yang pertama yaitu meningkatkan keterampilan motorik.

Bermain di luar rumah akan membuat keterampilan motorik anak menjadi jauh lebih maju dibandingkan anak-anak yang selalu beraktivitas di dalam rumah. Keterampilan motorik ini termasuk koordinasi, keseimbangan, dan kelincahan.

Saat anak terbiasa bermain di luar rumah, mereka akan cenderung bergerak dengan cara yang menantang otot, tulang, dan ketahanan fisik.

Pada akhirnya, kebiasaan bermain di luar ruangan akan melatih kemampuan fisik anak, memperkuat tubuh, sekaligus meningkatkan rasa percaya diri anak terhadap kemampuannya sendiri.

2. Meningkatkan kesehatan

Manfaat bermain di luar rumah untuk anak-anak yang kedua yaitu meningkatkan kesehatan.

Perkembangan fisik sama pentingnya dengan perkembangan mental. Dan, bermain di luar rumah dapat menjadi latihan yang sangat baik bagi anak-anak untuk mengembangkan fisik mereka.

Ketika anak-anak menikmati permainan di luar rumah, mereka akan mengalami peningkatan aktivitas fisik yang pada gilirannya akan sekaligus meningkatkan energi serta stamina mereka sepanjang hari.

Selain itu, bermain di luar rumah juga akan meningkatkan kebugaran dan kekebalan tubuh anak dengan cara melenturkan otot, memperkuat persendian, serta meningkatkan kelincahan. Plus, anak akan mudah mendapatkan asupan sinar matahari yang dibutuhkan saat mereka bermain di luar rumah baik sendiri maupun bersama teman-temannya.

3. Membangkitkan rasa ingin tahu dan mengembangkan kreativitas

Manfaat bermain di luar rumah untuk anak-anak yang ketiga yaitu membangkitkan rasa ingin tahu dan mengembangkan kreativitas.

Hal-hal sekecil apapun yang anak temukan ketika mereka bermain di luar rumah tetap dapat memukau dan menarik inspirasi mereka.

Baik itu bermain pasir di area bermain atau berlarian bersama teman-teman di halaman sekolah, menghabiskan waktu di luar rumah mampu secara efektif meningkatkan kreativitas mereka.

Bermain di luar rumah akan memberikan anak ruang terbuka yang minim batasan sehingga bisa memberikan mereka kebebasan yang lebih banyak sekaligus membangkitkan imajinasi mereka. Yang tidak kalah penting, permainan di luar rumah akan membantu anak untuk cepat belajar dan menerima banyak informasi.

Baca Juga: Bekas Jerawat Auto Pudar, 5 Essential Oil untuk Mengatasi Hiperpigmentasi pada Wajah

4. Meningkatkan rentang perhatian

Manfaat bermain di luar rumah untuk anak-anak yang keempat yaitu meningkatkan rentang perhatian.

Salah satu manfaat utama dari bermain di luar rumah dan menghabiskan waktu di alam adalah meningkatkan perhatian terutama bagi anak kecil yang mengidap ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Tak sampai di situ, bermain di luar rumah juga diklaim dapat meningkatkan kinerja anak di sekolah.

Tidak seperti aktivitas di dalam kelas, menikmati waktu di luar ruangan merupakan bagian dari rekreasi.

Meskipun begitu, bermain di luar rumah tetap membutuhkan konsentrasi yang mana konsentrasi yang baik erat kaitannya dengan kesehatan mental yang baik pula.

5. Meningkatkan keterampilan komunikasi

Manfaat bermain di luar rumah untuk anak-anak yang kelima yaitu meningkatkan keterampilan komunikasi.

Ketika anak berada di taman bermain atau taman, mereka memiliki banyak kesempatan untuk bertemu dengan anak-anak lainnya sekaligus memupuk persahabatan.

Saat anak Anda berhasil mendapatkan teman baru serta mampu berbicara satu sama lain dan bermain secara bergiliran tanpa pengawasan orang dewasa, besar kemungkinan anak akan memperoleh dan meningkatkan keterampilan sosial serta komunikasi mereka tanpa disadari.

Faktanya, keterampilan sosial dan komunikasi yang baik perlu diasah sedari dini karena dapat sangat bermanfaat bagi masa depan anak. Jadi, pastikan Anda mendorong anak Anda untuk bermain di luar rumah bersama anak-anak lainnya terutama ketika mereka sudah menghabiskan lebih banyak waktu di dalam rumah ya Moms.

Demikian 5 manfaat bermain di luar rumah untuk anak-anak. Luar biasa kan, Moms?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News