Keluarga

5 Bumbu Dapur Alternatif Pengganti Chili Oil, Bisa Dikreasikan Jadi Aneka Masakan

5 Bumbu Dapur Alternatif Pengganti Chili Oil, Bisa Dikreasikan Jadi Aneka Masakan

MOMSMONEY.ID - Tak punya bumbu chili oil tapi ingin memasak aneka masakan pedas, terutama Chinese food? Coba beberapa bumbu alternatif berikut ini, yuk.

Beberapa bumbu dapur yang MomsMoney rekomendasikan punya rasa yang tak kalah pedas dari chili oil. Ini dia di antaranya.

Chili garlic oil

Chili garlic oil

Chili garlic oil juga merupakan salah satu bahan alternatif pengganti chili oil. Namun sesuai dengan namanya, bumbu yang satu ini memiliki rasa bawang putih yang cukup kuat.

Tapi tenang saja, chili garlic oil memiliki rasa pedas & sedikit manis, sebab ada tambahan gula sebagai penambah cita rasa.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Jenis Mie Jepang yang Wajib Dicoba, Ada yang Warnanya Transparan

Kecap pedas

Kecap pedas yang bisa dibeli botolan di minimarket bisa jadi salah satu opsi pengganti chili oil.

Udang Panggang Kecap Pedas

Kecap pedas biasanya disajikan sebagai cocolan untuk sushi, ayam goreng, tahu goreng, dan hidangan gurih lainnya. Tentu saja bumbu yang satu ini bertekstur lebih encer dibandingkan chili oil.

Keunggulan kecap pedas yakni memberikan rasa pedas & umami yang tak dimiliki chili oil.

Gochujang

Gochujang

Baca Juga: Daftar 7 Makanan Berwarna Hitam yang Ada di Dunia, Semua Punya Kesan Mewah

Gochujang bisa menjadi salah satu bahan alternatif pengganti chili oil. Bumbu pasta cabai asal Korea ini punya rasa yang cukup unik, sebab ia memadukan rasa pedas yang pekat dengan sedikit sensasi manis.

Jika dibandingkan dengan chili oil, gochujang punya tekstur yang cukup kental layaknya pasta bumbu. Namun soal rasa, gochujang cukup bagus untuk menggantikan chili oil.

Saus Szechuan

Sama-sama berasal dari Tiongkok, Saus Szechuan sangat pas dijadikan sebagai bahan alternatif pengganti chili oil di sebagian besar resep masakan Tionghoa.

saus szechuan

Baca Juga: 5 Bahan Alternatif Pengganti Mentega dalam Proses Baking, Bikin Kue Tetap Lezat!

Melansir Subtitute Cooking, saus Szechuan terbuat dari merica Szechuan & memiliki tekstur lebih kental dibandingkan chili oil

Saus ini dapat menggantikan minyak cabai di sebagian besar resep dan terbuat dari merica Sichuan. Saus ini lebih kental dibandingkan minyak cabai.

Namun, berhati-hatilah saat akan menambahkan saus ini ke dalam masakanmu. Sebab saus Szechuan punya rasa yang sangat pedas melebihi chili oil.

Szechuan Cold Noodle

Cayenne pepper + peanut oil

Dari segi tekstur, maka kombinasi antara cayenne pepper dengan peanut oil adalah yang paling mendekati. Pasti Anda bertanya-tanya, mengapa harus peanut oil?

Baca Juga: 8 Negara yang Punya Makanan Paling Pedas di Dunia, Ada Indonesia Juga!

Jawabannya adalah karena peanut oil memiliki rasa yang paling mirip dengan chili oil kebanyakan. Apabila Anda tak ingin menggunakan peanut oil, bisa juga menggunakan minyak almond, minyak zaitun, minyak wijen, minyak sayur, dan aneka minyak lainnya.

Melansir dari Also The Crumbs Please, cara membuatnya adalah dengan mencampurkan minyak panas sebanyak 2,5 kali lipat dibandingkan porsi cayenne pepper.

Itulah berbagai bahan alternatif pengganti chili oil yang bisa Moms jadikan sebagai bumbu masakan di berbagai resep pilihan. Jangan ragu mencoba bumbu-bumbu di atas.

Selanjutnya: Airlangga: Sebanyak 38 Negara Anggota Setuju Indonesia Bergabung dengan OECD

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News