Keluarga

Ampuh Usir Bau Badan, Ini 5 Pengganti Deodoran dari Bahan Alami

Ampuh Usir Bau Badan, Ini 5 Pengganti Deodoran dari Bahan Alami

MOMSMONEY.ID - Kehabisan deodoran? Ini 5 pengganti deodoran dari bahan alami yang ampuh usir bau badan tidak sedap.

Deodoran merupakan produk perawatan tubuh yang terbilang efektif untuk membantu melawan bau badan tidak sedap dengan cepat.

Kendati bermanfaat, bahan-bahan yang terkandung di dalam deodoran komersial mungkin cenderung keras dan mengiritasi kulit. Dalam beberapa kasus, bau badan justru semakin parah setelah dioleskan deodoran.

Sebagai alternatif, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk menggantikan deodoran yang dijual di pasaran. Selain tawas, ada bahan-bahan alami lainnya dapat bekerja dengan baik dalam melawan bau badan tidak sedap.

Selengkapnya, berikut 5 pengganti deodoran dari bahan alami yang ampuh usir bau badan tidak sedap sebagaimana dilansir dari Byrdie.

Baca Juga: 4 Tontonan Netflix Bernuansa Islami, Cocok Ditonton buat Ngabuburit

1. Minyak kelapa

Pengganti deodoran dari bahan alami yang pertama adalah minyak kelapa.

Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri alami yang membantu membunuh bakteri penyebab bau badan. Hal ini menjadikan minyak kelapa sebagai alternatif yang sangat baik untuk deodoran komersial.

Tidak mengiritasi kulit, minyak kelapa bisa berfungsi dengan baik saat dikombinasikan dengan essential oil sebagai pewangi.

2. Tea tree oil

Pengganti deodoran dari bahan alami yang kedua adalah tea tree oil.

Tak hanya bagus untuk mengobati jerawat, tea tree oil atau minyak pohon teh juga bisa menjadi pengganti deodoran yang efektif. Sebagai agen antijamur, tea tree oil dapat membantu melawan bakteri penyebab bau badan.

Anda bisa mencampurkan tea tree oil dengan minyak kelapa untuk menciptakan deodoran alami yang sempurna. Campurkan sekitar 10 tetes tea tree oil dengan 1/2 cangkir minyak kelapa, kemudian aduk rata. Untuk pemakaian jangka panjang, Anda dapat menyimpan campuran ini ke dalam wadah kecil dan aplikasikan pada ketiak kapan pun saat dibutuhkan.

3. Charcoal

Pengganti deodoran dari bahan alami yang ketiga adalah charcoal.

Charcoal tidak akan menghalangi keringat seperti antiperspiran berbahan dasar aluminium yang memblokir saluran ekrin. Akan tetapi, charcoal dapat menyerap kelembaban sehingga efektif dalam menyerap kelembaban pada ketiak. Ditambah lagi, charcoal memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mencegah bau badan.

Untuk membuat deodoran alami dari charcoal, tambahkan 1/2 sendok teh bubuk charcoal aktif ke dalam 1/4 cangkir minyak kelapa, lalu oleskan secara tipis-tipis ke ketiak.

Baca Juga: Inilah Pengganti Gula yang Alami dan Sehat untuk Dikonsumsi, Cek Moms!

4. Jus lemon

Pengganti deodoran dari bahan alami yang keempat adalah jus lemon.

Jus lemon mengandung zat asam yang membantu membunuh bakteri penyebab bau badan. Aromanya yang segar menjadikan jus lemon cocok untuk diaplikasikan ke ketiak Anda sebagai pengganti deodoran.

Jika langsung menggosokkan jus lemon ke ketiak terdengar terlalu encer, maka Anda bisa menggosok irisan lemon saja. Namun, pastikan untuk menyeka bulir lemon yang tertinggal ya, Moms.

5. Baking soda dan tepung maizena

Pengganti deodoran dari bahan alami yang kelima adalah baking soda dan tepung maizena.

Biasa ada di dapur, mengoleskan campuran baking soda dan tepung maizena di area ketiak dapat membantu menyerap keringat dan mencegah bau badan. Pasalnya, baking soda memiliki kemampuan menetralisir bau. Sementara itu, tepung maizena mampu menyerap kelembaban.

Cukup campurkan 1 sendok baking soda dengan 6 sendok tepung maizena. Setelah tercampur, oleskan ke ketiak tanpa perlu menambahkan cairan apapun layaknya Anda menggunakan bedak.

Itulah 5 pengganti deodoran dari bahan alami yang ampuh usir bau badan tidak sedap.

Selanjutnya: Sri Mulyani Rogoh Kocek Rp 50,8 Triliun untuk Gaji ke-13 ASN 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News