Keluarga

5 Alasan Penting Membersihkan Mainan Anak Secara Rutin, Bikin Shock Semua!

5 Alasan Penting Membersihkan Mainan Anak Secara Rutin, Bikin Shock Semua!

MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda, ternyata jarang membersihkan mainan anak akan membuatnya jadi sarang kumah & bakteri?

Mainan anak adalah jenis barang yang memiliki sentuhan sangat tinggi. Sayangnya, kekebalan tubuh anak masih sangat rentan terhadapnya. Tubuh mereka belum cukup kuat untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh berbagai jenis patogen.

Maka dari itu, inilah beberapamanfaat penting membersihkan mainan anak secara rutin yang wajib diketahui orang tua, Melansir dari 2 xl, The Blog, dan Teman Kodomo, simak artikelnya berikut ini.

Baca Juga: Sebelum Membahagiakan Anak, Para Ibu Silakan Bahagiakan Diri Sendiri Terlebih Dahulu

Cegah tumbuhnya jamur

Manfaat membersihkan mainan anak salah satunya untuk mencegah tumbuhnya jamur. Sebab terkadang, ada pula mainan yang terbuat dari bahan yang sulit kering.

Bahan yang seperti itulah memungkinkan jamur tumbuh subur jika tak dibersihkan. Tumbuhnya jamur akan membuat mainan jadi sumber penyakit bagi si kecil.

Mencegah penyakit

Kotoran dan bakteri dapat menyebabkan berbagai penyakit pada anak kecil. Kotoran & bakteri ini sangat mungkin menempel pada mainan anak.

Penularannya pun bisa dari apa saja. Terkadang dari teman sakit yang ikut bermain bersama, atau bahkan karena mainannya yang tak pernah dibersihkan.

Lebih besar kemungkinan virus dan kuman menyebar apabila mainan anak tak dibersihkan secara rutin. Maka Bhole Children’s Clinic menyarankan pentingnya menjaga kebersihan mainan untuk mencegah sakit.

Baca Juga: 4 Buku Parenting Populer Ini Wajib Dibaca Para Calon Orangtua Baru

Membuat ibu bahagia

Setiap orang pasti setuju bahwa rumah yang rapi dan bersih membuat penghuninya bahagia.

Mainan anak

Sebuah penelitian yang dikutip dari The Blog menunjukkan bahwa rumah rapi memiliki manfaat jangka panjang terhadap kesehatan mental anak-anak.

Rumah yang bersih dan teratur dapat mengurangi stres & kecemasan pada anak-anak maupun orang tua. Ini juga memudahkan anak untuk memisahkan mana mainan favoritnya.

Baca Juga: Anak Terlambat Berjalan? Ikuti 5 Cara Efektif Melatih Anak Cepat Bisa Berjalan

Mencegah debu berlebihan

Debu pada mainan akan menebal seiring berjalannya waktu apabila mainan jarnag dibersihkan. Terlebih jika mainan disimpan dalam container/box khusus.

Moms bisa membongkar container mainan secara berkala untuk melihat seberapa tebal debu pada mainan anak. jangan lupa bersihkan secara berkala agar debu tak termakan / terhisap anak.

Baca Juga: Survei Orami: Ibu Butuh Pendukung dalam Memberikan ASI

Mencegah mainan cepat rusak

Mainan bisa dengan mudahnya rusak apabila jarang dibersihkan. Sebab debu & kotoran bisa saja masuk ke sela-sela mainan & membuatnya tak dapat berfungsi seperti biasanya.

Mainan yang sering dibersihkan akan membuat fungsinya jadi lebih tahan lama.

Itu dia, Moms, berbagai manfaat membersihkan anak secara rutin. Semoga artikel tersebut bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News