Keluarga

Anak Terlambat Berjalan? Ikuti 5 Cara Efektif Melatih Anak Cepat Bisa Berjalan

Anak Terlambat Berjalan? Ikuti 5 Cara Efektif Melatih Anak Cepat Bisa Berjalan

MOMSMONEY.ID - Anak Moms dicemooh saudara dan tetangga karena belum bisa berjalan? Eits tunggu dulu, Moms wajib membaca cara melatih anak supaya cepat bisa berjalan berikut ini.

Idealnya, bayi dianggap normal bisa berjalan pada usia 8-18 bulan. Lebih dari 18 bulan masih belum bisa berjalan, barulah bayi bisa disinyalir mengalami development delayed.

Untuk Moms yang terlanjur penasaran, MomsMoney hadirkan 5 cara efektif untuk melatih anak agar cepat bisa berjalan. Yuk, tiru tipsnya berikut ini.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Daftar Genetik yang Diturunkan dari Orang Tua ke Anak

Berikan kata-kata penyemangat

Jika anak Moms belum bisa berjalan, maka hiraukan berbagai nasihat dari saudara maupun tetangga yang bisa membuat Moms tambah berpikiran negatif.

Sebaliknya, justru Moms wajib menyemangati si kecil dan mendukungnya terus. Sebab anak sangat menyukai perhatian juga apresiasi.

Ini berarti, si kecil akan terus berusaha belajar berjalan untuk membanggakan diri dan orangtuanya.

Menurut Moms.com, hanya karena kosakata mereka belum luas, bukan berarti mereka tidak memahami isyarat sosial dari orangtuanya. Justru, jadilah orang tua yang selalu mensupport anaknya apapun yang terjadi.

Curi start

Jika Moms ingin anak cepat bisa berjalan, coba dan suruhlah ia untuk berdiri tegak dan mengambil langkah kecil saat ia berusia 7 bulan.

Cara ini dapat membangun memori pada otot bayi supaya bisa berdiri tanpa bantuan ketika ia beranjak usia.

Baca Juga: 6 Efek Bertengkar di Depan Anak yang Wajib Orang Tua Tahu, Bikin Anak Jadi Agresif

Biarkan berjalan tanpa alas kaki

Melansir dari Fakaza News, banyak dokter anak menyarankan para orangtua untuk membiarkan sang bayi berjalan tanpa alas kaki di tahun-tahun awal mereka.

Dengan berjalan tanpa alas kaki, hal tersebut dapat membantu si kecil untuk merasakan permukaan asli tanah, mengembangkan postur kaki secara baik yang tidak terjadi ketika bayi memakai sepatu.

Hal tersebut dapat memudahkan anak untuk bisa berlajan tanpa bantuan sang ibu.

Cara Melatih Anak Cepat Bisa Berjalan

Baca Juga: 4 Buku Parenting Terbaik untuk Temukan Pola Asuh Anak yang Tepat

Ajarkan pose squat

Moms bisa ajarkan si kecil untuk lakukan pose squat untuk memudahkan anak agar cepat bisa berjalan.

Melansir dari Moms.com, bayi akan bisa berjalan apabila telah berlatih duduk ataupun merangkak. Namun, selalu pastikan untuk menjaga bayi saat proses berjalan demi keamanan.

Meski sulit, jangan mendorongnya terlalu keras

Sebagian besar anak akan berjalan pada usia 15 bulan. Sementara beberapa anak lainnya dapat berjalan pada usia 8-9 bulan.

Baca Juga: Apa Itu Hustle Culture? Salah Satu Penyumbang Burn Out Terbesar Bagi Pekerja

Semakin lama anak bisa berjalan, semakin lama waktu yang dibutuhkan tulangnya untuk dapat berkembang dengan baik.

Usia normal anak bisa berjalan ialah 9-18 bulan. Mengutip dari Hermina Hospitals, jika sudah melewati usia 18 bulan & anak belum bisa berjalan, maka bisa jadi ia mengalami keterlambatan perkembangan.

Jadi biarkan ia berjalan secara alami, namun jangan mendorongnya terlalu keras.

Itulah cara-cara yang bisa dilakukan Moms agar anak cepat bisa berjalan. Moms bisa terapkan cara di atas untuk tumbuh kembang si kecil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News