Keluarga

4 Kesalahan Memakai Serum Niacinamide, Bikin Iritasi dan Tidak Ngefek!

4 Kesalahan Memakai Serum Niacinamide, Bikin Iritasi dan Tidak Ngefek!

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 4 kesalahan memakai serum niacinamide di sini.

Serum niacinamide menawarkan banyak manfaat untuk kulit. Beberapa di antaranya yaitu meredakan kemerahan, memperkuat skin barrier, mencerahkan, dan memudarkan bekas jerawat.

Termasuk multifungsi dan aman untuk semua jenis kulit, serum niacinamide tidak akan menunjukkan hasil maksimal jika digunakan dengan cara yang tidak tepat.

Bisa bikin iritasi dan tidak ngefek, berikut beberapa kesalahan memakai serum niacinamide yang harus Anda hindari sebagaimana dilansir dari Wardah.

Baca Juga: Inilah 5 Penyebab Kulit Susah Putih, Genetik Pengaruh Lo!

1. Tidak mencuci wajah dan menggunakan toner

Kesalahan memakai serum niacinamide yang pertama yaitu tidak mencuci wajah dan menggunakan toner.

Penting untuk memulai rutinitas perawatan kulit dengan wajah yang bersih. Tidak mencuci wajah dan menggunakan toner sebelum mengaplikasikan serum niacinamide ternyata bisa mengurangi kemampuan serum untuk menyerap dan memberikan manfaatnya secara maksimal lho.

Jadi, selalu bersihkan wajah Anda guna membantu menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa-sisa makeup, sehingga penyerapan serum pun menjadi lebih optimal. Setelah wajah bersih, aplikasikan toner untuk membantu menyeimbangkan pH kulit sekaligus mempersiapkan kulit untuk menerima manfaat aktif dari serum niacinamide dengan baik.

2. Langsung memakai serum niacinamide dengan konsentrasi tinggi

Kesalahan memakai serum niacinamide yang kedua yaitu langsung memakai serum niacinamide dengan konsentrasi tinggi.

Pada konsentrasi tertentu, serum niacinamide bisa menyebabkan iritasi dan kemerahan pada kulit. Karenanya, disarankan untuk mulai menggunakan serum niacinamide dengan konsentrasi tidak lebih dari 5%. Jika kulit Anda sangat sensitif, serum niacinamide dengan konsentrasi 2% bisa jadi pilihan. 

Memulai dengan konsentrasi yang lebih rendah memungkinkan kulit untuk secara bertahap beradaptasi dan memberikan waktu untuk melihat reaksi kulit. Setelah beberapa waktu, jika kulit Anda merespon dengan baik, barulah Anda bisa mempertimbangkan untuk meningkatkan konsentrasi serum niacinamide sesuai kebutuhan.

Baca Juga: 5 Ciri-Ciri Kulit Wajah Tidak Sehat dan Butuh Perawatan, Salah Satunya Terasa Kasar

3. Memakai serum niacinamide terlalu banyak

Kesalahan memakai serum niacinamide yang ketiga yaitu memakai serum niacinamide terlalu banyak.

Segala hal yang berlebihan tidaklah baik, termasuk untuk pemakaian serum niacinamide. Saat pertama kali menggunakan serum niacinamide, penting untuk memulai dengan jumlah yang kecil dan meningkatkannya perlahan-lahan seiring waktu.

Meskipun niacinamide tidak termasuk bahan yang keras atau menyebabkan iritasi, namun beberapa orang mungkin lebih sensitif terhadap bahan ini. Pemakaian serum niacinamide terlalu banyak bisa menyebabkan sensasi terbakar. Biasanya, efek ini berkaitan dengan tingkat sensitivitas kulit dan faktor genetika.

4. Menghentikan penggunaan serum niacinamide terlalu cepat

Kesalahan memakai serum niacinamide yang keempat yaitu menghentikan penggunaan serum niacinamide terlalu cepat.

Anda mungkin tidak akan melihat perubahan instan setelah menggunakan serum niacinamide. Dan, hal ini sebenarnya merupakan karakteristik umum dari produk perawatan kulit apapun.

Kebanyakan produk perawatan kulit yang aman cenderung jarang memberikan efek yang langsung terlihat. Oleh sebab itu, diperlukan konsistensi dalam menggunakannya untuk melihat hasilnya secara nyata.

Hasil dari penggunaan serum niacinamide biasanya mulai terlihat setelah 2-4 minggu pemakaian rutin. Ini adalah periode yang cukup untuk memberikan waktu bagi kulit untuk menyesuaikan diri dengan produk dan mulai menunjukkan manfaatnya.

Nah, Moms. Itulah 4 kesalahan memakai serum niacinamide yang harus Anda hindari. Jangan lupa dicatat, ya!

 

Selanjutnya: Yuk, Nabung Ngonser Pakai Tabungan Bebas Biaya Kolaborasi JKT48!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News