Keluarga

5 Kandungan Skincare Terbaik untuk Mengontrol Minyak Berlebih, Wajah Bebas Kilap!

5 Kandungan Skincare Terbaik untuk Mengontrol Minyak Berlebih, Wajah Bebas Kilap!

MOMSMONEY.ID - Inilah 5 kandungan skincare terbaik untuk mengontrol minyak berlebih. Apa saja?

Dalam hal merawat kulit berminyak, menggunakan skincare dengan kandungan yang tepat akan membantu mencegah kelebihan minyak tanpa menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada kulit.

Ada kandungan skincare tertentu yang terbukti ideal untuk kulit berminyak, karena dapat membantu mengontrol minyak berlebih penyebab pori-pori tersumbat, komedo, dan jerawat.

Simak dan catat, berikut 5 kandungan skincare terbaik untuk mengontrol minyak berlebih sebagaimana dilansir dari Derma Essentia.

Baca Juga: Capek Jerawatan? Coba 5 Vitamin dan Mineral Penting untuk Mengatasi Jerawat Ini

1. Salicylic acid

Kandungan skincare terbaik untuk mengontrol minyak berlebih yang pertama adalah salicylic acid.

Salicylic acid merupakan bagian dari asam beta-hidroksi (BHA) yang mampu menembus jauh ke dalam pori-pori dan mengeksfoliasi kulit. Ini bekerja dengan melarutkan penumpukan sel kulit mati dan minyak berlebih yang menyumbat pori-pori penyebab munculnya jerawat.

Salicylic acid sangat berguna untuk kulit berminyak karena membantu mengontrol produksi sebum dan menghindari penumpukan minyak berlebih pada kulit. Ini juga dapat membantu mencegah terbentuknya komedo hitam dan putih, yang merupakan masalah umum bagi orang-orang yang memiliki kulit berminyak.

2. Niacinamide

Kandungan skincare terbaik untuk mengontrol minyak berlebih yang kedua adalah niacinamide.

Dikenal juga sebagai vitamin B3, niacinamide memiliki banyak manfaat bagi kulit. Untuk kulit berminyak, niacinamide sangat efektif dalam mengatur produksi sebum dan mengecilkan tampilan pori-pori.

Selain itu, berkat sifat anti-inflamasinya, niacinamide juga mampu membantu mengurangi kemerahan dan iritasi akibat jerawat.

Niacinamide telah terbukti meningkatkan kemampuan kulit sebagai pelindung, yang dapat membantu melindungi kulit dari tekanan lingkungan dan menghentikan hilangnya kelembaban. Niacinamide sangat bermanfaat terutama untuk jenis kulit berminyak yang rentan terhadap dehidrasi.

3. Retinol

Kandungan skincare terbaik untuk mengontrol minyak berlebih yang ketiga adalah retinol.

Retinol adalah turunan vitamin A yang menawarkan banyak manfaat bagi kulit. Untuk jenis kulit berminyak, retinol sangat efektif dalam mengatur produksi sebum dan mengecilkan tampilan pori-pori.

Retinol dapat membantu mengatur produksi minyak, membuka pori-pori yang tersumbat, dan mencegah timbulnya jerawat.

Selain itu, retinol juga memiliki sifat anti penuaan yang membantu mengurangi munculnya kerutan dan garis-garis halus.

Baca Juga: 5 Tips Makeup Lebaran Anti Luntur Seharian, Tak Perlu Touch Up!

4. Zinc

Kandungan skincare terbaik untuk mengontrol minyak berlebih yang keempat adalah zinc.

Zinc merupakan mineral yang penting untuk banyak fungsi tubuh, termasuk kesehatan kulit. Ini adalah bahan yang ideal untuk kulit berminyak karena memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Zinc dapat membantu mengatur produksi minyak, mengurangi peradangan, dan meminimalkan risiko timbulnya jerawat. Zinc tersedia dalam suplemen oral dan produk perawatan kulit topikal.

5. Clay

Kandungan skincare terbaik untuk mengontrol minyak berlebih yang kelima adalah clay.

Jenis clay (tanah liat) tertentu dapat diaplikasikan pada kulit tergantung pada jenis kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit yang sangat berminyak, maka Anda dapat memilih masker bentonite clay.

Saat menggunakan clay mask atau masker tanah liat, pastikan Anda tidak memakainya terlalu lama karena dapat membuat kulit kering jika digunakan terlalu lama.

Waktu 10-15 menit adalah waktu yang tepat untuk mengoleskan clay mask pada kulit untuk mendetoksifikasi sekaligus menghilangkan kelebihan minyak.

Itulah 5 kandungan skincare terbaik untuk mengontrol minyak berlebih. Memilih kandungan skincare yang tepat untuk kulit berminyak bisa menjadi sebuah tantangan.

Namun, dengan memasukkan kandungan skincare di atas ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda, itu dapat membantu mengontrol produksi minyak, mencegah timbulnya jerawat, dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News