Keluarga

Capek Jerawatan? Coba 5 Vitamin dan Mineral Penting untuk Mengatasi Jerawat Ini

Capek Jerawatan? Coba 5 Vitamin dan Mineral Penting untuk Mengatasi Jerawat Ini

MOMSMONEY.ID - Ada 5 vitamin dan mineral penting untuk mengatasi jerawat. Cari tahu selengkapnya di sini.

Menurut dokter kulit, ketidakseimbangan hormon, pilihan gaya hidup yang buruk, dan kekurangan nutrisi adalah beberapa penyebab utama munculnya jerawat.

Selain menggunakan produk skincare, memanfaatkan vitamin dan mineral tertentu dalam dosis yang cukup juga dapat mengurangi dan bahkan mencegah timbulnya jerawat.

Baik dioleskan secara topikal atau dikonsumsi secara langsung, berikut beberapa vitamin dan mineral penting untuk mengatasi jerawat sebagaimana dilansir dari AcneStar.

Baca Juga: Kisah Pemilik Brand Makeup Rose All Day Cosmetic Kembangkan Bisnis

1. Vitamin A

Vitamin A merupakan salah satu solusi terbaik untuk jerawat. Tidak hanya membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan tersumbat, vitamin A juga mampu menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh.

Sumber vitamin A terbaik antara lain wortel, ubi jalar, telur, serta buah dan sayuran berwarna kuning maupun oranye.

Selain mengonsumsi sumber vitamin A, penggunaan vitamin A seperti asam retinoid secara topikal juga efektif dalam meregenerasi dan menyembuhkan jerawat.

2. Vitamin C

Dikenal juga dengan sebutan asam askorbat, vitamin C merupakan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari serangan radikal bebas penyebab munculnya jerawat.

Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin C seperti bayam, brokoli, pepaya, lemon, kangkung, dan stroberi untuk membantu mengatasi jerawat.

Anda juga dapat mengaplikasian skincare vitamin C untuk merangsang produksi kolagen dan membantu penyembuhan bekas jerawat.

3. Zinc

Termasuk salah satu mineral paling kuat, zinc memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi.

Selain baik untuk perkembangan otak, zinc juga dapat membantu mengurangi produksi sebum serta melindungi kulit dari peradangan dan infeksi bakteri.

Anda bisa memasukkan zinc ke dalam pola makan harian atau mengoleskannya secara topikal untuk menciptakan kulit bebas jerawat.

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Indoor yang Hasilkan Bunga Langka dan Indah

4. Magnesium

Magnesium adalah mineral efektif lainnya yang tidak hanya mampu mencegah efek peradangan akibat jerawat, tetapi juga membantu melawan timbulnya jerawat akibat stres.

Tak sampai di situ, magnesium juga dapat meningkatkan kualitas tidur, sehingga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Untuk melawan jerawat, tingkatkanlah asupan magnesium dengan memasukkan sayuran berdaun hijau, kedelai, anggur, udang, dan cokelat hitam ke dalam makanan Anda.

5. Vitamin B5

Menurut dokter kulit, vitamin B5 dapat membantu melawan jerawat, melembabkan, dan menyembuhkan luka pada kulit.

Dalam mengatasi jerawat, vitamin B5 bekerja dengan mengurangi produksi minyak di kelenjar sebaceous, sehingga memberikan kulit yang lebih bersih sekaligus sehat.

Itulah 5 vitamin dan mineral penting untuk mengatasi jerawat. Jangan lupa dicatat ya, Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News