Bugar

3 Langkah Tidur Militer yang Sederhana, Cara Tidur Cepat dalam 2 Menit

3 Langkah Tidur Militer yang Sederhana, Cara Tidur Cepat dalam 2 Menit

MOMSMONEY.ID - Tidur yang cukup dan berkualitas adalah kunci untuk mempertahankan kesehatan dan kinerja optimal. Namun, banyak orang mengalami kesulitan untuk tertidur dengan cepat. Teknik tidur militer salah satu cara tidur cepat dalam dua menit.

Teknik tidur militer adalah salah satu metode yang telah terbukti efektif dalam membantu seseorang tertidur dalam waktu kurang dari dua menit.

Teknik ini awalnya dikembangkan oleh militer AS, khususnya untuk pilot, yang perlu dapat istirahat dengan cepat dan efisien untuk tetap waspada dan mempertahankan performa optimal meskipun dalam situasi yang penuh tekanan dan tidak nyaman.

Baca Juga: Perbaiki Kualitas Tidur, Lakukan 4 Gerakan Yoga Sebelum Tidur Sepuluh Menit Ini

Teknik tidur militer ini dikembangkan untuk membantu tentara bisa tertidur di manapun dan kapanpun. Teknik ini dirancang untuk menenangkan dan merilekskan tubuh secara bertahap, mulai dari kepala hingga kaki.

Melansir dari laman Today.com, adapun tiga langkah tidur militer sebagai cara tidur cepat dalam dua menit sebagai berikut:

1. Relaksasi

Mulailah dengan mengendurkan otot di dahi Anda, kemudian mata, pipi, dan rahang sambil memfokuskan diri pada napas Anda. Lanjutkan ke leher dan bahu, pastikan bahu terasa lemas dan lengan termasuk tangan dan jari-jari juga dalam keadaan santai.

Bayangkan sensasi hangat yang meluas dari atas kepala ke ujung jari, dan setelah itu, membayangkan kembali sensasi yang sama dari jantung hingga ke ujung kaki.

Baca Juga: 10 Makanan yang Dilarang untuk Penderita Kolesterol Tinggi, Catat dan Hindari ya!

2. Pernapasan

Lakukan napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan, sambil memastikan bahu dan tangan tetap dalam keadaan rileks.

3. Membersihkan Pikiran

Penting untuk menjernihkan pikiran dari segala tekanan selama proses ini. Visualisasikan diri Anda berbaring di sebuah kano di tengah danau yang tenang atau di tempat tidur gantung yang terletak di ruangan yang sangat gelap.

Jika pikiran mulai berkeliaran, ulangi mantra, "Jangan berpikir. Jangan berpikir. Jangan berpikir," selama 10 detik untuk membantu memfokuskan kembali pikiran Anda.

Baca Juga: Intip Kandungan Nutrisi dan 11 Manfaat Serai untuk Kesehatan Anda

Dengan praktik rutin setiap malam selama enam minggu, teknik ini dapat membuat Anda mampu tertidur hanya dalam waktu dua menit setelah mata tertutup. Teknik ini membuktikan keefektifannya dalam membantu tubuh dan pikiran mencapai keadaan istirahat yang dibutuhkan untuk tidur yang berkualitas.

Demikianlah ulasan tentang teknik tidur militer sebagai cara tidur cepat dalam dua menit. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News