Bugar

3 Kegiatan Sehat yang Cocok Dilakukan saat Ngabuburit

3 Kegiatan Sehat yang Cocok Dilakukan saat Ngabuburit

MOMSMONEY.ID - Rupanya, ada beberapa kegiatan sehat yang cocok dilakukan saat ngabuburit lo. Apa saja?

Ngabuburit merupakan momen yang dinanti selama bulan Ramadan. Kegiatan ini tidak hanya sebagai cara untuk menunggu waktu berbuka, tapi juga kesempatan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Berikut ini tiga kegiatan sehat yang cocok dilakukan saat ngabuburit yang dapat memperkaya pengalaman Ramadan Anda dengan aktivitas yang memberi manfaat.

Baca Juga: Hindari Makanan Ini Waktu Sahur, Bisa Bikin Sering Haus saat Puasa lo

1. Berjalan kaki atau bersepeda

Aktivitas fisik ringan seperti berjalan kaki atau bersepeda di sore hari bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk ngabuburit. Kegiatan ini tidak hanya membantu menjaga kebugaran tubuh, tapi juga memberikan kesempatan untuk menikmati udara segar dan keindahan alam sekitar.

Berjalan kaki atau bersepeda bersama keluarga dan teman-teman bisa meningkatkan kualitas interaksi sosial, sekaligus memberikan rasa relaksasi mental. Pastikan untuk menjaga intensitas aktivitas ini agar tidak terlalu melelahkan dengan mempertimbangkan kondisi tubuh yang sedang berpuasa.

2. Berkebun

Berkebun selama waktu ngabuburit dapat Anda coba. Kegiatan ini tidak hanya berfungsi sebagai penangkal stres dengan menyediakan suasana yang menenangkan dan menyenangkan, tetapi juga berperan aktif dalam membantu pembakaran kalori.

Mengutip dari laman Klik Dokter, melakukan pekerjaan berkebun selama satu jam ternyata efektif untuk menghilangkan sekitar 324 kalori. Ini menjadikannya pilihan yang baik bagi mereka yang ingin menggabungkan kegiatan produktif dengan olahraga ringan.

Baca Juga: Anti Lemas, Menu Sahur Ini Bikin Tubuh Berenergi dan Kuat Selama Puasa

3. Membaca dan belajar baru

Ngabuburit merupakan waktu yang ideal untuk menambah pengetahuan. Membaca buku, mendengarkan podcast, atau menonton video edukatif bisa menjadi cara yang bermanfaat untuk menghabiskan waktu.

Pilihlah topik yang menarik bagi Anda, baik itu keagamaan, pengembangan diri, sejarah, atau ilmu pengetahuan. Ini tidak hanya akan mengisi waktu luang Anda dengan kegiatan yang produktif, tapi juga memberikan inspirasi dan pengetahuan baru yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Anda juga bisa membaca Kitab Suci Alquran yang tidak hanya sejalan dengan ajaran agama tetapi juga memberikan manfaat kesehatan mental.

Penelitian dari Universitas Mazandaran di Iran yang diterbitkan dalam Journal of Nursing Education and Practice menemukan, membaca Alquran secara signifikan dapat mengurangi stres, kecemasan, dan risiko depresi.

Jadi, selain menambah nilai spiritual selama bulan suci, kegiatan membaca Alquran juga berkontribusi pada peningkatan kesehatan mental Anda.

Nah, itulah kegiatan sehat yang cocok dilakukan saat ngabuburit. Dari ketiganya, manakah yang ingin Anda lakukan saat menunggu waktu berbuka puasa?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News