Keluarga

15 Tips Dekorasi Ruangan dengan Tanaman Hias, Ikuti Aturan Ini untuk Hasil Estetik

15 Tips Dekorasi Ruangan dengan Tanaman Hias, Ikuti Aturan Ini untuk Hasil Estetik

MOMSMONEY.ID - Dekorasi ruangan dengan tanaman hias perlu memperhatikan beberapa aturan. Artikel ini akan memberikan informasi mengenai tips dekorasi ruangan dengan tanaman hias. 

Menambahkan tanaman hijau ke ruang hidup Anda dapat menghidupkannya, menyediakan oksigen, dan menghilangkan gas berbahaya. Untuk itu, Anda perlu mengetahui tips dekorasi ruangan dengan tanaman hias. 

Tips dekorasi ruangan dengan tanaman hias berikut ini dapat membantu untuk menghasilkan ruangan yang estetik dan rapi. 

Baca Juga: Kartu Ucapan Ramadhan 1445 H, Inspirasi untuk Kirim Hampers

Anda perlu memperhatikan tanaman apa saja yang bisa dijadikan dekorasi ruangan. Selain itu, ukuran tanaman hias yang bisa dijadikan dekorasi. 

Mengutip Balcony Garden Web, berikut tips dekorasi ruangan dengan tanaman hias:

1. Tanaman tinggi

Pilih setidaknya satu tanaman hias tinggi untuk menciptakan kesan di kamar Anda. Anda dapat memilih tanaman karet, palem dalam ruangan, atau daun ara klasik, apa pun yang Anda pilih, pilihannya tidak terbatas.

2. Tanaman Gantung 

Tanaman hias boston fern

Jika Anda ingin mendekorasi rumah Anda dengan tanaman merambat, pertimbangkan philodendron, pakis, atau pothos.

Alasan harus menyertakan tanaman gantung adalah kenyataan bahwa dengan cara ini, Anda dapat menghemat banyak ruang sambil menambahkan sentuhan tanaman hijau di dalam ruangan dengan tampilan spektakuler batang menjuntai dan dedaunan yang terlihat setinggi mata Anda.

3. Tanaman dengan cahaya rendah 

Beberapa tanaman membutuhkan cahaya terbatas dan juga dapat tumbuh dengan baik di lokasi yang tidak banyak terkena sinar matahari, seperti peace lily, lidah mertua dan tanaman laba-laba. 

Alasan mengapa tanaman ini merupakan pilihan bagus untuk tempat tinggal dan kamar tidur adalah karena tanaman ini akan dengan senang hati tinggal di tempat teduh hampir sepanjang hari. 

Baca Juga: Tips Dekorasi Tanaman Hias saat Liburan, Bikin Suasana Rumah Jadi Nyaman

4. Tanaman pemurni udara

Beberapa contoh umum tanaman pemurni udara yang terbaik untuk rumah Anda antara lain tanaman laba-laba, pothos, tanaman cemara cina, dan pakis. 

Mengapa Anda harus menyertakannya? Faktanya, mereka memastikan udara dalam ruangan tetap bebas dari VOC berbahaya dan elemen lain yang mungkin memiliki efek buruk jangka panjang pada kesehatan Anda.

5. Sukulen 

Sukulen mudah dirawat dan mudah dirawat, itulah alasan nomor satu mengapa Anda harus memasukkannya ke dalam ruangan.

Pilih Zebra Haworthia, Lace Aloe, dan Echeveria jika Anda menginginkan tanaman cantik dengan kebutuhan minimal. 

Aturan dekorasi ruangan dengan tanaman hias

1. Singkirkan tanaman dari lantai

Menjauhkan tanaman dari lantai tidak hanya akan membuatnya terlihat lebih baik tetapi juga memudahkan Anda merawatnya karena Anda tidak perlu membungkuk terhadap air. Itu juga akan membuat mereka tampak tinggi.

2. Skala itu penting

Skala adalah bagaimana ukuran suatu benda dapat dihubungkan dengan ukuran benda lain di sekitarnya dan ukuran ruangan. Mengapa skala diperlukan saat mendekorasi dengan tanaman hias?

Baca Juga: Tips Mudah Merawat Tanaman Hias Favorit di Rumah, Perhatikan 6 Hal Ini

Hal ini karena Anda ingin ruangan dalam ruangan Anda terlihat proporsional dan tidak tidak seimbang. 

Misalnya, menempatkan tanaman besar di ruang rias kecil bisa membuat Anda merasa lebih sesak daripada menyenangkan. Demikian pula, tanaman tunggal yang kecil dapat terlihat sepi di rak yang besar. 

3. Lebih banyak memikirkan sudut 

Apakah Anda memiliki tempat rumah kosong yang memerlukan perhatian Anda saat mendekorasi dengan tanaman hias? Pilih tanaman dan wadah yang sesuai dengan sudutnya dan simpan di sana. 

Sebagai alternatif, pertimbangkan untuk menempatkan sekelompok tanaman kontainer untuk mengisi ruang yang membosankan. 

4. Bermain dengan warna

Mainkan padu padankan dengan warna pekebun, dan jangan berlebihan. Namun, koordinasi warna berarti Anda harus memilih corak yang saling melengkapi dan tidak terlihat membosankan. 

Misalnya, warna coklat dan abu-abu tidak saling melengkapi, sedangkan oranye, kuning, dan biru terlihat cantik. 

5. Jadilah terang

Penting untuk mempertimbangkan kebutuhan sinar matahari tanaman sebelum menempatkannya. Dengan jumlah sinar matahari yang tepat, tanaman dapat bertahan hidup. 

Pastikan tanaman mendapat cahaya belang-belang sepanjang hari. Untuk spesimen yang membutuhkan lebih banyak sinar matahari, letakkan di dekat jendela yang terang.

Baca Juga: 10 Tips Penting Membeli Tanaman Hias bagi Pemula agar Tidak Tertipu

6. Bonsai dan terarium 

Selain menggunakan wadah yang unik, Anda dapat mengandalkan aturan ini untuk meningkatkan dekorasi permainan tanaman hias. Hadirkan Bonsai dan terarium cantik untuk mengubah ruangan apa pun yang akan membuat tamu Anda terpesona.

Bentuk miniaturnya trendi dan menjadi tanaman dalam ruangan yang populer. Terarium juga sering dipamerkan dan dapat menghiasi ruangan mana pun di rumah Anda. Bola Kokedama juga merupakan pilihan bagus. 

7. Pertimbangkan iklim

Aturan penting lainnya dalam mendekorasi dengan Tanaman Hias adalah mempertimbangkan kebutuhan iklim setiap tanaman yang ingin Anda hias. 

Pertama-tama Anda harus meneliti setiap tanaman yang Anda bawa pulang, tidak peduli seberapa eksotis atau sederhana tampilannya. 

Biasanya banyak tanaman yang bisa beradaptasi dengan kondisi dalam ruangan, namun lebih baik mengetahuinya terlebih dahulu daripada terlambat. 

8. Campurkan berbagai ketinggian dan bentuk

Tanaman tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, dan Anda dapat memilih untuk mendekorasi dengan tanaman yang sama atau tanaman berbeda dengan bentuk dan ukuran serupa.

Namun, memadukan dan mencocokkan ketinggian dan bentuk yang berbeda adalah hal yang menyenangkan untuk memberikan sentuhan menarik pada rumah Anda. Bermainlah dengan variasi tekstur dan warna juga. 

Baca Juga: 8 Tips Menjaga Kesehatan Tanaman Hias di Kamar Mandi

9. Susun vertikal

Bahkan ruangan terkecil pun bisa memiliki ruang untuk tanaman. Manfaatkan ruang sempit di dinding terbuka untuk memasang kait secara vertikal dan menggantung pot tanaman kecil. Menjadi vertikal bisa menjadi pilihan sempurna untuk rumah mana pun dengan ruang terbatas. 

10. Menggabungkan tanaman dengan item lain

Bagian terbaiknya adalah tanaman bisa terlihat cantik jika diletakkan di samping hampir semua hal. Jika Anda sudah memiliki rak yang mencolok, Anda bisa menempatkan tanaman hias berwarna hijau untuk menambah pesonanya.

Tanaman terlihat bagus jika dipadukan dengan tumpukan buku, bingkai foto atau foto gantung, patung berbeda, atau apa pun yang bisa Anda buat. 

Cobalah memasangkan tanaman dengan meja kayu, kotak tempat surat, papan nama kayu, patung abstrak, hiasan tengah dan pahatan geometris, perkakas, furnitur, cermin, dan banyak lagi. 

11. Hias kamar mandi

Tanaman tropis apa pun yang Anda pilih menyukai kelembapan dan paling baik ditanam di dapur dan kamar mandi. Tempatkan Philodendron, Begonia, dan Peace Lilies di kamar mandi dan biarkan tumbuh subur dalam kelembapan tinggi.

Nah itulah beberapa tips dekorasi ruangan dengan tanaman hias. Anda bisa mengaturnya dan mengikuti tips di atas. Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News