Santai

10 Tips Merawat Tanaman dalam Ruangan dengan Mudah, Ini Rahasianya

10 Tips Merawat Tanaman dalam Ruangan dengan Mudah, Ini Rahasianya

MOMSMONEY.ID - Merawat tanaman dalam ruangan merupakan hal yang tidak mudah. Anda perlu beberapa tips merawat tanaman dalam ruangan. 

Artikel ini memberikan informasi mengenai tips merawat tanaman dalam ruangan yang perlu Anda ketahui. 

Tips merawat tanaman dalam ruangan dengan mudah dan murah ini dapat menekan biaya perawatan yang membuat dompet Anda bengkak. 

Berikut ini 10 tips merawat tanaman dalam ruangan dengan mudah. 

1. Gunakan Soda Kue untuk Pembersih

Untuk mendorong fotosintesis dedaunan harus tetap bersih dan bebas debu. Untuk melakukan ini, ambil kain lembut, tidak berbulu, lembab yang direndam dalam air dan larutan natrium bikarbonat (sejumput soda kue dalam satu liter air) dan bersihkan daunnya dengan lembut.

Baca Juga: 5 Tanda Tanaman Kebanyakan Air, Ini Hal yang Harus Dilakukan

2. Cuka untuk Membersihkan Pot Tanah Liat 

Aneka Manfaat Cuka di Rumah Anda

Cuka memiliki beberapa kegunaan di dapur, dan Anda juga bisa menggunakan bahan ajaib yang murah ini untuk membersihkan pot tanah liat Anda! Karena pot menyerap kalsium, garam, mineral dari air, dan pupuk, lama kelamaan pot akan terlihat jelek.

Buat larutan 1 cangkir cuka putih asam 5% dalam 3-4 gelas air dan rendam panci dalam larutan ini selama 20-30 menit. Gosok perlahan dengan sikat berbulu lembut, dan selesai!

3. Tepung Jagung untuk Kurangi Kebutuhan Penyiraman

Tepung maizena umumnya digunakan di setiap dapur sebagai bahan pengental pada sup, kuah daging, dan masakan lainnya. Anda bisa menggunakan bahan ini untuk tanaman dengan menambahkan 2 sendok makan ke dalam pot berukuran sedang.

Baca Juga: 7 Tanaman Hias Tidak Butuh Drainase, Bisa Ditanam di Dalam Ruangan

Ini akan membantu memulihkan kelembapan dan mengurangi kebutuhan penyiraman yang sering.

4. Gunakan Sumpit untuk Menopang Tanaman 

Sumpit kayu bekas bisa digunakan untuk menopang tanaman kecil. Masukkan ke dalam tanah dan ikat batang yang terkulai di atasnya menggunakan selotip atau jalinan.

5. Kulit Telur 

Menurut dokumen yang dipublikasikan di situs ekstensi Universitas Florida, kulit telur mengandung 3% fosfor, 0,3% magnesium, dengan sedikit natrium, kalium, seng, mangan, besi, dan tembaga yang dibutuhkan tanaman. Buat tehnya dengan merebus kulit telur dalam satu galon air dan mengoleskannya ke tanaman saat sudah dingin.

6. Cangkang Telur untuk Pupuk

Cangkang telur merupakan sumber kalsium karbonat (37%), elemen penting yang diperlukan untuk perkembangan tanaman melalui fiksasi nitrogen (N), dan juga menyediakan kalium dan fosfor. 

7. Ampas Kopi dan Kertas Penyaring Kopi 

Ampas kopi kaya akan nitrogen dan juga mengandung potasium, magnesium, dan kalsium yang semuanya bagus untuk pertumbuhan tanaman. 

Taburkan saja ampasnya ke tanah, dan selesai! Anda dapat menggunakannya pada tanaman seperti pothos, philodendron, mawar, dan tanaman giok.

8. Arang 

Berkat kandungan potasiumnya yang tinggi, arang berperan sebagai kondisioner tanah. Ini adalah bahan tambahan tanah yang bagus dan dapat digunakan sebagai mulsa juga. 

Menggunakan arang aktif dengan air juga membantu mendetoksifikasi tanah dengan membersihkan penumpukan. Anda juga dapat menggunakannya untuk menetralisir efek berbahaya dari pestisida, berkat kualitas penyerapannya.

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Meja di Dalam Ruangan untuk Menambah Dekorasi

9. Air Beras

Air dari sayuran, pasta, dan nasi mengandung sedikit kalsium, pati, karbohidrat, fosfor, zat besi, seng, dan kalium yang meningkatkan pertumbuhan tanaman dengan memberikan nutrisi bermanfaat.

10. Kulit Pisang 

Kulit pisang merupakan sumber potasium dan fosfor yang bermanfaat bagi paprika dan tomat. Potong kulit pisang dan masukkan ke dalam oven atau di bawah sinar matahari di bawah saringan untuk membuat keripik kulit pisang.

Sebarkan potongan di tengah tanaman dan sirami. Anda juga bisa menguburnya di bawah tanah tanaman pot atau sebagai mulsa.

Nah itulah beberapa tips merawat tanaman hias dalam ruangan yang mudah dan murah. Anda bisa memanfaatkan beberapa bahan di atas untuk perawatan tanaman. 

Selanjutnya: ASRI Catat 30% Penjualan Terkena Insentif PPN DTP, Simak Rekomendasi Sahamnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News