Santai

7 Tanaman Hias Tidak Butuh Drainase, Bisa Ditanam di Dalam Ruangan

7 Tanaman Hias Tidak Butuh Drainase, Bisa Ditanam di Dalam Ruangan

MOMSMONEY.ID - Menyiram tanaman secara berlebihan akan membuat tanaman tersebut mati dan drainase menjadi basah. Tentu, hal tersebut dapat membuat lokasi sekitar menjadi kotor dan becek. 

Namun tahukah Anda ada beberapa tanaman hias tidak butuh drainase? Ya, ada beberapa tanaman hias yang tidak perlu menggunakan drainase.

Tentunya, hal ini akan mempermudah Anda saat menyiram tanaman tersebut. Selain itu, Anda dapat membawa tanaman tersebut di dalam rumah.

Baca Juga: 7 Tanda Tanaman Hias Butuh Nitrogen, Selamatkan Segera agar Tidak Rusak

Mengutip Balcony Garden Web, berikut ini 7 tanaman hias tidak butuh drainase. 

1. Ekor Kuda

Juga dikenal sebagai ekor kuda scouring rush dan ekor kuda kasar, tumbuhan berpembuluh herba ini terutama ditemukan di lahan basah dan sungai.

Tanaman ini tidak memerlukan drainase karena beradaptasi dengan tanah yang jenuh dan berlumpur.

2. Lucky Bamboo

Tanaman menakjubkan ini paling mudah tumbuh dan tidak memerlukan drainase sama sekali. Anda bisa menanamnya di pot dan vas hias pilihan Anda.

3. Eceng Gondok

Baca Juga: 5 Tanda Tanaman Kebanyakan Air, Ini Hal yang Harus Dilakukan

Gulma air ini bisa menjadi tanaman menarik di dalam ruangan atau di taman balkon Anda yang mendapat cahaya langsung. Apungkan dalam vas lebar dan hilangkan sedikit pertumbuhan dari waktu ke waktu jika memenuhi wadah.

4. Cyperus Umbrella Plant

Tanaman ini suka tumbuh secara alami di daerah rawa. Sediakan dalam kondisi berawa dan tanam dalam pot tanpa drainase dengan akar terendam di tanah jenuh.

5. Selada Air

Anda bisa menanam selada air di kolam, taman air, atau di wadah dan terarium di dalam dan luar ruangan. 

Bagian bawah tidak perlu dikubur di bawah tanah karena akarnya dapat mengambang bebas. Gunakan air yang lembut hingga agak sadah dan simpan di tempat yang cukup terang.

6. Lili Air

Permata dunia akuatik ini menghasilkan bunga dengan warna biru, kuning, ungu, putih, merah jambu, oranye, dan merah. Anda bisa menanam bunga lili air di dalam ruangan, dalam wadah yang dalam atau akuarium kecil.

Baca Juga: 12 Buah Bisa Ditanam di Dalam Rumah, Jadi Tanaman Hias Indoor

7. Houseplant Cuttings

Potongan tanaman hias seperti pothos, philodendron, coleus, ivy, African violet, dan begonia tumbuh subur di dalam vas berisi air sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang drainase!

Nah itulah beberapa tanaman hias tidak butuh drainase yang bisa Anda tanam di dalam rumah.

Selanjutnya: Ini Upaya Pemerintah Kejar Target Bebas Malaria di 2030

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News