Santai

5 Tanda Tanaman Kebanyakan Air, Ini Hal yang Harus Dilakukan

5 Tanda Tanaman Kebanyakan Air, Ini Hal yang Harus Dilakukan

MOMSMONEY.ID - Kebanyakan pemilik tanaman bersemangat saat menyirami tanamannya. Namun, tahukah Anda tanda tanaman kebanyakan air?

Penyiraman yang terlalu banyak dapat menimbulkan tanaman terendam air. Hal tersebut tentunya membuat tanaman layu dan tidak segar.

Nah, Anda perlu mengetahui 5 tanda tanaman kebanyakan air. Berikut ini ulasannnya! 

1. Dedaunan Layu 

Indikasi awal yang menunjukkan tanaman Anda terendam air adalah saat tanaman mulai layu. Ini adalah tahap ketika seluruh tanaman mulai membungkuk.

Pada tanaman yang berada di bawah air, daunnya juga tampak segar dan tidak lemas. Pada permukaan daun terdapat pori-pori yang disebut stoma, yang memungkinkan udara masuk ke dalam tumbuhan. Karena kekurangan air, daun menutup stomanya untuk mencegah penguapan yang menyebabkan tanaman layu.

Baca Juga: Bunga Mudah Dirawat dan Toleransi dengan Suhu Panas, Ini Daftarnya

2. Daun Rontok

Daun bagian bawah biasanya yang pertama terkena serangan karena daun mulai mengering. Ujungnya berubah warna, menjadi coklat, dan akhirnya rontok.

Tepi daun yang melengkung dan kering adalah tanda-tanda lain tanaman terendam air.

3. Pertumbuhan Lambat

Alocasia

Kapan pun pertumbuhan tanaman terlihat melambat, ini mungkin merupakan tanda penting bahwa tanaman tidak menerima cukup air. Ini bisa menjadi situasi permanen atau bahkan sementara, yang bisa dibalik.

4. Tanah Kering

Cara terbaik untuk memahami kurangnya pasokan air ke tanaman Anda adalah dengan tanah kering. Tidak mengherankan jika tanaman akan segera layu dan mati. Cara sederhana untuk menguji kelembapan tanah adalah dengan merasakannya dengan jari Anda.

Kapan pun lapisan atas tanah terasa agak kering saat disentuh, sirami tanaman hingga mulai merembes keluar dari lubang drainase di bagian bawah. Tunggu hingga lapisan atas tanah mengering kembali dan itu merupakan indikasi bahwa tanaman perlu disiram.

5. Warna Pudar

Jika tanaman tidak mendapatkan air yang cukup, dedaunan mulai layu. Hal ini terutama terlihat pada tanaman beraneka ragam di mana Anda dapat melihat warnanya memudar. Dedaunan juga akan menunjukkan tanda-tanda menipis.

Baca Juga: 14 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan Dekat Jendela, Bikin Tampilan Lebih Menarik

Hal yang Harus Dilakukan Jika Tanaman Terendam Air 

1. Selalu awasi lapisan tanah atas. Jika sudah terasa agak kering saat disentuh, sirami tanaman hingga merembes keluar dari lubang drainase di dasar pot.

2. Menggunakan pengukur kelembapan juga merupakan ide bagus untuk mengawasi ketinggian air di media tanam.

3. Jika tanaman mengalami guncangan karena tanah yang terlalu kering, sirami dengan baik dan jauhkan dari sinar matahari selama beberapa hari. Tempatkan di tempat yang mendapat cahaya tidak langsung.

Itulah beberapa tanda tanaman kebanyakan air beserta solusi yang harus Anda lakukan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News