Keluarga

10 Hal Mengatasi Masalah Tanaman Hias di Rumah, Sederhana dan Mudah Dilakukan

10 Hal Mengatasi Masalah Tanaman Hias di Rumah, Sederhana dan Mudah Dilakukan

MOMSMONEY.ID - Bagi pecinta tanaman hias, merawat tanaman di rumah menjadi tugas yang gampang-gampang susah. Ada berbagai permasalahan tanaman hias di rumah. 

Artikel ini akan membantu Anda untuk mengatasi masalah tanaman hias di rumah. 

Ada berbagai cara mudah mengatasi masalah tanaman hias di rumah. Masalah tanaman hias di rumah akan teratasi jika Anda mengikuti cara ini. 

Baca Juga: Tanaman Hias Pagar yang Cocok Ditanam di Halaman Rumah, Perawatannya Mudah

Mengutip Balcony Garden Web, berikut 10 hal mengatasi masalah tanaman hias di rumah. 

1. Pupuk Tanaman Cair 

Pupuk Tanaman

Ini bertindak sebagai multivitamin untuk tanaman Anda dalam jangka panjang. Jika Anda melihat pertumbuhan yang panjang, beri makan tanaman Anda dengan dosis sesuai petunjuk label pada kemasan.

2. Botol Semprot

Jika tanaman hias Anda berasal dari daerah lembab, beberapa kali semprotan air ke dedaunan setiap 3-4 hari sekali akan membuat tanaman Anda subur dan bahagia. Anda juga dapat menggunakannya sebagai semprotan daun atau larutan insektisida kabut pada tanaman.

Baca Juga: 5 Masalah Tanaman Hias Aglonema yang Membuat Frustasi, Begini Solusinya

3. Kain Katun atau Spons

Tumpukan debu dan kotoran pada dedaunan menghambat kemampuan tanaman dalam menyerap sinar matahari. Gunakan kain katun lembab dan lembut untuk menyeka semua kotoran dan kotoran yang menumpuk di permukaan daun.

4. Pelembab Udara

Pelembab dalam ruangan adalah cara terbaik untuk menjaga tingkat kelembapan tetap terkendali. Meletakkannya di dekat tanaman seperti Pakis Sarang Burung, Alocasia, Pothos, Tanaman Udara, dan Calathea akan membantunya berkembang!

5. Pengukur Kelembapan dan Penguji Tanah

Pengukur ini berguna untuk memeriksa tingkat kelembapan tanah dan membantu Anda memantau jadwal penyiraman tanaman. Ini juga memberikan informasi berguna seperti nilai pH dan tingkat sinar matahari tanaman.

Baca Juga: Rumah Tak Kunjung Laku? Ini Penyebab Calon Pembeli Tak Melirik!

6. Spons Bekas

Spons bekas sangat bagus untuk melapisi bagian bawah wadah karena membantu mencegah pembusukan akar dengan menyerap kelebihan air yang mengalir di bagian bawah.

7. Garam Epsom

Garam epsom memiliki banyak kegunaan positif di taman dalam dan luar ruangan. 

Anda dapat menggunakannya sebagai pupuk karena kandungan magnesiumnya meningkatkan penyerapan unsur hara dasar yang dibutuhkan tanaman untuk pertumbuhan. Ini juga mencegah daun melengkung dan menguning.

8. Lampu

Jika rumah Anda tidak mendapat sinar matahari yang cerah, maka Anda bisa menggunakan lampu tumbuh yang dapat disesuaikan yang dapat memenuhi kebutuhan cahaya yang cukup untuk tanaman seperti anggrek. 

Ini juga berfungsi baik untuk tanaman buah dan sayuran.

9. Sabun Insektisida 

Selalu simpan sabun pembunuh serangga atau minyak nimba di peralatan berkebun Anda dan gunakan pada tanaman yang terkena belalang, kutu daun , serangga, dan tungau laba-laba. 

Baca Juga: 6 Jenis Anggrek Tanaman Hias yang Paling Mudah Dirawat, Cocok Bagi Pemula

10. Pemantau Tanaman 

Dapatkan pemberitahuan tentang kesehatan tanaman Anda langsung di ponsel Anda. Tanam perangkat di dalam pot dan perangkat akan mengirimkan pemberitahuan ke aplikasi saat tanaman membutuhkan penyiraman dan penerangan. Ini juga membantu Anda melacak kemajuan pabrik

Nah itulah beberapa hal mengatasi masalah tanaman hias di rumah. Anda bisa menggunakan beberapa hal tersebut untuk menyelesaikan permasalahan tanaman hias di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News