Keluarga

5 Masalah Tanaman Hias Aglonema yang Membuat Frustasi, Begini Solusinya

5 Masalah Tanaman Hias Aglonema yang Membuat Frustasi, Begini Solusinya

MOMSMONEY.ID - Apakah Anda memiliki tanaman hias aglonema di rumah? Anda wajib menyimak artikel ini. Sebab, artikel ini akan membahas 5 masalah tanaman hias aglonema.

Beberapa pecinta tanaman hias menemukan masalah yang kerap dihadapi. Hal tersebut juga berlaku pada tanaman hias aglonema. Terdapat 5 masalah tanaman hias aglonema yang membuat frustasi. 

Namun tak perlu khawatir, masalah tanaman hias aglonema tersebut ada solusinya. 

Baca Juga: Pupuk Tanaman Hias dari Kulit Pisang, Begini Cara Mengolahnya

Mengutip Balcony Garden Web, berikut ini 5 masalah tanaman hias aglonema dan solusinya :

1. Daun Layu, Keriting, dan Terkulai

Jika pohon cemara Cina Anda yang indah tampak menjuntai ke bawah dari semua sisi, dengan daun-daun yang tampak seperti baru saja patah, itu karena Anda terlalu banyak menyiramnya, atau memaparkannya ke lingkungan yang terlalu panas atau dingin, ya!

Solusi: Periksa tanah secara teratur. Jika bagian atas terasa kering, siram air. Jauhkan tanaman dari AC atau ventilasi pemanas. Letakkan di lingkungan dengan suhu ruangan yang stabil.

2. Dedaunan Kuning, Coklat atau Renyah

aglonema big roy

Hal ini bisa disebabkan oleh penyiraman yang kurang dan paparan sinar matahari yang berlebihan. Ingat, tidak ada cahaya langsung (terutama sore hari) selama berjam-jam untuk keindahan ini!

Solusi: Siram saat tanah terasa kering beberapa inci bagian atasnya, namun jangan sampai terlalu kering (retak di permukaan). Selain itu, bidiklah cahaya sedang dan tidak langsung.

3. Bintik Daun

Bintik-bintik di daunnya menonjol seperti jempol yang sakit? Jamur dan bakteri ini dapat membuat seniman menjadi jahat, 'melukis' dedaunan dengan corak yang jelek.

Baca Juga: Air Hujan Bermanfaat untuk Tanaman Hias agar Tidak Layu, Begini Caranya

Air yang mengandung mineral juga dapat membuat dedaunan tampak seperti cat putih yang dilukis oleh anak nakal yang lepas.

Ingat, sebelum menyiram tanaman, diamkan semalaman agar mineral tersebut mengendap guna mencegah bercak putih pada daun. 

Solusi: Hindari membasahi dedaunan! Pilihlah fungisida untuk infeksi parah. 

4. Pertumbuhan Lambat dan Terhambat 

Tanaman ini tumbuh dengan lambat, tapi mereka juga bukan kura-kura. Jadi, jika Anda melihat aglaonema tumbuh seperti salah satu hewan paling lambat di dunia. 

Solusi: Campurkan 50% gambut atau sabut kelapa, 20% perlit, 20% kulit kayu pinus, dan 10% coran cacing. Lebih banyak perlit dapat ditambahkan dalam kondisi lembab untuk meningkatkan drainase.

Baca Juga: Cara Mengatasi Tanaman Hias Busuk karena Hujan, Begini Merawatnya

Periksa apakah akarnya keluar dari lapisan atas tanah atau lubang drainase – jika ya, masukkan kembali tanaman ke dalam wadah yang ukurannya lebih besar dari wadah lama. 

5. Daun Memudar

Jadi, jika Anda melihat dedaunan memudar – itu karena terlalu banyak kotoran yang menumpuk di permukaannya. Bisa juga karena Anda meletakkan tanaman di tempat yang remang-remang untuk menghindari sinar matahari berlebih. 

Solusi: Seka daunnya setiap 2-3 minggu menggunakan kain katun lembap dan lembut dengan 4 hingga 5 tetes susu. 

Selain itu, paparan sinar matahari pagi yang ringan (langsung) selama 2-3 jam akan menjadi berkah bagi tanaman.

Nah itulah masalah tanaman hias aglonema yang kerap ditemui beserta solusinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News