Santai

10 Fitur Android 15 yang Bisa Deteksi Pencurian hingga Koneksi Kesehatan

10 Fitur Android 15 yang Bisa Deteksi Pencurian hingga Koneksi Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Google telah merilis Android 15 versi umum dengan menghadirkan sejumlah fitur baru. Terdapat lebih dari 10 fitur Android 15 yang keren dan patut dicoba.

Fitur Android 15 berikut ini memudahkan pengguna untuk melakukan aktivitas melalui smartphone miliknya. 

Apa saja fitur Android 15 tersebut? Nah, di artikel ini akan memberikan informasi mengenai fitur Android 15 yang bisa deteksi pencurian hingga koneksi kesehatan. 

Baca Juga: 7 Fitur Android 15 yang Kurang Dikenal, Tak Kalah Canggih dan Punya Daya Tarik

Mengutip TechWiser, berikut 10 fitur Android 15:

1. Deteksi Pencurian 

Khawatir ponsel Anda hilang? Android 15 memiliki fitur pencegahan pencurian baru yang mempersulit siapa pun untuk menyalahgunakan ponsel Anda. 

Setelan penting seperti Temukan Perangkat Saya kini memerlukan kata sandi Anda, dan jika seseorang mencoba membuka kunci ponsel Anda terlalu sering, ponsel akan terkunci sepenuhnya, sehingga pencuri akan lebih sulit mengaksesnya. 

Fitur ini juga memblokir upaya pengaturan ulang pabrik kecuali kepemilikan diverifikasi, sehingga menambah lapisan keamanan lainnya.

2. Ruang Pribadi

Android 15 memperkenalkan "Ruang Pribadi" — area khusus untuk aplikasi dan data yang ingin Anda jaga keamanannya. 

Ini seperti memiliki brankas pribadi di ponsel Anda yang memerlukan kata sandi terpisah untuk membukanya. Ini sempurna untuk menjaga keamanan aplikasi dan informasi pribadi Anda.

Saat Ruang Pribadi terkunci, aplikasi di dalamnya menjadi tersembunyi, memastikan privasi Anda hingga Anda memutuskan untuk membukanya.

3. Arsip Aplikasi

HP Android dan iPhone

Kehabisan ruang penyimpanan? Fitur Arsip Aplikasi Android 15 dapat membantu. Anda dapat mengarsipkan aplikasi yang jarang Anda gunakan langsung dari pengaturan. 

Fitur ini akan mengosongkan ruang tanpa menghapus data Anda, dan Anda dapat dengan mudah memulihkan aplikasi nanti saat Anda membutuhkannya. Fitur ini sangat berguna untuk aplikasi yang jarang digunakan yang tidak ingin Anda hapus sepenuhnya tetapi perlu disingkirkan.

4. Koneksi Kesehatan

Android 15 meningkatkan kemampuannya dengan penyempurnaan pada Health Connect by Android. Pembaruan terbaru menghadirkan dukungan untuk lebih banyak jenis data, yang memperluas apa yang dapat Anda lacak dalam hal kebugaran, nutrisi, dan banyak lagi. 

Dengan Beta 2, kini Anda mendapatkan pembacaan suhu kulit dan menambahkan rencana latihan juga. Semuanya tentang memberi pengguna pengalaman pelacakan kesehatan yang lebih lengkap.

5. Kontrol Kamera Dalam Aplikasi Baru

Dengan Android 15, pengalaman menggunakan kamera menjadi lebih baik berkat kontrol baru untuk kecerahan dan lampu kilat. Pengembang kini memiliki akses ke lebih banyak pengaturan kamera seperti opsi cahaya rendah dengan penyesuaian lampu kilat yang lebih presisi. 

Baca Juga: Daftar Fitur Android 15 yang Siap Dirilis untuk Pengguna

Opsi baru ini juga memungkinkan aplikasi untuk menyempurnakan gambar secara real-time sehingga memberikan hasil yang lebih baik bahkan saat menggunakan aplikasi kamera pihak ketiga.

6. Rekam Layar Satu Aplikasi, Bukan Seluruh Layar

Android 15 memperkenalkan kemampuan untuk merekam satu jendela aplikasi, bukan seluruh layar. Jadi, misalnya, bilah status tidak akan terlihat. 

Ini bagus untuk tutorial atau memamerkan fitur tertentu tanpa menampilkan notifikasi pribadi atau aplikasi lain. Ini membuat perekaman layar lebih terfokus dan privat, sehingga Anda dapat berbagi apa yang Anda inginkan.

7. Bagikan Hanya Apa yang Anda Butuhkan dengan Berbagi Layar Sebagian

Sama seperti perekaman layar di atas, Anda juga dapat berbagi layar hanya pada satu jendela aplikasi, bukan seluruh layar. 

Ini sangat berguna untuk panggilan video atau presentasi — Anda dapat menjaga privasi ponsel dan hanya berbagi hal yang diperlukan. Tidak perlu lagi khawatir informasi sensitif tidak sengaja terekspos saat berbagi.

8. Widget Layar Kunci Kembali Hadir

Android 15 menghadirkan kembali widget layar kunci untuk akses cepat. Baik itu informasi cuaca, kontrol musik, atau acara kalender, Anda dapat berinteraksi dengan widget ini tanpa membuka kunci ponsel, sehingga lebih mudah untuk tetap mendapatkan informasi terkini.

Baca Juga: Rilis Bulan Depan, Ini Fitur Android 15 yang Punya Banyak Peningkatan

9. Panel Volume yang Diperbarui

Kontrol volume didesain ulang. UI baru menampilkan slider yang lebih tebal dan animasi yang lebih baik, sehingga memudahkan pengaturan volume untuk berbagai hal seperti panggilan, musik, atau alarm.

Panel volume yang didesain ulang juga menambahkan pintasan keluaran media yang persisten untuk akses yang lebih cepat.

10. Bluetooth Aktif Otomatis

Android 15 menyertakan fitur praktis yang memungkinkan Bluetooth aktif secara otomatis keesokan harinya jika Anda menonaktifkannya. 

Fitur ini membantu agar ponsel Anda tetap dapat ditemukan melalui Temukan Perangkat Saya, sehingga meningkatkan peluang Anda untuk menemukannya jika hilang. Fitur ini kecil tetapi berguna bagi siapa saja yang sering lupa menaruh ponselnya.

Itulah beberapa fitur Android 15 yang bisa deteksi pencurian hingga memantau kesehatan Anda lewat smartphone

Selanjutnya: Ketegangan Geopolitik Timur Tengah Jadi Pertimbangan BI dalam Memangkas BI Rate

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News