Santai

10 Daftar Penyakit Gangguan Jiwa di Drakor Daily Dose of Sunshine

10 Daftar Penyakit Gangguan Jiwa di Drakor Daily Dose of Sunshine

MOMSMONEY.ID - Jadi tontonan yang populer saat ini, berikut ada daftar beberapa isu gangguan kesehatan mental yang dibahas di drakor Daily Dose of Sunshine.

Daily Dose of Sunshine adalah drama Korea terbaru tentang kesehatan mental yang banyak memberikan informasi tentang gangguan kesehatan mental.

Kisahnya tentang para suster dan dokter yang bekerja di sebuah pusat rehabilitasi kesehatan jiwa dengan banyak pasien gangguan kesehatan mental.

Banyak penyakit gangguan jiwa yang dibahas dalam drama Daily Dose of Sunshine. Berikut ini adalah beberapa daftar, yang dirangkum Momsmoney.

Baca Juga: Daily Dose of Sunshine dan 4 Drakor Bertema Kesehatan Mental, Wajib Tonton Semua

Bipolar

Dikenal sebagai penyakit jiwa yang banyak dialami, gangguan bipolar juga masuk dalam drakor Daily Dose of Sunshine. Bipolar adalah gangguan mental yang membuat penderitanya merasakan situasi emosi yang sangat ekstrem.

Penderitanya akan mengalami fase maniak atau perasaan sangat senang yang kemudian disusul dengan perasaan depresi mendalam.

Obsessive Compulsive Disorder

Kerap disebut dengan OCD, gangguan penyakit ini diidap oleh salah satu karakter dokter di rumah sakit pada drama Daily Dose of Sunshine.

OCD adalah kelainan jangka panjang yang membuat penderita susah mengendalikan pikiran yang membuat mereka melakukan perilaku berulang dan disebut dengan obsesi kompulsif.

Banyak orang yang menganggap hal tersebut hanya sebagai kebiasaan yang dilakukan berulang.

Baca Juga: 5 Film Populer Bertema Gangguan Kesehatan Mental, Sudah Nonton?

Delusi

Kondisi ini adalah gangguan yang menyerang pikiran penderitanya. Di mana mereka yang mengalami gangguan ini memiliki pikiran delusi yang mereka yakini sendiri.

Biasanya kondisi ini terjadi ketika para penderitanya mengalami trauma berlebihan karena kesulitan menerima kenyataan. Akhirnya mereka membangun sendiri keyakinan dan delusi yang dipercayai mereka.

Serangan panik

Serangan panik atau panic attack merupakan perasaan takut yang datang secara tiba-tiba dan dalam waktu singkat.

Gangguan ini juga disertai dengan reaksi fisik sebagai respons terhadap situasi yang dianggap mengancam. Walau pada kenyataan, situasi mengancam tersebut hanya ada pada pikiran sang penderita.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Mental yang Bisa Anda Lakukan

Gangguan kecemasan

Dikenal dengan anxiety disorder, gangguan ini juga dibahas dalam drakor Daily Dose of Sunshine yang diidap oleh pemerannya.

Perasaan ini akan membuat penderita mengalami perasaan cemas, khawatir, panik, dan ketakutan yang berlebihan. Perasaan yang berlebihan tersebut dianggap sebagai gangguan jika sudah mengganggu dan menghambat aktivitas sehari-hari.

Pseudodementia

Penyakit kesehatan mental yang satu ini rawan terjadi pada orang dewasa menjelang lansia. Dalam drakor Daily Dose of Sunshine, penderita gangguan ini diceritakan menderita depresi yang tidak nampak.

Ciri utama gangguan ini meniru gejala demensia, di mana penderitanya mudah melupakan sesuatu bahkan termasuk hal-hal besar dalam kehidupannya.

Baca Juga: Sering Mood Swing? Ini 5 Cara Mencegah Mood Swing yang Mengganggu

Depresi

Rawan terjadi pada orang-orang dengan tingkat stres yang tinggi, depresi ternyata juga bisa disebabkan karena trauma.

Kondisi gangguan kesehatan mental ini ditandai dengan adanya perasaan sedih berkelanjutan dan kehilangan minat pada aktivitas sehari-hari. Termasuk makan, mandi, dan bahkan melakukan kegiatan yang sebelumnya disukai.

Post Trauma Syndrome Disorder

Disingkat PTSD, gangguan kecemasan ini disebabkan oleh faktor trauma yang terjadi dalam jangka panjang. Ditandai dengan adanya kesulitan untuk pulih setelah mengalami atau melihat kejadian traumatis.

Kondisi ini bisa berlangsung dalam jangka waktu yang tidak tentu disertai dengan adanya reaksi emosional dan fisik yang intens saat adanya trigger atau pemicu.

Baca Juga: Lakukan 5 Kegiatan Ini Untuk Melepas Stres Menumpuk

Gangguan kepribadian ambang

Dikenal dengan sebutan borderline personality disorder, gangguan mental ini membuat penderitanya kesulitan untuk mengendalikan emosi mereka.

Gangguan BPD membuat penderitanya sangat mendewakan orang yang mereka sukai. Namun saat mereka menunjukkan penolakan, emosi mereka akan sangat mudah dikendalikan. Gangguan ini bisa mengganggu jalinan hubungan sosial.

Skizofrenia

Gangguan kesehatan mental skizofrenia bisa mempengaruhi kemampuan penderitanya untuk berpikir, merasakan, dan berperilaku dengan baik. Gangguan ini bisa terjadi karena beragam faktor.

Seperti kombinasi genetika, lingkungan, dan gangguan pada struktur bagian otak bisa menjadi penyebab munculnya gangguan mental ini.

Nah, itulah tadi beberapa daftar penyakit kesehatan mental yang masuk dalam bahasan cerita di drakor Daily Dose of Sunshine.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News