Santai

Lakukan 5 Kegiatan Ini Untuk Melepas Stres Menumpuk

Lakukan 5 Kegiatan Ini Untuk Melepas Stres Menumpuk

MOMSMONEY.ID - Coba lakukan rutin, beberapa kegiatan ini bisa membantu melepas penat dan stres loh.

Stres dan tekanan yang dirasakan dalam keseharian tentunya perlu untuk diluapkan agar tidak semakin menumpuk dan memicu depresi.

Namun tak banyak orang tahu bahwa ada beberapa aktivitas untuk melepas stres yang bisa dilakukan dengan mudah.

Apa saja kah jenis aktivitasnya? Simak daftarnya berikut ini:

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Anda Wajib Mulai Jalan Kaki, Bisa Memperpanjang Umur

Lakukan selfcare

Aktivitas selfcare seperti mencoba meditasi, melakukan yoga, berjalan-jalan, pijat di salon, dan membaca buku bisa digunakan untuk melepaskan stres, loh.

Dengan melakukan hal-hal tersebut, tingkat stres bisa ditekan sebab aktivitas selfcare bisa memicu produksi hormon kebahagiaan dalam tubuh.

Cara melakukan selfcare lainnya dengan mudah adalah dengan berendam atau sekadar menyalakan lilin aromaterapi yang menenangkan.

Olahraga

Sudah bukan rahasia, ya, jika olahraga adalah salah satu aktivitas manjur untuk membantu melepaskan stres. Laman Mayo Clinic bahkan menyatakan bahkan hampir semua kegiatan fisik yang aktif adalah salah satu obat untuk meluapkan stres.

Kegiatan fisik yang aktif bisa memicu produksi hormon endorfin yang merupakan hormon kebahagiaan. Bahkan dengan rutin aktif berolah raga bisa membantu tubuh untuk jadi lebih sehat dan merawat kesehatan mental.

Baca Juga: 4 Kategori dan Jenis Olahraga bagi Lansia Ini Boleh Dilakukan Rutin lo

Makan makanan sehat

Makanan yang dikonsumsi setiap hari mempengaruhi seluruh aspek kesehatan, termasuk kesehatan mental. Menurut penelitian di tahun 2022 dari laman Health Line, orang-orang yang banyak mengonsumsi makanan proses dan manis, lebih mudah mengalami serangan stres yang lebih tinggi.

Cobalah kurangi makanan proses dan makanan manis yang diubah dengan mengonsumsi makanan alami dan penuh nutrisi. Seperti sayuran, buah, ikan, dan biji-bijian yang efektif membantu mengurangi stres.

Perbanyak tertawa

Aktivitas yang satu ini juga tentunya semakin mudah untuk dilakukan, bukan? Untuk bisa lebih banyak tertawa, menonton film komedi, video TikTok, hingga membaca novel komedi yang penuh gurauan bisa jadi pilihannya.

Ketika tertawa, beban mental stres serasa terangkat dan tubuh pun menjadi terasa lebih ringan. Walau hanya tertawa palsu, tetap saja respons baik akan dirasakan tubuh untuk merasa lebih baik.

Kurangi penggunaan ponsel

Siapa sangka jika terlalu sering menggunakan ponsel bisa memicu tingginya tingkat stres pada seseorang. Selain kecanduan, melalui ponsel seseorang bisa mengakses hal-hal yang bisa memicu munculnya stres dan mengganggu kesehatan mental.

Maka dari itu, jika ingin terlepas dari stres, cobalah untuk mulai mengurangi penggunaan ponsel dan sosial media. Tujuannya adalah agar pikiran dan mental tidak mudah terpicu dengan hal-hal yang menyebabkan stres.

Nah, tertarik coba? Itulah tadi beberapa cara mudah untuk membantu melepas dan meluapkan stres dengan mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News