Bugar

8 Buah yang Paling Cepat Menurunkan Asam Urat, Jangan Sampai Terlewatkan!

8 Buah yang Paling Cepat Menurunkan Asam Urat, Jangan Sampai Terlewatkan!

MOMSMONEY.ID - Asam urat begitu menyiksa. Untuk itu, coba konsumsi buah yang paling cepat menurunkan asam urat berikut.

Asam urat tinggi bisa menjadi sangat tidak nyaman, menimbulkan rasa sakit, bengkak, dan kekakuan pada sendi. Salah satu cara efektif untuk mengelola dan mengurangi kadar asam urat adalah melalui diet, dan termasuk buah-buahan tertentu dalam menu harian Anda bisa sangat membantu.

Buah-buahan ini tidak hanya rendah purin, tetapi juga kaya akan antioksidan dan vitamin yang mendukung pengelolaan asam urat secara alami. Bersumber dari Gout Patients, berikut adalah delapan buah yang terbukti efektif dalam menurunkan asam urat:

1. Ceri

Ceri kaya akan antosianin, yang bisa mengurangi peradangan dan kadar asam urat. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ceri secara teratur dapat menurunkan risiko serangan asam urat.

Baca Juga: Penderita Asam Urat Merapat, Ini Daftar Makanan Rendah Purin untuk Dikonsumsi

2. Apel

Apel mengandung asam malat yang bermanfaat untuk membantu mengurai dan menghilangkan asam urat dari tubuh. Mengonsumsi satu apel sehari bisa menjadi cara sederhana untuk membantu mengelola kadar asam urat.

3. Jeruk

Buah-buahan yang kaya vitamin C seperti jeruk, dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Vitamin C tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh tetapi juga berfungsi sebagai diuretik alami, membantu ginjal mengeluarkan lebih banyak asam urat.

Baca Juga: Konsumsi Rebusan Daun Sukun untuk Mengatasi Asam Urat, Ini Cara Membuatnya

4. Nanas

Nanas mengandung bromelain, enzim yang memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu mengurangi gejala asam urat. Bromelain juga membantu dalam pencernaan dan penyerapan protein yang lebih baik.

5. Pisang

Pisang adalah sumber kalium yang baik, yang dapat membantu mengonversi kristal urat menjadi cairan yang lebih mudah dikeluarkan oleh tubuh. Mereka juga membantu memulihkan keseimbangan elektrolit.

Baca Juga: Obati Asam Urat dengan Terapi Jeruk Nipis, Mau Coba?

6. Semangka

Semangka adalah buah yang sangat baik untuk hidrasi dan juga kaya akan kalium. Ini membantu dalam menyiram keluar toksin dari tubuh, termasuk asam urat berlebih.

7. Anggur

Anggur mengandung asam yang membantu dalam mengurai dan mengeluarkan asam urat. Selain itu, anggur kaya akan antioksidan yang mendukung kesehatan jantung dan pengurangan peradangan.

Baca Juga: Jaga Badan Tetap Sehat, Konsumsi Sayuran Penurun Kolesterol dan Asam Urat Ini

8. Berry (Stroberi, Blueberry, dan Raspberry)

Berries adalah sumber antioksidan yang sangat baik, termasuk vitamin C dan antosianin, yang membantu dalam pengurangan peradangan dan pengelolaan kadar asam urat.

Nah, itulah beberapa rekomendasi buah yang paling cepat menurunkan asam urat. Mengelola asam urat tidak hanya tentang membatasi makanan tinggi purin. Memasukkan buah-buahan yang tepat ke dalam diet Anda dapat memberikan bantuan alami dan efektif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News