Keluarga

5 Tips Hidup Sehat Bebas Stres yang Sederhana untuk Diterapkan. Yuk, Intip!

5 Tips Hidup Sehat Bebas Stres yang Sederhana untuk Diterapkan. Yuk, Intip!

MOMSMONEY.ID - Tidak sulit, ini lho 5 tips hidup sehat bebas stres yang sederhana untuk diterapkan.

Stres berawal dari perasaan mengganggu yang dapat dengan cepat berkembang menjadi ketegangan yang mengacaukan kehidupan sehari-hari dan mendatangkan malapetaka pada kesehatan mental maupun fisik.

Gejala stres bisa bermanifestasi di setiap bagian kehidupan dan menyebabkan makan berlebihan, kurang tidur, hingga menahan kita untuk mencapai tujuan.

Untuk membantu Anda mencegah atau mengatasi stres, praktikkanlah 5 tips hidup sehat bebas stres yang dilansir dari laman The Palm berikut.

Baca Juga: Barbie dan 4 Film Adaptasi Ini Diangkat dari Mainan Populer Anak-Anak, lo

1. Luangkan waktu untuk meditasi

Tips hidup sehat bebas stres yang pertama yaitu meluangkan waktu untuk meditasi. Meditasi memungkinkan kita untuk mengembangkan fokus dan berkonsentrasi pada perasaan saat ini guna mendorong keluar pikiran negatif yang mengganggu.

Bagi orang dengan pekerjaan yang membuat stres atau kehidupan rumah tangga yang sibuk, meditasi dapat menjadi latihan yang bermanfaat untuk membantu terhubung kembali dengan batin dan mengarahkan pikiran ke saluran yang lebih positif.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine menemukan bahwa program meditasi yang berorientasi pada keheningan selama 8 minggu merupakan strategi yang efektif untuk mengurangi perasaan stres dan depresi pada pekerja penuh waktu.

2. Olahraga secara teratur

Tips hidup sehat bebas stres yang kedua yaitu olahraga secara teratur. Olahraga menawarkan manfaat yang jelas bagi kesehatan fisik. Di sisi lain, olahraga juga dapat membantu kesehatan mental dengan memperbaiki suasana hati, meningkatkan kualitas tidur, dan menurunkan kadar hormon stres tubuh secara alami, menurut Healthline.

Setelah melakukan olahraga apapun, tubuh akan melepaskan endorfin yang mengirimkan pesan bahagia ke otak untuk segera merangsang suasana hati yang baik dan menjauhkan pikiran buruk.

Dalam jangka panjang, olahraga juga bisa menurunkan kadar kortisol dan hormon stres lainnya di tubuh. Plus, olahraga akan meningkatkan lama dan durasi tidur yang pada gilirannya dapat membantu Anda menghindari stres, kecemasan, dan perasaan lesu yang berkaitan dengan kurang tidur.

3. Makan makanan yang tepat

Tips hidup sehat bebas stres yang ketiga yaitu makan makanan yang tepat. Makan untuk kepuasan emosional atau kenyamanan pribadi bukanlah ide yang bagus, biasanya. Namun, menurut Physiology & Behavior, mengonsumsi makanan dan minuman tertentu saat stres dapat menangkal hormon stres dalam tubuh dan menghentikan gejalanya.

Tatkala stres, hormon kortisol cenderung membuat makanan terasa lebih enak. Sehingga, efek ini bisa mendorong kita untuk makan berlebihan. Ketika hal ini terjadi, sangat disarankan bagi Anda untuk mengonsumsi makanan yang mampu menenangkan saraf dan berkontribusi untuk menurunkan tingkat stres.

Anda dapat mengonsumsi dark chocolate saat kekacauan mental melanda, karena antioksidan yang terdapat dalam dark chocolate bisa menurunkan hormon stres dalam tubuh. Menurut Everyday Health, alpukat dan ikan berlemak juga cocok untuk dikonsumsi kala stres datang. Pasalnya, alpukat dan ikan berlemak mengandung asam lemak omega-3 esensial tingkat tinggi yang mampu meredakan perasaan stres dan kecemasan sekaligus meningkatkan fokus dan suasana hati yang baik.

Baca Juga: Lawan Depresi, Ini 5 Manfaat Menghabiskan Waktu di Alam untuk Kesehatan Mental

4. Habiskan waktu bersama orang terdekat atau hewan peliharaan

Tips hidup sehat bebas stres yang keempat yaitu menghabiskan waktu bersama orang terdekat atau hewan peliharaan. Penelitian menunjukkan bahwa teman dan anggota keluarga (baik manusia maupun hewan) dapat mengurangi perasaan cemas terkait stres.

Sebuah studi yang diterbitkan di Frontiers in Psychology menemukan bahwa interaksi dengan hewan memiliki efek menguntungkan pada tingkat stres peserta. Setelah menghabiskan waktu bersama hewan peliharaan, tubuh cenderung meningkatkan kadar oksitosin atau hormon yang bertanggung jawab untuk menurunkan hormon stres dan meningkatkan suasana hati yang positif.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di Psychological Review, oksitosin juga dilepaskan saat kita menghabiskan waktu bersama teman, keluarga, dan anak-anak lho. Jadi, saat Anda merasa cemas atau frustasi, carilah teman, keluarga, atau hewan peliharaan Anda guna membantu menghilangkan stres sekaligus mengingatkan Anda tentang apa yang paling penting dalam hidup Anda.

5. Ganti kopi dengan teh herbal

Tips hidup sehat bebas stres yang kelima yaitu mengganti kopi dengan teh herbal. Kebanyakan orang tidak bisa melewati hari tanpa kopi. Padahal, asupan kafein apalagi secara terus-menerus dapat berkontribusi pada situasi stres.

Kafein memang bisa meningkatkan mood, namun itu juga dapat membuat Anda merasa lebih buruk saat sedang bekerja atau mengalami stres.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Alzheimer’s Disease, orang yang rentan terhadap kecemasan sosial atau serangan panik akan lebih rentan terhadap efek kecemasan dari kopi. Oleh sebab itu, mengganti kopi dengan teh herbal bebas kafein sangat disarankan. Teh herbal seperti lavender, chamomile, dan passion flower memiliki efek menenangkan untuk memberikan aromaterapi sekaligus menjauhkan stres.

Demikian 5 tips hidup sehat bebas stres yang sederhana untuk diterapkan. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News