Bugar

WHO Tetapkan Varian JN.1 Sebagai VOI, Ini 7 Langkah Cegah Terkena Covid-19

WHO Tetapkan Varian JN.1 Sebagai VOI, Ini 7 Langkah Cegah Terkena Covid-19

MOMSMONEY.ID - Karena penyebarannya yang meningkat pesat, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengklasifikasikan varian JN.1 penyebab Covid-19 sebagai varian of interest (VOI) alias yang perlu mendapat perhatian.

Klasifikasi varian JN.1 ini terpisah dari garis keturunan induknya BA.2.86. Sebelumnya, WHO mengklasifikasikan varian JN.1 sebagai VOI sebagai bagian dari sublineage BA.2.86.

"Berdasarkan bukti yang ada, tambahan risiko kesehatan masyarakat global yang ditimbulkan oleh JN.1 saat ini dinilai rendah," sebut WHO dalam Media Advisory yang rilis Selasa (19/12). 

Meskipun demikian, WHO mengingatkan, dengan dimulainya musim dingin di belahan Bumi utara, JN.1 bisa meningkatkan beban infeksi saluran pernafasan di banyak negara.

Baca Juga: Alami Gejala Covid-19, Segera Lakukan Hal Ini

"WHO terus memantau bukti-bukti dan akan memperbarui evaluasi risiko JN.1 bila diperlukan," kata WHO.

Yang terang, WHO menegaskan, vaksin yang ada saat ini terus memberikan perlindungan terhadap penyakit parah dan kematian akibat JN.1 dan varian SARS-CoV-2 lainnya yang beredar, virus penyebab Covid-19.

Dan, WHO menambahkan, Covid-19 bukan satu-satunya penyakit pernapasan yang beredar saat ini. Influenza, respiratory syncytial virus (RSV), dan pneumonia pada anak-anak sedang meningkat.

WHO menyarankan masyarakat untuk mengambil tindakan untuk mencegah infeksi dan penyakit parah dengan menggunakan semua alat yang tersedia. Ini termasuk:

Baca Juga: Kasus Covid-19 Melonjak Lagi, Kemenkes Ingatkan Untuk Vaksinasi

  1. Memakai masker saat berada di tempat yang ramai, tertutup, atau berventilasi buruk, dan jaga jarak aman dari orang lain, jika memungkinkan.
  2. Menambah ventilasi ruangan
  3. Menerapkan etika pernafasan, menutup mulut saat batuk dan bersin
  4. Bersihkan tangan Anda secara teratur
  5. Tetap ikuti perkembangan vaksinasi terhadap Covid-19 dan influenza, terutama jika Anda berisiko tinggi terkena penyakit parah
  6. Tetap di rumah jika Anda sakit
  7. Lakukan tes jika Anda memiliki gejala, atau jika Anda mungkin terpapar dengan seseorang yang mengidap Covid-19 atau influenza

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News